Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo

Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo
Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo

PSHT Cabang Ponorogo, tepatnya yang berada pada ranting Pulung, Rayon Wagir Kidul memiliki rekor tugu PSHT terbesar yang dimiliki saat ini. Tugu tersebut memiliki diameter 12 meter x 10 meter yang dapat terlihat sangat jelas dari jalan wagir kidul.

Tugu PSHT ini menjadi bukti dari persaudaraan dalam PSHT yang besar dan kokoh. Tugu PSHT yang semula hanyalah harapan kini menjadi kenyataan bersama setelah gotong royong dalam rasa persaudaraan yang kekal dan Abadi.

Bacaan Lainnya
Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo
Tugu PSHT Terbesar di Dunia Ada di Ponorogo

Banguna yang megah ini turut campur tangan oleh Muchlisoni, bupati Ponorogo, saat 23 Maret 2020 kala itu. Muchlosini sekaligus menjadi sosok yang menempatkan batu pertama dalam pembangunan monumen terbesar di dunia saat ini. Selain itu, ia merupakan warga Persaudaraan Setia Hati Terate yang telah melalui pengesahan resmi.

Tugu PSHT tersebut menjadi kekaguman tersendiri ketika menengoknya secara langsung. Terutama bagi mereka yang hendak menyaksikan kemegahan yang ditawarkan dari Monumen PSHT terbesar di dunia ini.

Baca Juga: 8 Kata-Kata PSHT Buat Story WA Keren!

Kanal Youtube Madiun Raya TV dengan subscriber sebanyak lebih dari 16 ribu mengatakan bahwa tugu ini merupakan bukti akan rukunnya persilatan di Ponorogo. Kanal Youtube asal Madiun yang menjadi pusat PSHT tersebut meyakini bahwa bukan hanya PSHT saja yang rukun, akan tetapi semua perguruan atau organisasi silat di Ponorogo. Sebab mendirikan sebuah tugu yang dapat dilihat dengan jelas oleh siapa pun yang melintas di dekatnya memerlukan adanya kondusifitas antara sesama perguruan silat.

Pembangunan tugu ini memerlukan biaya yang sangat besar dalam perjalanannya. Per Mei 2020, dana yang dikeluarkan untuk mendirikan monumen PSHT terbesar ini adalah sebesar seratus lima puluh juta Rupiah. Itu pun belum sepenuhnya rampung di angka 100%, baru sekitar 70% dari rancangan yang seharusnya. Penggalangan dana untuk pembangunan tugu ini berasal dari urunan uang semua masyarakat yang menjadi anggota dan warga PSHT di rayon Wagir Kidul, kecamatan Pulung, Ponorogo. Sampai saat ini, kemegahan tugu PSHT Terbesar di dunia saat ini belum ada menyaingi.

Tugu PSHT yang berada di Wagir Kidul, kecamatan Pulung, Ponorogo bukan satu-satunya walau memang jadi yang terbesar. Banyak rayon mendirikan tugu PSHT dengan maksud menunjukkan eksistensi atas keberadaan PSHT di tempat tersebut.

Baca Juga: Download Lambang PSHT Terkeren dan 3 Maknanya, Apa Saja?

Gambar Tugu PSHT di berbagai tempat

Tugu PSHT Desa Dero, Kecamatan Bringin

Foto Tugu PSHT Desa Dero
Foto Tugu PSHT Desa Dero

Tugu PSHT desa Dero didirikan saat masa kepemimpinan kepala desa Ariyadi. Tugu PSHT ini terletak di desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Pembangunannya sudah dimulai sejak 14 April 2021 sampai dengan selesai pada 5 Mei 2021.

Ariyadi, yang juga merupakan warga PSHT, menyampaikan bahwa tujuan dibangunnya tugu PSHT di desanya adalah ingin menunjukkan bahwa Desa Dero merupakan basis warga PSHT. Selain itu, alasan lain dari pembangunan tugu ini untuk memberi keindahan pada tata ruang desa Dero itu sendiri.

Baca Juga: Sejarah PSHT: Eyang Suro, Penamaan PSHT, Ketua Umum, dan Catatan Sejarah

Tugu Satu Abad PSHT

Foto Tugu Satu Abad PSHT
Foto Tugu Satu Abad PSHT

Guna memperingati satu abad kejayaan PSHT maka dibuatlah monumen seabad PSHT yang ada di kompleks Padepokan Agung, kota Madiun, Jawa Timur.

Monumen PSHT yang megah dan indah tersebut berada di halaman Graha Krida Budaya PSHT. Bagian atasnya terlihat semacam bola dunia sebagai elemen kinetik yang berputar. Ini menjadi representasi atas semboyan

“Selama matahari masih bersinar, selama bumi masih dihuni manusia, selama itu pula SH Terate tetap Kekal, Abadi, Jaya selama-lamanya”.

Ada juga bunga terate emas. Ini merupakan representasi dari lambang teratai pada logo PSHT. Warna emas ini menjadi makna atas seratus tahun PSHT.

Baca Juga: 7 Janji Siswa PSHT Lengkap Dan Maknanya

Pos terkait