7 Janji Siswa PSHT Lengkap Dan Maknanya

7 Janji Siswa PSHT
7 Janji Siswa PSHT

Siswa wajib mengetahui sekaligus patuh terhadap Janji Siswa PSHT. Isi dari janji tersebut dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Hal tersebut bukan bermaksud untuk mengekang atau membatasi, tetapi untuk memberi pandangan akan hidup sebagai manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah.

Sebagai suatu organisasi, PSHT selain mengutamakan rasa persaudaraan terdapat juga aturan dasar yang tertuang dalam AD/ART PSHT. Aturan dalam AD/ART ini salah satunya adalah Janji Siswa PSHT.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Download Buku Jurus PSHT Lengkap PDF Bergambar (Sabuk Polos Sampai Putih)

Terdapat tujuh janji siswa PSHT yang perlu dipatuhi. Dengan menjalankan apa yang tertulis dalam janji siswa PSHT tersebut, siswa akan mendapatkan keberkahan dari ilmu yang warga pelatih berikan.

Janji tersebut mencakup kesetiakawanan, ketaqwaan, dan sikap saling membantu. Kamu bisa membaca selengkapnya janji siswa PSHT di bawah ini.

Janji Siswa PSHT

Janji Setia anggota Setia Hati Terate, dengan rendah hati dan penuh kesabaran kami berjanji:

  1. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami akan senantiasa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sebagai anggota Setia Hati Terate, bagiku adalah sarana untuk mendewasakan jasmani maupun rohani. Oleh karena itu, harus dijaga dan diselamatkan keharumannya.
  3. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami akan senantiasa berdisiplin, patuh, dan setia pada peraturan-peraturan, tata tertib dan kewajiban yang diinstruksikan oleh pemimpin.
  4. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami akan senantiasa saling kasih mengasihi dengan penuh persaudaraan.
  5. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami akan patuh dan berdisiplin dalam berlatih.
  6. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami akan memupuk rasa rendah hati dan penuh cinta kasih terhadap sesama manusia umumnya dan pada Setia Hati Terate khususnya.
  7. Sebagai anggota Setia Hati Terate, kami tidak akan sombong dan menggunakan pengetahuan Setia Hati Terate di sembarang tempat.

Baca Juga: Download Jurus Toya PSHT 1-10 PDF Lengkap Bergambar

Tujuan Janji Siswa PSHT

Siswa PSHT dididik untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan memiliki rasa sabar. Sebab dengan menguasai sifat itu, manusia akan terhindar dari sifat sombong dan memamerkan keahlian bela diri yang dimilikinya.

Mengacu pada panca dasar PSHT, salah satunya adalah mengenai PSHT sebagai wadah untuk berolahraga. Hal tersebut dituangkan juga dalam janji siswa nomor 2 yang mengharuskan untuk mendewasakan jasmani dan rohani.

Kunci dari keberhasilan latihan dan belajar adalah kedisiplinan. Dengan memiliki sikap yang disiplin, siswa PSHT akan mampu mencapai apa yang terbaik untuknya. Oleh karenanya, mentaati perintah pelatih dan peraturan yang ada dihitung sebagai sikap disiplin seorang siswa.

Baca Juga: Download Gambar Senam Dasar PSHT 1-90 pdf

Rasa persaudaraan yang kekal dan abadi anggota PSHT tertuang dalam makna lambangnya yang filosofis. Sikap membantu sesama dan mengasihi antarsaudara tersebut dituangkan juga dalam janji siswa PSHT nomor 4. Bukan hanya itu, sikap membantu dan rendah hati tersebut haruslah juga diberikan kepada sesama makhluk hidup lainnya.

Anggota PSHT diharapkan untuk mampu memberi contoh yang baik di lingkungannya. Karena bela diri pencak silat PSHT bukanlah untuk kesombongan. Kita bisa melihat tujuan dari PSHT dari banyak perspektif, misalnya Mukadimah PSHT, Visi PSHT, makna dari lambang PSHT, Falsafah PSHT, bahkan gerakan pada senam dan jurus.

Jika melihat dari luarnya saja, kita hanya akan mendapat gambaran tentang latihan bela diri dan ketangkasan. Padahal, jika dikaji lebih dalam, segala yang terlihat dan yang digerakkan dari latihan atau materi PSHT semuanya mengarah kepada menjadikan manusia lebih bijak.

Baca Juga: PSHT Dalam Seratus Tahun Kejayaan (Satu Abad PSHT) 1922–2022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *