Mengetahui Ukuran Panjang Lapangan Bola Basket FIBA, NBA, PERBASI

panjang lapangan bola basket
panjang lapangan bola basket

Tahukah anda bahwa umumnya dalam permainan 5v5, ukuran dari lapangan bola basket memiliki panjang sebesar 28 meter dengan lebar 15 meter. Namun, untuk membahas tentang panjang lapangan bola basket ini dengan tepat sesuai standar FIBA, NBA, dan PERBASI, berikut ulasan selengkapnya.

Panjang Lapangan Basket Standar FIBA

FIBA merupakan induk dari olahraga basket internasional dan sudah menerapkan berbagai aturan baku mengenai olahraga bola basket ini. Sebagai bola basket internasional, maka dalam ukuran panjang lapangan bola basket adalah yaitu 28 meter dengan 92 ft standar FIBA. Sedangkan untuk lebar lapangan bola basket adalah yaitu 15 meter dengan 49 ft. Jika seandainya anda lihat ukuran dari lingkaran pusat lapangan ini, maka lingkaran tersebut mempunyai diameter 3,66 meter dengan 11,81 ft.

Bacaan Lainnya

Selain itu, untuk ukuran standar internasional, maka tinggi ring basket yaitu 3,05 meter dengan 10 ft. Sedangkan untuk radius yang memang dibatasi oleh busur memiliki ukuran sekitar 1,25 meter dengan 4,10 ft. Ukuran titik di bagian lantai langsung ke bagian bawah backboard dan menuju ke garis lemparan terhadap bebas jarak yaitu 4,6 meter.

Panjang Lapangan Basket Standar NBA

NBA atau National Basketball Association merupakan liga bola basket yang ada di Amerika Utara. Nah, kompetisi bola basket yang satu ini diikuti 30 tim, yang mana 29 tim dari Amerika Serikat sedangkan yang satu lagi berasal dari Kanada. NBA sendiri dibentuk pada tanggal 6 Juni 1946, tepatnya di New York yang nama awalnya sebagai BAA atau Basketball Association of America. Lalu nama BAA diubah sebagai NBA pada tanggal 3 Agustus 1949 ketika merger atau bergabung dengan NBL atau National Basketball League.

Dari segi ukurannya, maka NBA sendiri menerapkan ukuran yang ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan standar internasional FIBA. Walaupun begitu, perbedaannya tak begitu signifikan terhadap standar yang telah dibakukan tersebut. Jika dilihat dari panjang lapangan bola basket standar NBA, maka panjangnya adalah 28,65 meter dengan lebar 15,24 meter. Bagaimana dengan tinggi ring basketnya? Sedangkan untuk tingginya sama pula dengan FIBA, yaitu 3,05 meter. Mengenai jarak 3-point line pada basket, maka ukuran untuk area tengah adalah 7,24 meter dan dari sisi corner adalah 6,7 meter. Sedangkan untuk standar lapangan dari basket wanita seperti yang ada di kompetisi WNBA, ukurannya sama persis seperti standar NBA.

Panjang Lapangan Basket Standar PERBASI

Jika sebelumnya membahas tentang panjang arena basket untuk tingkat internasional, maka sekarang akan dibahas tentang ukuran dari lapangan bola basket untuk tingkat nasional. Ya, namanya adalah PERBASI. Untuk panjang ukuran lapangan bola basket yang sudah dibakukan adalah dengan standar nasional memiliki lebar 15 meter dengan 50 ft. sedangkan panjang lapangan bola basket standar PERBASI adalah 29 meter dengan 94 ft. Nah, untuk lingkaran pusat dari lapangan bola basket adalah berdiameter 3,66 meter dengan 12 ft. Untuk tinggi ring dari basketnya yaitu 3,05 meter dengan 10 ft. Untuk Posisi Pemain Basket juga sama dengan yang lainnya, yakni lima pemain.

Sementara jika anda perhatikan arena dari bola basket di Indonesia, radius akan dibatasi busur yang berukuran 1,22 meter dengan 4 ft. Kemudian ada pula titik pada lantai yang langsung menuju ke bawah backboard dan menuju garis lemparan terhadap bebas jarak, ukurannya adalah 4,57 meter dengan 15 ft. Terakhir ada ukuran jarak dengan 3 point garis pada ring basket, yang memiliki ukuran 7,24 meter dengan 6.79 meter in corner. Setara pula dengan 23,75 ft serta 22 ft in corner.

Panjang Lapangan Basket Mini

Tahukah anda bahwa bola basket mini adalah model permainan standar yang sudah disesuaikan pula dengan kebutuhan anak yang berusia sekolah dasar. Gambar lapangan bola basket mini pun akan berbeda dengan lapangan bola basket dewasa pada umumnya. Siswa yang ada di sekolah dasar kebanyakan mempunyai postur tubuh yang memang tidak sesuai dari permainan basket standar. Nah, hal dasar terciptanya permainan bola basket mini yaitu agar tidak membuat si kecil memainkan permainan yang ternyata tidak cocok terhadap perkembangan fisik hingga mentalnya. Dikarenakan kemampuan fisik orang dewasa dan anak-anak berbeda, maka kini sudah ada yang namanya bola basket mini.

Untuk ukurannya sendiri, maka panjang ukuran lapangan basket mini adalah 18 meter dengan lebar lapangannya adalah 9 meter. Sedangkan untuk jari-jari tengah dari lapangan basket mini yaitu 4,5 meter. Ring basket mini mempunyai tinggi 2,8 meter, panjang jaring ring adalah 45 cm yang terbuat menggunakan bahan nilon, serta diameter ring memiliki ukuran 450 mm. Untuk papan pantulnya sendiri terbuat dari kayu keras yang memiliki tebal 2,8 cm dan memiliki panjang 180 cm dengan tebal 105 cm.

Warna Lapangan Bola Basket

Berdasarkan Jurnal yang diekluarkan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, bahwa:

Konsep pewarnaan pada interior arena pertandingan dapat bermanfaat khususnya bagi pengguna agar pandangan lebih nyaman dan terang mengusung gaya anak muda mudi menampilkan warna yang khas, serta menambah semangat juang bagi para pemain dalam melakukan pertandingan pengusungan konsep warna tersebut juga tak luput sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Warna Lantai Lapangan Bola Basket

Vinyl dijadikan bahan pelapis lantai lapangan olahraga termasuk basket. Permukaan vinyl sangat lembut seperti karet, selain itu lantai vinyl juga aman dan nyaman di kaki. Pemeliharaan lantai vinyl sangat gampang cukup dengan melakukan pembersihan umum seperti disapu dan di pel secara berkala. Menggunkan vinyl dengan warna warna agak gelap sebagai tingkat refleksi dan warna.

Warna Dinding Lapangan Basket

Menggunakan warna dengan tingkatan koefisien sedang seperti kuning, Kuning Busuk, Kuning Kenari, Kuning Lemon, Hijau Pucuk, Orange. Menggunakan kuning busuk dan orange sebagai dinding interior dengan tingkat refleksi dan warna sedang yang sudah ditentukan oleh standart prasarana olahraga.

Warna Langit-Langit Lapangan Basket

Menggunakan warna yang cenderung terang sebagai langit-langit agar pandangan pemain bola basket dan penonton lebih jelas dengan tingkat refleksi dan warna cerah yang sudah ditentukan oleh standart prasarana olahraga. Tingkat koefisian warna perlu diperhaitkan agar interior lebih nyaman.

Dari berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas dapat dikatakan bahwa panjang lapangan bola basket ternyata berbeda-beda yang disesuaikan dengan standarnya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *