7 Senjata Tradisional Jawa Tengah, Sejarah, dan Budaya Leluhur

Senjata Tradisional Jawa Tengah
Senjata Tradisional Jawa Tengah (pixabay)

Apa saja Senjata Tradisional Jawa Tengah?. Dengan adanya peninggalan sejarah kita dapat belajar dari kekayaan budaya yang berguna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Peninggalan sejarah juga merupakan warisan budaya dari suatu budaya masyarakat atau kelompok. Peninggalan sejarah yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia haruslah kita jaga dan lestarikan.

Mengenal Kebudayaan Dan Sejarah Senjata Tradisional Jawa Tengah

Kebudayaan sendiri memiliki arti Gaya hidup yang berkembang pada suatu kelompok atau masyarakat yang kemudian diwariskan kepada generasi selanjutnya. Beraneka ragam kebudayaan dan kesenian Indonesia sudah dikenal luas oleh dunia. Kita sebagai masyarakat Indonesia tentulah bangga, mari kita lebih mengenal lagi kebudayaan Indonesia yang diakui oleh Dunia, diantaranya :

Bacaan Lainnya
  1. Wayang Kulit
  2. Angklung
  3. Keris
  4. Batik
  5. Tari Saman
  6. Tari Kecak
  7. Reog Ponorogo
  8. Tari Pendet
  9. Gamelan

Indonesia memiliki segudang akan Peninggalan sejarah Berikut macam macam Peninggalan sejarah yang berwujud Bangunan diantaranya:

  1. Arca
  2. Candi
  3. Benteng
  4. Gedung
  5. Makam
  6. Monumen
  7. Museum
  8. Prasasti

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Jawa Barat Paling Antik Dan Bersejarah

Peninggalan Sejarah tidak hanya berwujud bangunan ada yang berbentuk Naskah kuno,syair,hikayat, kesenian, dan ada juga yang benda berbentuk Senjata, keris, dan lain sebagainya. Setiap benda memiliki nilai sejarah dan ciri khas masing masing dari setiap daerah.Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulik peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Senjata Tradisional Jawa Tengah.

Letak Geografis Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi Indonesia yang terletak dibagian tengah Pulau Jawa. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di Sebelah BaratSamudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Memiliki luas wilayah sekitar 32.548 km², atau 28,94% dari luas pulau Jawa.

7 Peninggalan Sejarah berupa Senjata tradisional

Terdapat beberapa jenis Senjata tradisional Jawa Tengah yang memiliki ciri khas masing masing dan keberadaan senjata tradisional masih dijaga kelestariannya oleh masyarakat Jawa Tengah.

Berikut ada 7 Senjata tradisional Jawa Tengah dan penjelasannya yang harus kita ketahui :

1. Senjata Tradisional Keris

Senjata Tradisional Keris
Senjata Tradisional Keris (google)

Senjata tradisional yang berwujud keris sangatlah populer diseluruh indonesia, bahkan Dunia Internasional sangat terpukau dengan peninggalan Nenek Moyang kita ini. Senjata keris ini memiliki ketajaman yang yang sangat ampuh sehingga daya serangnya mampu melumpuhkan lawannya.

Pada dasarnya senjata keris tidak hanya ada di Jawa saja. Senjata keris pada dasarnya terdapat di daerah lain, tidak hanya ada didaerah Jawa. Hanya yang membedakan adalah Variasi bentuknya. Seperti bentuk tanpa adanya lekukan, berlekuk 3,5,7 dan lainnya.

2. Senjata Tradisional Tombak

Senjata Tradisional Tombak
Senjata Tradisional Tombak (google)

Senjata tradisional yang satu ini cukup populer. Senjata tombak ini sering kita lihat di Film Kolosal Jawa.Konon tombak ini digunakan sebagai alat yang digunakan prajurit untuk melindungi diri dengan membawa perisai. Senjata tombak ini memiliki bentuk yang panjang dan memiliki mata pisau yang tajam sehingga mampu tombak ini menjadi salah satu andalan dalm peperangan. Moata pisaunya yang tajam mampu menangkis setiap seranga yang datang dengan bidikan yang tajam.

3. Senjata Tradisional Khudi

Senjata Tradisional Khudi
Senjata Tradisional Khudi (google)

Senjata tradisional khudi ini dianggap oleh masyarakat Banyumas sebagai Senjata sub budaya yAng memiliki simbol. Simbol ini dipercaya sebagai Jimat yang berupa tulisan, biasanya sering digunakan pada upacara dan kesenian. Senjata ini memiliki unsur nilai magis. Senjata ini memiliki ukuran 35 cm x 10 cm dan senjata ini biasa dijadikan Bilik atau pagar rumah.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Aceh Paling Terkenal dan Unik

4. Senjata Tradisional Whedung

Senjata Tradisional Whedung
Senjata Tradisional Whedung (google)

Bentuknya yang tidak jauh beda dengan pisau ini memiliki tusuk yang panjang, keduanya saling memiliki satu bilah tajam. Senjata ini dilengkap dengan serangka yang berbahan kayu jati.

5. Senjata Tradisional Thulup

Senjata Tradisional Thulup
Senjata Tradisional Thulup (google)

Senjata tradisional Jawa tengah ini yang memiliki bentuk silinder dengan anak panah dimana cara penggunaannya dengan cara ditiup. Anak thulup ini direndam ke dalam cairan beracun sebelum nantinya digunakan untuk kegiatan berburu.

6. Senjata Tradisional Plintheng

Senjata Tradisional Plintheng
Senjata Tradisional Plintheng (google)

Senjata tradisional Plintheng ini populer dikalangan anak anak. Dalam bahasa Indonesia Plintheng ini Ketapel. Senjata ini terbuat dari kayu , selembar kulit hewan dan 2 karet sehingga menciptakan gaya pegas yang kuat. sebagai pelurunya yang digunakan adalah batu batu atau kerikil kecil.

7. Senjata Tradisional Jawa Tengah Condroso

Senjata Tradisional Jawa Tengah Condroso
Senjata Tradisional Jawa Tengah Condroso (google)

Senjata tradisional yang satu ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti tusuk konde yang biasa digunakan sebagai hiasan rambut pada pesta pernikahan adat Jawa.Senjata ini sering kita temukan juga diberbagai daerah seperti Daerah Yogyakarta.

Dengan kita mengenal dan belajar Sejarah kebudayaan Indonesia semakin kita cinta dengan negara kita yaitu Indonesia. Sebagai generasi penerus patutlah kita menjaga dan melestarikannya. Semoga informasi ini bermanfaat sehingga menambah wawasan ilmu sejarah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *