Belati PSHT, 4 Model Belati Untuk Latihan Kripen dan Harganya!

Belati PSHT 4 Model Belati Untuk Latihan Kripen
Belati PSHT 4 Model Belati Untuk Latihan Kripen

Belati PSHT terbuat dari kayu dengan ukuran sekitar 30 centimeter. Belati ini digunakan untuk latihan gerakan-gerakan yang diajarkan dalam PSHT seperti jurus permainan belati. Selain digunakan untuk permainan jurus belati, PSHT juga menggunakan belati ini untuk latihan Krippen.

Krippen merupakan teknik untuk melawan serangan dengan memanfaatkan kekuatan milik lawan. Teknik ini mulai diajarkan ketika siswa memasuki tingkat sabuk putih atau paling tidak sabuk hijau.

Bacaan Lainnya

Penggunaan belati kayu ini bertujuan untuk memberikan efek serangan saat latihan tanpa harus mencederai rekan. Penggunaan belati ini juga dapat menjadi semacam simulasi pada kondisi yang sebenarnya ketika ditodong oleh senjata oleh seseorang.

Baca Juga: Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo

Terdapat 17 permainan belati yang diimplementasikan dalam bentuk krippen atau teknik melawan balik serangan (counter). Namun jumlah tersebut bisa saja bertambah karena permainan Krippen bukan materi pokok, melainkan materi tambahan untuk mengenal penggunaan senjata bela diri. Berikut adalah model belati PSHT yang digunakan untuk latihan Krippen.

4 Jenis Belati Persaudaraan Setia Hati Terate Untuk Latihan Krippen

1. Belati PSHT Kayu

Belati PSHT kayu
Belati PSHT kayu

Belati kayu yang memiliki corak alami. Gagangnya memiliki dudukan untuk genggaman tangan sehingga meminimalisir terjadinya selip/gelincir saat menggenggam belati tersebut.

Semakin ke ujung bidangnya semakin lebar dan menunjukkan nuansa seakan memiliki ketajaman sebuah belati, namun tidak akan menyebabkan cedera karena sejatinya belati kayu tersebut tumpul. Hal itu dapat terlihat pada ujungnya yang memiliki sudut lebar sehingga aman untuk digunakan.

Harga untuk belati model ini sekitar Rp. 15.000 Sampai dengan Rp. 35.000 per satuannya. Sehingga sangat terjangkau untuk dijadikan alat peraga latihan permainan belati atau Krippen.

Variasi lain adalah model yang lebih ringan. 15 belati ini setara dengan 1 kg, atau berarti juga tiap belati memiliki berat 0,06 kg. Ini membuat penggunanya dapat melakukan gerakan tanpa beban tambahan yang berarti sehingga gerakan dapat dilancarkan dengan kecepatan yang optimal.

Baca Juga: 8 Kata-Kata PSHT Buat Story WA Keren!

2. Belati PSHT Kayu Ringan

Belati PSHT kayu ringan
Belati PSHT kayu ringan

Walau daya serangnya menurun, belati ini tetap menjadi pilihan yang bagus karena harganya terjangkau. Selain itu, belati kayu dengan model ringan ini bagus untuk melatih kecepatan secara konsisten dalam latihan krippen.

3. Belati PSHT Kayu Jati

Belati PSHT Kayu jati
Belati PSHT Kayu jati

Belati model kayu jati memiliki harga sekitar Rp. 40.000 sampai dengan Rp. 60.000. Lebih mahal daripada model belati sebelumnya. 

Secara fungsi sama dengan belati lainnya, namun memiliki desain yang bagus. Belati ini aman digunakan untuk latihan krippen dan memiliki tingkat kenyaman lebih baik daripada model belati sebelumnya. Gagang belatinya memiliki celah untuk jari-jari saat melakukan genggaman sehingga akan lebih ngegrip atau tidak mudah lepas.

Berat belati ini 100 gram atau sekitar sepuluh belati untuk satu kilogramnya. Belati ini memiliki tekstur yang halus pada bidangnya dan biasanya telah dilakukan vernis. Warnanya yang mendekati gelap juga sangat cocok dengan sakral PSHT yang yang berwarna dasar hitam.

Baca Juga: Download Lambang PSHT Terkeren dan 3 Maknanya, Apa Saja?

4. Belati PSHT Stainless Steel

Belati PSHT Stainless steel
Belati PSHT Stainless steel

Ada juga variasi lain dari belati PSHT untuk latihan krippen. Belati tersebut terbuat dari stainless steel yang aman digunakan untuk latihan. Walau terbuat dari logam, akan tetapi belati ini tidak didesain untuk tajam sehingga tidak akan melukai rekan saat latihan krippen.

Belati ini cukup terbilang mahal. Satunya dijual dengan harga Rp. 60.000 Hingga Rp. 80.000.

Belati PSHT model stainless steel ini terlihat elegan saat dipakai. Oleh karenanya penggunaannya sangat cocok untuk menampilkan gerakan untuk menarik calon siswa atau pun pementasan seni PSHT. Terutama saat kompetisi, belati PSHT model stainless steel menjadi pilihan utama karena dapat memberikan tekanan dalam gerakan.

Baca Juga: Sejarah PSHT: Eyang Suro, Penamaan PSHT, Ketua Umum, dan Catatan Sejarah

Itulah model belati PSHT yang banyak digunakan dalam permainan belati PSHT atau Krippen.

Pos terkait