Download Gambar Senam Dasar PSHT 1-90 pdf

Screenshot 13 e1667320955563

Kamu bisa download gambar senam dasar PSHT 1-90 pdf , 35 jurus tangan kosong, 25 senam toya, 15 jurus toya, dan 17 permainan senjata belati dalam bentuk buku digital. Semuanya dapat kamu pelajari setelah mengunduh versi pdf-nya. Sebelum itu, artikel ini akan membahas terlebih dahulu mengenai senam dasar PSHT.

Materi senam dasar diberikan kepada semua siswa PSHT sesuai dengan tingkatan masing-masing. Senam dasar ini nantinya akan dijadikan syarat sebagai kenaikan tingkat sabuk PSHT. Sehingga materi senam dan jurus adalah hal yang krusial untuk dipelajari.

Bacaan Lainnya

Gerakan Gambar Senam Dasar PSHT

Menurut catatan sejarah, materi senam ini diciptakan oleh alm. Irsyad. Ia mengkonsep materi senam sebanyak 90 macam yang dilakukan tanpa melangkah atau hanya diam di tempat.

Baca Juga: PSHT Dalam Seratus Tahun Kejayaan 1922–2022

Senam dasar sudah menjadi latihan pokok yang wajib dikuasai anggota PSHT. Adapun tujuan dari materi senam adalah sebagai berikut:

  1. Melatih dasar dari gerakan atau jurus.
  2. Membentuk otot-otot besar dan kecil guna mendukung gerakan yang baik dan benar.
  3. Membentuk sikap koordinasi tubuh saat melakukan jurus.
  4. Membentuk sikap koordinasi pasangan kuda-kuda.
  5. Melatih gerakan atau rangkaian gerak arah lintasan tendangan dan pukulan.
  6. Koordinasi sikap.

Senam 25 bisa digunakan pada permulaan sambung. Ini melambangman isyarat salah pembuka (uluk salam), sebelum melangkah dengan gerak jurus 12. Gerakan tersebut dilakukan dengan kuda-kuda yang kokoh dan  bersiap menghadapi kemungkinan adanya serangan mendadak.

gambar senam dasar PSHT 1-90 pdf
gambar senam dasar PSHT 1-90

Gerakan pada PSHT memiliki karakteristik berupa langkah lurus dengan pandangan mata menatap lawan penuh siaga dan kesiapan. Walau ada beberapa gerakan yang bersiku silang (zig-zag), namun hasil akhirnya tetaplah membentuk langkah yang lurus.

Berdasarkan gerakan melurus tersebut, ini memiliki makna berupa tingkah laku anggota PSHT yang berlandaskan pada hati yang suci, tulus, dan bersih tanpa adanya penyimpangan. Pun gerakan menyamping berarti tengah menghindari marabahaya, asalkan tetap berpedoman pada jalan yang lurus.

Baca Juga: Sakral PSHT: 7 Makna, Bagian, Ciri Khas Falsafah Persaudaraan Kekal dan Abadi

Senam dasar 25 dimulai dengan sikap membungkuk atau merendahkan tubuh lalu berputar ke kanan dan kiri. Makna dari gerakan tersebut yakni menunjukkan kerendahan hati dan menjauhkan diri dari kesombongan. Adapun gerak memutar kanan dan kiri bermakna agar senantiasa peduli dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Selain itu, sikap pasang kuda-kuda yang rendah ini berarti juga menunjukkan keikhlasan. Karena bagaimanapun juga, dari bumilah kita mendapatkan sebagian dari tenaga dan daya kekuatan kita, dan darinya apa yang kita makan dan minum berasal.

Senam dasar 1-10 berfokus pada gerakan bagian bawah tubuh seperti kaki, pinggang, otot paha, otot betis, dan sebagainya. Dasar dari teknik tendangan juga ada pada tahap ini. Hal tersebut bisa dilihat dari senam dasar 6 yang merupakan tendangan depan (tendangan A), senam dasar 7 yang merupakan tendangan samping.

gambar senam dasar PSHT 1-90 pdf
gambar senam dasar PSHT 1-90
gambar senam dasar PSHT 1-90 pdf
gambar senam dasar PSHT 1-90

Ini bermanfaat agar siswa mengingat dasar dari tendangan PSHT yang dimulai dari angkatan. Risiko cedera dapat diminimalisir dengan mengetahui dan mempelajari teknik dasar dari gerakan tendangan.

Senam dasar 11-20 berfokus pada gerakan tangan. Gerakan senam ini dapat melatih arah pukulan yang diajarkan dalam PSHT.

Senam dasar 21-30 adalah perpaduan keduanya, gerakan tangan dan kaki. Gerakan senam tersebut bertujuan untuk melatih pasangan kuda-kuda dalam serangan maupun pertahanan.

Baca Juga: Mukadimah PSHT, Arti dan Kandungan Isinya, Apa Saja?

Anggota PSHT wajib mengetahui senam dasar tersebut untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Adapun tips untuk memantapkan gerakan senam dasar adalah sebagai berikut:

  1. Melatih sikap berdiri tegak seperti huruf arab, alif.
  2. Melatih pernapasan dasar yang diajarkan dalam PSHT.
  3. Latihan dan memantapkan semata-mata atas dasar keikhlasan, bukan karena terpaksa.
  4. Senantiasa mendahulukan Tuhan dan meminta pertolongan dari sikap ragu-ragu.

Memantapkan gerakan senam dasar memiliki proses sehingga tidak perlu terburu-buru dan merasa tertinggal. Ingatlah bahwa belajar bukanlah proses mendapatkan ilmu secara instan, latihan adalah hal yang perlu diperhatikan supaya ingatan senantiasa terjaga.

Untuk itu, kamu dapat mengunduh (download) buku lengkap yang berisi senam dan jurus PSHT. Namun ingatlah hanya melatih gerakan yang sudah diajarkan sebelumnya oleh warga pelatih.

Download Buku Senam Dasar PSHT Pdf

Kamu bisa mendownload Gambar senam dasar PSHT dengan meng-klik tautan ini scribd senam dasar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *