8 Kata-Kata PSHT Buat Story WA Keren!

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren

Kata kata PSHT atau falsafah PSHT dapat berguna sebagai nasihat dalam kehidupan sehari-hari. Falsafah yang banyak disebarkan secara luas di dunia maya berjumlah sekitar 25 sampai 30 dengan menggunakan bahasa jawa.

Bahasa Jawa selalu digunakan dalam falsafah PSHT karena berkaitan dengan sejarahnya yang dimulai di Madiun, Jawa Timur. Hal ini tentunya tidak akan menghambat anggota yang tidak mengerti bahasa jawa untuk paham makna dari falsafah PSHT tersebut. Biasanya warga pelatih akan memberitahukan artinya dalam bahasa Indonesia agar bisa dipahami oleh semua kalangan.

Bacaan Lainnya

Perkembangan teknologi membuat kata-kata PSHT diperkenalkan dan disebarkan dalam banyak cara. Misalnya dalam bentuk foto kata-kata PSHT yang dapat ditemukan dengan mudah.

Baca Juga:  Download Lambang PSHT Terkeren dan 3 Maknanya, Apa Saja?

Bentuknya yang berupa gambar dengan format JPG/JPEG (joint photographic expert group) atau PNG (public network graphic) membuat kata-kata psht buat story WA (Whatsapp) memungkinkan untuk diterapkan.

Banyak jenis kata-kata PSHT yang bisa kita temui dari kata-kata mutiara PSHT sampai kata-kata PSHT sadis.

Kata mutiara PSHT Mas Tarmadji adalah yang sering kita temui. Pasalnya Mas Tarmadji ini memiliki peranan yang amat besar dalam sejarah PSHT. Mas Tarmadji juga pernah mengemban amanah sebagai ketua umum PSHT dari tahun 1981 sampai tahun 2014. Mas Tarmadji merupakan tokoh yang paling lama mengemban tugas sebagai Ketua Umum PSHT dengan total 33 tahun.

Gambar dan Kata Kata Mutiara PSHT Bahasa Jawa

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Ben ora mapeto kaya ulo topo angin mibero koyo manuk granjangan ben pecaho ludiro nang dodo iki sembadamu tak ladeni
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren – Ben ora mapeto kaya ulo topo angin mibero koyo manuk granjangan ben pecaho ludiro nang dodo iki sembadamu tak ladeni

“Ben ora mapeto kaya ulo topo angin mibero koyo manuk granjangan ben pecaho ludiro nang dodo iki sembadamu tak ladeni”.

Yang artinya “supaya tidak tamat seperti ular tampar angin maka terbanglah seperti burung granjangan. Supaya hilang gejolak di dada ini maka kesombonganmu aku layani”.

jika dimaknai dalam bahasa Indonesia adalah agar kita senantiasa menjaga diri dari sifat sombong dan tidak tenggelam kepada hal tersebut. Karena di atas sesuatu yang kita bisa ada hal yang lebih hebat dari pada itu.

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Cahyo tedjane terate, lumeber saking budi luhur. yen ngerti karo budi luhur ora iri dengki marang sedulur
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren – Cahyo tedjane terate, lumeber saking budi luhur. yen ngerti karo budi luhur ora iri dengki marang sedulur

“Cahyo tedjane terate, lumeber saking budi luhur. yen ngerti karo budi luhur ora iri dengki marang sedulur”.

Ini berarti “cahaya bunga teratai berasal dari budi luhur. Jangan iri dan dengki kepada sesama saudara”. Bunga teratai dalam falsafah lambang PSHT memiliki arti sebagai tidak adanya batasan sosial untuk menjadikan anggota PSHT sebagai saudara satu sama lain. Rasa persaudaraan yang tidak memandang status sosial apa pun itu hanya akan muncul jika kita menyingkirkan perasaan iri dan dengki.

Baca Juga:  Sejarah PSHT: Eyang Suro, Penamaan PSHT, Ketua Umum, dan Catatan Sejarah

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Sepiro gedhening sengsoro yen tinompo amung dadi cobo
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren – Sepiro gedhening sengsoro yen tinompo amung dadi cobo

“Sepiro gedhening sengsoro yen tinompo amung dadi cobo”.

dalam bahasa indonesia ini berarti, seberapa besar pun kesengsaraan kalau dijalani dengan hati yang tulus hanya akan menjadi cobaan kecil semata.

Ini memiliki makna supaya kita memiliki hati yang sabar dalam menghadapi ujian. Dengan begitu sebesar apa pun ujian yang Tuhan berikan kepada kita jika dilalui dengan sabar maka akan memberikan balasan berupa keberkahan dalam hidup.

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Ora ono kamulyaan tanpo anane paseduluran
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren – Ora ono kamulyaan tanpo anane paseduluran

“Ora ono kamulyaan tanpo anane paseduluran”.

jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “tidak ada kemuliaan tanpa yang namanya rasa persaudaraan”. Kata-kata PSHT ini memiliki makna bahwa persaudaraan dalam PSHT adalah hal yang mulia. Oleh karenanya persaudaraan kekal dan abadi harus ditanamkan.

Baca Juga:  7 Janji Siswa PSHT Lengkap Dan Maknanya

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Ngalah, Ngaleh, ngamuk
Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren – Ngalah, Ngaleh, ngamuk

“Ngalah, Ngaleh, ngamuk” diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “mengalah, bergesar, melawan”.

Ini bermakna bahwa ada waktu dimana anggota PSHT melakukan perlawanan, dan termasuk ke dalam kata kata psht sadis. Namun sebelum itu harus mengedepankan kesabaran dengan cara mengalah dan menghindari adanya pertarungan terlebih dahulu.

Gambar dan Tulisan PSHT Keren Bahasa Indonesia

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Hidup dan matiku hanya ada di tangan sang pencipta
Kata Kata PSHT buat Story WA Keren – Hidup dan matiku hanya ada di tangan sang pencipta

“Hidup dan matiku hanya ada di tangan sang pencipta”.

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Manusia dapat dihancurkan. Manusia dapat dimatikan. Akan tetapi, manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri
Kata Kata PSHT buat Story WA Keren – Manusia dapat dihancurkan. Manusia dapat dimatikan. Akan tetapi, manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri

“Manusia dapat dihancurkan. Manusia dapat dimatikan. Akan tetapi, manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri”.

Baca Juga:  Download Buku Jurus PSHT Lengkap PDF Bergambar (Sabuk Polos Sampai Putih)

Kata-Kata PSHT buat Story WA Keren - Selama matahari masih terbit dari timur, selama bumi masih dihuni manusia selama itu pula persaudaraan setia hati tertae akan tetap jaya abad
Kata Kata PSHT buat Story WA Keren – Selama matahari masih terbit dari timur, selama bumi masih dihuni manusia selama itu pula persaudaraan setia hati tertae akan tetap jaya abad

“Selama matahari masih terbit dari timur, selama bumi masih dihuni manusia selama itu pula persaudaraan setia hati tertae akan tetap jaya abadi selamanya”.

Itulah kata kata PSHT Buat Story WA atau disimpan di galeri Smartphone kamu.

Pos terkait