Peraturan Lompat Jauh: Ukuran Lapangan dan Aturan Lainnya

peraturan lompat jauh
peraturan lompat jauh

Bagaimana Peraturan Lompat Jauh yang resmi ?. Bagi Anda yang senang dalam melihat pertandingan olahraga, tentu saja mungkin sudah hafal dengan aturan yang ada di dalamnya. Aturan ini ada untuk membantu agar pertandingan olahraga dapat berjalan dengan baik dan juga adil. Hal ini juga tidak terkecuali pada cabang olahraga lompat jauh.

Mungkin beberapa dari Anda masih cukup awam mengenai apa saja peraturan lompat jauh yang perlu untuk diketahui. Bisa jadi beberapa dari Anda sedang tertarik dengan cabang olahraga satu ini dan ingin untuk mencoba melakukannya. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai apa saja peraturan yang ada di dalam olahraga lompat jauh dan bagaimana lapangan yang biasa digunakan dalam pertandingan. Hal ini nantinya dapat membantu untuk menambah wawasan yang dimiliki.

Bacaan Lainnya

Peraturan Lompat Jauh Untuk di Tempat

Mengetahui dan memahami peraturan lompat jauh merupakan hal yang penting dilakukan bagi para atlet agar mereka dapat melakukan lompatan secara benar dan tepat. Salah satu jenis peraturan yang ada dan perlu untuk dipahami yaitu peraturan yang berkaitan dengan tempat pelaksanaan lompat jauh ini sendiri. Peraturan tersebut dapat dibagi pada beberapa bagian yang perlu untuk dipahami, diantaranya:

  1. Awalan

Pada bagian awalan ini, perlu untuk dipahami bahwa hal ini memiliki peranan yang cukup penting. Hal ini dikarenakan awalan memegang peran akan persiapan atlet dalam melakukan lompatan dengan sejauh mungkin. Pada awalan ini, memiliki tujuan lompat jauh yang mengatur berkaitan dengan lintasan. Lebar dari lintasan yang digunakan pada lompat jauh ini yaitu sebesar 1,22 meter dan memiliki panjang sebesar 40 meter.

  1. Papan Tolakan

Peraturan lompat jauh kedua yang berkaitan dengan tempat yaitu tentang papan penolakan. Panjang dari papan tolakan sendiri yaitu sebesar 1,22 meter karena menyesuaikan dengan lebar dari lintasan yang digunakan saat awalan. Lebar dari papan ini yaitu sebesar 20 cm dengan tebal 10 cm. Penggunaan papan tolakan ini sendiri perlu untuk diletakkan pada papan plastisin yang berguna untuk mencatat bekas kaki dari atlet. Papan ini sendiri perlu untuk dicat dengan warna putih dan diletakkan atau juga ditanam pada bagian satu meter tepi dari bak pasir yang digunakan untuk mendarat.

  1. Tempat Pendaratan

Peraturan lompat jauh lain yang perlu juga untuk diperhatikan yaitu berkaitan dengan tempat pendaratan. Tempat ini sendiri sebenarnya terbentuk dari bak pasir yang memiliki lebar minimal sebesar 2,75 meter. Jarak garis yang diberikan yaitu selebar minimal 10 meter dari akhir tempat lompatan. Permukaan pasir yang digunakan sebagai tempat pendaratan diharuskan untuk memiliki tinggi yang sama dengan permukaan dari papan tolakan.

Peraturan Lompat Jauh Secara Umum

Selain peraturan lompat jauh secara tempat, perlu juga untuk dipahami bahwa terdapat peraturan yang ada secara umum. Peraturan ini digunakan sebagai patokan dari para peserta agar mengetahui bagaimana hal ini dapat berjalan dengan baik. Peraturan umum yang ada yaitu diantaranya:

  1. Jika terdapat peserta lompat jauh sebanyak lebih dari 8 (delapan) orang, maka setiap peserta yang ada dapat melompat sebanyak 3 (tiga) kali. Setelah melakukan semua lompatan ini, nantinya lompatan yang dihitung adalah lompatan yang memiliki jarak terjauh. Namun, jika peserta yang ada hanya sebanyak 8 (delapan) orang atau kurang dari itu, maka setiap peserta memiliki kesempatan untuk melakukan lompatan sebanyak 6 kali. Cara melompat untuk para peserta ini akan dilakukan secara bergiliran.
  2. Hasil dari lompatan tiap peserta ini nantinya akan diukur mulai dari bekas anggota tubuh yang ada dan terdekat atau juga mungkin paling belakang yang menyentuh pada bagian bak pasir.
  3. Setiap peserta yang ada memiliki waktu sebanyak 90 detik untuk dapat melakukan lompatan. Nantinya akan dilihat mana lompatan yang memiliki hasil paling baik dari semua kesempatan yang telah diberikan dan dilakukan.

Lapangan yang Digunakan dalam Lompat  Jauh

Peraturan lompat jauh yang berkaitan dengan lapangan ini dilakukan pada ukuran 40-45 meter secara umum dengan menggunakan lintasan selebar 1,22 meter. Papan lompatan yang digunakan sendiri memiliki panjang sebesar 1,22 meter dengan lebar 20 cm dan ketebalan yang dimiliki yaitu 10 cm.

Peletakkan bak lompat sendiri yaitu perlu untuk diberikan papan lompatan dengan jarak sebesar 1 meter. Sementara itu, pada tempat untuk mendarat memiliki panjang sebesar 9 meter dengan lebarnya sebesar 2,95 meter. Untuk tempat yang digunakan sebagai pendaratan, jarak yang diperlukan antara garis yang digunakan untuk tolakan hingga akhir tempat tolakan yaitu sebesar 2,75 meter. Pasir nantinya akan diletakkan pada tempat pendaratan yang tinggi dari permukaan pasir ini harus sama dengan datar dari sisi yang digunakan sebagai papan tolakan itu sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *