Mengenal 5 Posisi Pemain Basket

posisi pemain basket
posisi pemain basket

Dalam permainan bola basket, maka terdapat 5 posisi yang mempunyai peran hingga fungsinya masing-masing. Tujuan posisi ini adalah agar dapat menyeimbangkan permainan tim hingga mengatur taktik offense serta defense. Untuk membahas kelima posisi pemain basket ini, berikut ulasan selengkapnya.

1. Posisi Pemain Point Guard

Posisi yang pertama ini sering pula disebut dengan pemain nomor 1. Namun bukan berarti pemain ini adalah pemain utama hingga kesayangan pelatih, bukan pula pemain yang merupakan pilihan nomor satu pada scoring option. Maksudnya adalah pemain yang mempunyai peran paling awal. Untuk posisi guard, sang pemain yang memang mengisi posisi ini biasanya lebih banyak berkutat pada luar garis perimeter, yaitu di tengah lapangan.

Bacaan Lainnya

Dapat dikatakan bahwa point guard merupakan posisi pemain yang sering mendapat sorotan. Hal ini dikarenakan ia dapat disebut dengan playmaker tim. Sebagai pemain yang akan mengatur ritme permainan maupun yang biasanya sering menciptakan assist.

Agar dapat mengisi posisi pemain basket point guard, sang pemain harus mempunyai kemampuan handling bola dengan baik dan bagus. Selain itu, mampu membaca pertandingan. Biasanya pemain point guard yang bagus dan cerdas dapat bertindak cepat bahkan efisien. Pemain juga harus mengetahui dengan baik kapan harus memberi umpan, lalu menembak. Sampai mengulur waktu yang dilakukan agar dapat mematikan permainan lawan. Nah, di NBA sendiri, biasanya point guard memiliki tinggi 185 sampai 195 cm.

2. Posisi Shooting Guard

Pada Posisi ini disebut juga sebagai pemain nomor 2, yang biasanya bertugas agar dapat mengisi bagian perimeter line ketika tim melakukan offense dan menjadi blocker bagi para shooter lawan ketika keadaan defense. Posisi ini biasanya yang cukup sering mendulang poin ketika pertandingan berlangsung. Shooting guard bukan hanya harus piawai dalam melakukan 3pt shot pada luar garis perimeter saja, tetapi harus mempunyai kemampuan shooting serta atribut lain seperti fadeaway shoot, midrange shoot, layup, corner shoot, dunk, hingga catch and shoot.

Biasanya posisi pemain shooting guard dijuluki dengan pemain 3-and-D. Dijuluki juga spot up shooter. Mengapa? Karena shooting guard tidak perlu mempunyai handling serta passing yang bagus, namun mereka hanya perlu mempunyai off ball movement dengan baik agar dapat menemukan ruang tembak. Selain itu, hal paling utama dibutuhkan seorang shooting guard yaitu kemampuan shooting dari setiap area lapangan.

3. Posisi Small Forward

Untuk posisi pemain basket dan tugasnya yang juga disebut sebagai posisi nomor 3 adalah small forward. Pada permainan bola basket, biasanya posisi small forward yang paling diminati. Hal ini dikarenakan agar dapat mengisi posisi ini pemain harus mempunyai kemampuan basket seperti alley-oop, atletis, shooting, kelincahan, slam dunk, dan berbagai skillset basket pada level tertinggi.

Selain itu, posisi small forward juga menjadi acuan agar dapat membangun suatu tim. Terlebih lagi small forward yang mempunyai kemampuan shooting yang bagus juga bisa mengisi setiap area lapangan, dan kelincahannya dibutuhkan pada momen transisi maupun fastbreak.

4. Posisi Power Forward

Pemain ini disebut pula dengan pemain bernomor 4. Yang mana posisi ini akan dihuni oleh para pemain yang mempunyai kemampuan defensive rebound terbaik dan bagus, bahkan mempunyai tinggi badan yang tentu saja hampir menyerupai center. Selain itu, power forward juga sebagai pemain yang bermain cukup dekat dengan rim, tidak hanya dalam posisi menyerang saja, namun juga bertahan. Dengan begitu, posisi pemain basket power forward ini juga dapat disebut dengan back-up center. Karena sangat akrab dengan Ukuran Ring Basket di lapangan.

Tetapi perbedaan utama pada skill pemain power forward biasanya gerakannya lebih lincah dan lebih komplit serta mempunyai shooting yang bagus. Biasanya tinggi rata-rata agar dapat mengisi posisi ini di NBA adalah 198 sampai 210 cm. Dalam praktiknya sendiri, biasanya power forward merupakan pemain yang cukup sering membuat double-double maupun triple-double di dalam suatu pertandingan. Ketika kemampuan scoring hingga defensivenya terus diasah. Tentu saja posisi ini dapat menjadi yang cukup sulit untuk dihentikan.

5. Posisi Pemain Center

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa terdapat 5 posisi pemain basket, dan yang terakhir adalah posisi center. Posisi ini disebut dengan posisi nomor 5, yang merupakan pemain tertinggi dalam tim. Biasanya tingginya mencapai 213 cm (7 kaki) dan mempunyai kemampuan rebonding terbaik. Fungsi center di NBA hingga kini sudah semakin kompleks, karena pemain ini merupakan pemain yang tidak hanya bertugas sebagai shoot blocker saja, namun juga rim protector, serta yang sangat bertanggung jawab dalam sektor defense. Karena posisi pemain basket ini sebagai pemain tertinggi, maka seorang center juga dapat menjadi pemantul sekaligus menjadi finisher dalam tim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *