9 Jenis Olahraga Permainan Bola Besar

Permainan Bola Besar
Permainan Bola Besar

Permainan bola besar merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran besar sebagai salah satu sarananya. Beberapa jenis olahraga bola besar contohnya adalah sepak bola, takraw, basket, voli dan lainnya. Masing – masing olahraga bola besar ini tentu saja memiliki aturan yang berbeda. Dan tetntunya memberikan manfaat Kebugaran Jasmani yang positif. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis olahraga permainan bola besar dan aturan main dari tiap olahraganya.

Sembilan Permainan Bola Besar Populer di Dunia

Permainan Bola Besar Untuk Olahraga Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu dari sekian banyak permainan bola besar yang memang merupakan cabang olahraga paling disukai. Olahraga ini bisa dimainkan di beberapa lokasi dan waktu selama ada lahan sebagai lapangannya. Namun secara umum, standar pertandingan sepak bola maka bola yang digunakan memiliki ukuran diameter kisaran 68-71 cm dengan berat rata – ratanya kisaran 396-456 gram.

Bacaan Lainnya

Permainan dimainkan oleh dua tim dengan masing – masing tim memiliki 11 pemain utama dan cadangan. Aturan permainannya adalah tim yang bisa mencetak gol terbanyak dalam waktu 2×45 menit akan menjadi pemenang pertandingan.

Permainan Bola Basket

Basket adalah Permainan bola besar yang dimainkan dua tim dengan masing – masing timnya memiliki 5 anggota utama dan cadangan. Aturan dalam permainan ini adalah tim yang menang merupakan tim yang bisa memasukkan bola ke dalam keranjang paling banyak dalam waktu 4×12 menit. Untuk permainan bola besar ini menggunakan bola basket dengan ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Untuk pertandingan internasional ukuran bola yang digunakan dalam olahraga basket adalah 74-75 cm dengan berat kisaran 624gram.

Olahraga Bola Voli

Bola Voli adalah salah satu dari Permainan bola besar yang mana dimainkan oleh dua tim dengan masing – masing tim harus bisa menjatuhkan bola ke lapangan lawan permainan agar bisa menang. Bola yang digunakan untuk permainan bola voli ini sendiri memiliki diameter kurang lebih 65-67 cm dengan berat kisaran 260-280 gram. Biasanya untuk bola voli dibuat dengan bahan kulit yang lunak atau bahan sintetis sehingga aman digunakan oleh para pemainnya.

Olahraga Sepak Takraw

Sebenarnya sepak takraw mirip dengan voli. Hanya saja dalam permainan bola takraw bukan menggunakan tangan, pemain memukul bola dengan menggunakan kaki. Awalnya bola yang digunakan untuk sepak takraw menggunakan bahan anyaman rotan, namun seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini oalhraga bola besar dari sepak takraw menggunakan bola dengan bahan dari serat sintetis. Setiap bola takraw harus memiliki 12 lubang dan 9-11 anyaman. Dengan ukuran diameter untuk pemain putra 42-44 cm sedangkan untuk pemain putri 43-45 cm.

Olahraga Bola Tangan

Permainan Bola Tangan merupakan salah satu jenis olahraga yang sebenarnya mirip dengan sepak bola. Hanya saja, bola yang dibawa dalam olahraga ini menggunakan tangan. Aturan mainnya juga bola harus dibawa ke gawang untuk bisa mendapatkan angka. Untuk ukuran bola yang digunakan dalam game ini adalah dengan ukuran diameter 58-60 untuk pemain putra sedangkan pemain putri menggunakan ukuran bola dengan 54-56 cm .

Olahraga Futsal

Futsal adalah salah satu game bola besar yang sangat mirip dengan sepak bola. Cara Bermain Futsal pun sama, hanya saja jumlah pemain dalam satu timnya jauh lebih sedikit dengan lapangan yang biasa indoor. Untuk jenis bola yang digunakan pada bola futsal sendiri memiliki diameter lingkaran kisaran 62-64 cm dengan berat kisaran 400-440 gram.

Olahraga Bowling

Permainan bola besar selanjutnya adalah bola bowling. Ini adalah salah satu permainan yang bisa dilakukan individu atau grup. Dalam permainan olahraga bowling, individu atau grup yang bisa menjatuhkan lebih banyak pin di dalam satu babak dianggap sebagai pemenangnya. Biasanya didalam satu kesempatan melempar, pemain bowling ditargetkan untuk bisa bisa menjatuhkan 10 pin.

Untuk bola bowling yang digunakan tiap pemain biasanya berbeda. Untuk Pria Dewasa biasanya bola yang digunakan memiliki berat 7-8 kg. Sedangkan untuk wanita dewasa menggunakan bola dengan berat 5-7kg. Untuk berat dari bola bowling sendiri biasanya akan disesuaikan dengan berat badan dari pemainnya.

Olahraga Rugby

Rugby adalah salah satu olahraga bola besar yang lebih popular di Australia dan New Zealand. Aturan dalam olahraga bola besar rugby ini adalah salah satu pemain dari satu tim harus bisa bermain dan membawa bola untuk melewati garis gawang musuhnya. Bentuk bola dari olahraga rugby ini biasanya memiliki bentuk oval. Dan secara resmi ukuran dari bola rugby ini memiliki panjang 280-33-mm dengan lingkar panjang 74cm-77 cm dan lingkar lebar kisaran 58cm-62cm

Olahraga Polo Air

Permainan bola besar yang dimainkan di dalam kolam yaitu Polo Air. Ini adalah salah satu olahraga yang sering dikatakan sebagai olahraga kombinasi antara, sepak bola, basket, gulan dan renang. Aturan main polo air sendiri adalah para pemain dalam satu tim harus bisa memasukkan bola ke dalam gawang, yang paling banyak memasukkan bola adalah pemenangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *