Download Buku Jurus PSHT Lengkap PDF Bergambar (Sabuk Polos Sampai Putih)

Buku Jurus PSHT Lengkap
Buku Jurus PSHT Lengkap

Kamu bisa mendownload buku jurus PSHT lengkap di sini yang nantinya akan disertai gambar dari sabuk polos sampai sabuk putih. PSHT memiliki gerakan jurus sebanyak 36. Semua jurus tersebut, beserta senam dan materi lainnya, harus dikuasai untuk mencapai tingkatan warga.

Sebelum itu, artikel ini akan menjelaskan beberaa hal yang berkaitan jurus. Mulai dari jurus unik yang menjadi ciri khas jurus PSHT dan tanggung jawab masing-masing tingkatan siswa untuk menghapal jurus.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa jurus yang unik dalam PSHT. Jurus-jurus ini memiliki makna yang berbeda daripada jurus lainnya. Misalnya pada jurus 25 dan jurus 12.

Baca Juga: Download Jurus Toya PSHT 1-10 PDF Lengkap Bergambar

Jurus 25 biasa digunakan sebagai pembuka atau uluk salam untuk memulai sambung (tanding). Ini merupakan isyarat pembuka yang dimulai dengan gerakan jurus 25 lalu dilanjutkan dengan melangkah menggunakan jurus 12.

Senam Jurus PSHT 25

Buku Jurus PSHT Lengkap
Buku Jurus PSHT Lengkap

Gerak langkah melurus pada jurus 25, dimulai dengan membungkuk rendah tubuh sambil menyentuh tanah kemudian merotasikan tubuh ke arah kanan atau sebaliknya. Gerakan ini berarti sikap rendah hati dan jauh dari sifat sombong.

Siswa polos terkadang sudah diberikan materi tentang ini untuk melakaukan pembukaan sambung walau umumnya baru akan diberikan saat mencapai jambon atau bahkan hijau.

Baca Juga: Download Gambar Senam Dasar PSHT 1-90 pdf

Senam Jurus PSHT 12

Buku Jurus PSHT Lengkap
Buku Jurus PSHT Lengkap

Berisi gerakan memberikan isyarat kepada lawan yang sedang dihadapi. Kuda-kuda pasang pada jurus dasar 12 memiliki kemampuan pertahanan sekaligus serangan. Sikap pasang tersebut berarti telah siap untuk menerima serangan dari lawan.

Baca Juga: PSHT Dalam Seratus Tahun Kejayaan 1922–2022

Senam Jurus PSHT Jurus 20

Buku Jurus PSHT Lengkap
Buku Jurus PSHT Lengkap

Berbeda dengan jurus lainnya, Jurus 20 tidak dinyatakan dalam jurus-jurus yang lain. Jurus 20 PSHT ini dilambangkan sebagai 20 sifat Allah swt. Sifat 20 itu sejatinya mengejewantahkan ke-Esa-an dan keagungan.

Setiap tingkatan sabuk PSHT memiliki tanggung jawab untuk menghapal jurus. Semakin tinggi tingkatan sabuknya, semakin banyak jurus untuk dihapal.

Berikut adalah seberapa banyak jurus yang harus dihapa oleh tiap-tiap tingkatan sabuk pada PSHT:

  1. Polos, mengahapal jurus tangan kosong minimal 1A – 4D. Sebagian rayon latihan memberikan kebijakan agar siswa polos mengahapal sampai ke jurus 6 untuk bisa naik ke tahap sabuk jambon.
    Lama latihan untuk polos menuju jambon berlangsung sekitar 4 bulan. Tentunya hal tersebut tergantung kepada kebijkan setiap rayon, ranting, dan cabang yang berlaku.
  2. Jambon, menghapal jurus tangan kosong minimal 1A – 11B. Jambon memiliki kuantitas dan kualitas lebih intens daripada polos, berlaku juga untuk tingkatan di atasnya.
    Lamanya latihan untuk siswa jambon sebelum naik ke sabuk hijau sekitar 40 pertemuan atau 6 bulan.
  3. Hijau, menghapal jurus tangan kosong dari 1A – 20B. Siswa hijau juga mendapat tanggung jawab untuk menghapal senam dan jurus toya.
    Lamanya latihan untuk sebelum naik ke tingkatan sabuk putih adalah 6 bulan, sama seperti jambon ke hijau.
  4. Putih, menghapal jurus tangan kosong sampai jurus ke 35. Jurus ke 36 baru akan diberikan setelah pengesahan menjadi warga.
    Putih memiliki masa latihan sepanjang 8 bulan atau 55 kali pertemuan. Selain itu sabuk putih mulai berbenah untuk menghadapi pengesahan menjadi warga.

Baca Juga: Sakral PSHT: 7 Makna, Bagian, Ciri Khas Falsafah Persaudaraan Kekal dan Abadi

Untuk panduan jurus yang dilengkapi dengan gambar, kamu bisa Download Buku Jurus PSHT Lengkap 1A sampai 36 di sini. Selalu ingat untuk meminta izin dari pelatih warga sebelum kamu mempelajari gerakan jurus lainnya.

Dalam Buku Jurus PSHT Lengkap ini terdapat juga panduan untuk gerakan senam lengkap senam 1 sampai senam 90, senam massal 1 sampai 60, senam toya 1 sampai 25, jurus toya 1 sampai 15, dan permainn belati 1 sampai 17.

Download Buku Jurus dan Senam PSHT Lengkap

Untuk mendapatkan buku jurus dan senam silahkan Download disini Scribd Buku Jurus dan Senam PSHT Gunakan dengan bijak ya. Semoga bermanfaat!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *