Tujuan Lompat Jauh dan Manfaatnya untuk Tubuh

tujuan lompat jauh
tujuan lompat jauh

Jika dilihat dari permainannya, Tujuan Lompat Jauh merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga yang dalam permainannya membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan juga kelincahan yang dimiliki oleh seorang atlet. Bagi Anda yang senang melihat pertandingan lompat jauh, mungkin hal ini sudah tidak lagi asing terdengar.

Namun, masih banyak pula yang belum mengetahui apa saja sebenarnya tujuan lompat jauh yang digunakan pada berbagai pertandingan olahraga ini. Selain itu, perlu juga untuk diketahui bahwa lompat jauh ini memiliki berbagai macam manfaat jika dilakukan dengan baik dan benar. Kali ini, Anda akan diajak untuk memahami apa saja tujuan serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil dari lompat jauh ini.

Bacaan Lainnya

Tujuan Adanya Lompat Jauh

Pasti Anda yang sudah sering melihat dari adanya pertandingan lompat jauh sedikit memahami tentang bagaimana olahraga ini berjalan. Tujuan lompat jauh secara utama yaitu adalah untuk dapat melompat untuk menghasilkan jarak lompatan dengan sejauh mungkin ke dalam bagian pendaratan maupun juga bak lompat yang biasanya terisi oleh pasir.

Lompat jauh ini sendiri sudah ada sejak lama sekali, bahkan dari abad 13 atau juga sekitar tahun 708 Masehi di daerah Yunani. Olahraga satu ini sudah mulai untuk memasuki olimpiade pada tahun 1896. Sama seperti olahraga pada umumnya, para atlet lompat jauh juga memiliki tekniknya tersendiri dalam melakukan lompatan ini. Hal ini agar membuat lompatan yang mereka lakukan dapat sejauh mungkin.

Lompat jauh sendiri memiliki gerakan yang melompat dengan bantuan kaki yang diangkat ke arah depan dan juga atas. Tujuan lompat jauh dari dilakukannya gerakan ini yaitu untuk membantu upaya seorang atlet dalam membawa titik berat yang ada pada badan untuk dapat melayang di udara dalam waktu yang selama mungkin. Gerakan ini sendiri perlu untuk dilakukan dalam waktu yang cukup singkat dengan memanfaatkan tolakan yang dilakukan pada satu kaki untuk dapat membantu mencapai jarak sejauh mungkin.

Tujuan Lain Lompat Jauh

Selain itu, tujuan lompat jauh juga dilakukan dengan mengangkat tubuh dengan menggunakan awalan dari titik yang lainnya. Titik ini sendiri dapat menjadi lebih jauh atau juga lebih tinggi dengan menggunakan awalan atau juga dikenal dengan ancang-ancang lari yang cukup cepat atau juga lambat sesuai dengan taktik yang digunakan oleh atlet tersebut.

Gerakan satu ini digunakan dengan cara melakukan tumpuan yang digunakan pada satu kaki dan kemudian melakukan pendaratan dengan menggunakan anggota tubuh yang lain asalkan memanfaatkan kemampuan keseimbangan yang dimiliki tubuh dengan baik. Teori terkait dengan tujuan ini disampaikan oleh Djumidar A. Widya.

Sementara itu, Aip Syarifudin juga mengatakan bahwa tujuan lompat jauh yaitu menggunakan gerakan dengan menggunakan lompatan ke arah depan atas. Lompatan ini dilakukan untuk membantu membawa titik berat yang dimiliki oleh badan agar mereka dapat selama mungkin berada melayang di udara. Namun, gerakan ini sendiri perlu untuk dilakukan dalam waktu yang cukup cepat dan juga memiliki kemampuan serta ketangkasan dalam menggunakan tindakan satu kaki untuk membantu mencapai jarak yang dibuat sejauh mungkin.

Faktor yang Membantu dalam Mempengaruhi Lompat Jauh

Suharto dalam bukunya yang memiliki judul Kesegaran Jasmani dan Peranannya menyebutkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lompat jauh ini, diantaranya:

  1. Kemampuan akan kecepatan yang dimiliki oleh seorang atlet dalam melakukan awalan hingga ia dapat melakukan pendaratan dengan baik. Selain itu, perlu juga untuk memperhatikan tumpuan blok atau papan yang digunakan dalam melakukan lompatan karena hal ini membutuhkan kekuatan serta tingkat fleksibilitas yang cukup baik agar seorang atlet dapat melakukan awalan dengan baik.
  2. Kemampuan yang dimiliki dalam hal kekuatan atau tenaga yang ada dalam tubuh atlet tersebut. Otot yang digunakan dalam melakukan lompatan perlu untuk diperhatikan karena memiliki peranan yang cukup besar atas keberhasilan dari lompatan yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu akan adanya pelatihan terhadap kekuatan otot agar mampu melakukan lompatan dengan kuat dan baik.
  3. Kemampuan dalam memahami daya ledak yang dimiliki oleh otot yang digunakan. Otot ini perlu untuk dalam kekuatan yang baik agar tolakan yang dilakukan untuk membantu tubuh dapat melayang di udara setelah melepaskan dari balok tumpu dapat dilakukan dengan baik.
  4. Kemampuan dalam menjaga keseimbangan yang dimiliki oleh tubuh. Perlu untuk seorang atlet agar dapat mencapai tujuan lompat jauh yaitu dengan cara menjaga ketahanan dari sikap tubuh yang dilakukan saat melakukan lompatan. Tidak hanya menjaga pada saat awal saja, tetapi juga perlu untuk dijaga hingga tubuh selesai melakukan lompatan dan dapat mendarat dengan baik.
  5. Kemampuan dalam mengkoordinasikan tubuh seperti kapan saat perlu untuk maju atau juga perlu untuk mengangkat tubuh agar dapat naik dengan benar dan sesuai kebutuhan.

Itulah uraian singkat terkait tujuan lompat jauh yang perlu kita ketahui. Sama seperti Lapangan Lompat Tinggi, Olahraga atletik lompat jauh juga memiliki ukuran yang khusus. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *