Jenis Latihan Kebugaran Jasmani Yang Baik Untuk Tubuh

Kebugaran Jasmani
Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah salah satu kemampuan dari tubuh agar bisa menyesuaikan beban fisik yang diterima karena sudah melakukan beragam jenis kegiatan dalam kesehariannya. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani, maka akan semakin baik juga kinerja fisiknya. Untuk memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka sangat perlu dilakukan latihan fisik. Sehingga latihan kebugaran jasmani menjadi salah satu aktivitas olahraga yang bisa dilakukan.

Jika anda secara rutin dalam melakukan latihan kebugaran jasmani, maka akan memberikan manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga fisik anda. Selain itu, anda juga bisa melatih keseimbangan dari otot dan membakar kalori jauh lebih cepat.

Bacaan Lainnya

Dengan kata lain, maka semakin sering berolahraga maka akan membuat anda menjadi semakin sehat dan tidak mudah lelah. Nah untuk anda yang berencana akan melakukan jenis latihan kebugaran jasmani maka berikut ini adalah beberapa jenis latihan kebugaran jasmani yang baik untuk tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Latihan Kebugaran Jasmani dengan Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan yang dilakukan dalam sebuah gerakan di dalam kurun waktu yang singkat. Dengan kata lain, semakin sedikit waktu melakukan satu hal maka makin baik kecepatan yang dimilikinya. Untuk melakukan latihan kecepatan sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi anda diantaranya adalah keturunan, waktu reaksi, kemampuan dalam menahan tahanan, Teknik dalam konsentrasi dan kemauan, elastisitas otot dan lainnya.

Kecepatan sendiri terbagi menjadi tiga macam diantaranya adalah sprint, reaksi dan bergerak. Untuk melakukan latihan kecepatan demi kesehatan jasmani maka anda bisa melakukan beberapa hal diantaranya adalah Lari naik turun tangga, lari cepat atau Jalan Cepat dengan jarak 40-60 m dan lainnya.

Latihan Kelenturan Tubuh

Latihan Kebugaran jasmani dengan kelenturan adalah salah satu kondisi dimana adanya keleluasaan dari otot tubuh terutama adalah pada bagian persendian. Kelenturan sendiri sebenarnya bisa dilatih. Ada beragam jenis kelenturan yang bisa dilakukan untuk meregangkan otot. Diantaranya adalah :

  • Melakukan latihan kelenturan sendi bahu dengan merentangkan kedua lengan kedepan dan berputar kiri kanan, depan belakang dengan siku dalam keadaan lurus. Lakukan gerakan berulang untuk hasil maksimal.
  • Melakukan latihan kelenturan otot pinggang dengan cara berdiri tegak kedua dengan lengan lurus kertas lalu lekukan badan ke samping kiri kanan dengan hitungan detik.
  • Melakukan latihan kebugaran untuk kelenturan togok dengan cara duduk dengan tungkai dirapatkan, lutut dalam keadaan lurus, bungkukkan badan hingga mencium lutut, kedua tangan memegang ujung jari kaki. Tahan gerakan ini selama kurang lebih 10-15 detik.

Latihan Kekuatan

Kekuatan adalah salah satu keadaan di mana anda menggunakan otot untuk bisa memaksimalkan tenaga saat akan melakukan kegiatan fisik. Latihan Kebugaran jasmani memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh anda, anda juga bisa melakukan latihan fisik pada otot bagian tubuh yang memang sering digunakan untuk bisa mengangkat beban.

Ada beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang dilakukan dengan kekuatan diantaranya adalah:

  • Melakukan latihan push up dengan kegiatan berulang selama 30 detik
  • Melakukan latihan sit up selama kurang 30 detik dan lakukan kegiatan berulang setelahnya
  • Melakukan latihan back up yang bermanfaat untuk bagian tubuh bagian belakang, lakukan gerakan ini berulang selama 30 detik
  • Melakukan latihan shoulder press untuk bisa melatih bagian otot lengan dan bahu. Anda bisa melakukan kegiatan ini dengan menggunakan alat bantu barbel.
  • Melakukan latihan leg squat untuk melatih kebugaran jasmani kekuatan otot tungkai.
  • Lakukan latihan back extension yang memiliki manfaat untuk melatih kekuatan otot punggung anda.

Latihan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan adalah salah satu kondisi dimana anda menggerakkan semua bagian tubuh dengan tempo yang berbeda dengan efisien dan efektif. Tanpa harus merasakan lelah dan sakit. Biasanya latihan daya tahan untuk Kebugaran tubuh akan dibagi menjadi dua macam, diantaranya adalah muscular endurance dan cardiorespiratory endurance.

  • Muscular endurance adalah latihan daya tahan yang menunjukkan pada kemampuan otot atau kelompok otot dalam waktu yang cukup lama. Beberapa contoh latihannya adalah Latihan beban, latihan pukulan tinju, gulat dan lainnya.
  • cardiorespiratory endurance adalah jenis latihan yang memiliki tujuan meningkatkan kemampuan seluruh tubuh agar bisa bergerak dalam waktu sedang hingga cepat dalam kurun waktu yang cukup lama. Beberapa aktivitas yang dilakukan untuk melakukan aktivitas kesehatan jasmani ini adalah dengan berlari, berenang hingga bersepeda. Daya tahan kardiovaskuler ini adalah salah satu faktor utama di dalam kebugaran jasmani tubuh anda.

Untuk pengukuran yang paling objektif mengenai Kebugaran jasmani maka bisa anda lakukan dengan mengukur kemampuan pengambilan denyut jantung maksimal anda. Dengan begitu maka anda akan mengetahui apakah daya tahan tubuh anda sudah masuk lingkaran maksimal untuk bisa memenuhi kebutuhan kebugaran jasmani anda atau belum setelah melakukan beragam jenis latihan fisik ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *