8 Senjata Tradisional Aceh Paling Terkenal dan Unik

Senjata Tradisional Aceh
Senjata Tradisional Aceh (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Seperti apasih Senjata Tradisional Aceh itu ?. Indonesia adalah negara yang kaya akan kepulauan,suku,budaya dan bahasa. Di setiap wilayah negara indonesia, mempunyai keberagaman budayanya masing masing ya, seperti Bahasa Daerah, Makanan Khas Daerah, dan masih banyak lagi keberagaman budaya di Indonesia.

Sekilas Tentang Aceh

Kenalan yuk, dengan provinsi di indonesia yang satu ini. Nama provinsi tersebut adalah Aceh. apa yang kalian ketahui tentang Provinsi Aceh?. Aceh merupakan provinsi yang ibukotanya berada di Banda Aceh.Provinsi Aceh letaknya di ujung utara pulau sumatra.Selain itu, Aceh juga dikenal merupakan provinsi indonesia yang paling barat loh.

Bacaan Lainnya

Aceh juga mempunyai senjata tradisional, yang tidak kalah keren , kalian pasti akan mengira kalau senjata itu hanya digunakan saat perang. Tetapi beda halnya dengan Aceh, mereka juga menggunakan senjata itu untuk sehari harinya.

8 Senjata Tradisional Aceh Yang Paling Terkenal

Senjata tradisional dari aceh adalah rencong, peudang, siwah, dan lain-lain. Berikut 8 senjata tradisional Aceh yang masih banyak yang memakainya :

1. Senjata Tradisional Rencong 

Rencong merupakan senjata tradisional yang berasal dari Aceh. Rencong adalah lambang keberanian dan kegagahan orang Aceh loh, meskipun kabarnya Rencong sudah tidak lagi digunakan sebagai senjata saat berperang, tetapi Rencong masih menjadi lambang keberanian dan kegagahan orang aceh. Sejak zaman kesultanan siapa, Rencong ini dipakai?,  jawabannya ternyata sudah dipakai untuk mempertahankan diri dan untuk berperang pada Pemerintah Sultan Ali Mughayat Syah.

gambar senjata tradisional rencong (1)
gambar senjata tradisional rencong (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Baca Juga: 4 Bagian Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam Penting untuk Diketahui

2. Senjata Tradisional Peudeung (Pedang)

Kenalin nih, Peudeung atau juga pedang, senjata tradisional dari aceh ini berfungsi untuk mentetak dan mencicang.Senjata tradisional Aceh satu ini memiliki bentuk yang unik lohh, yaitu bentuk gagangnya yang terlihat seperti mulut yang terbuka. Senjata tradisional Aceh ini nggak main main, karena dapat menimbulkan luka yang cukup dalam dan cukup serius, karena jangkauan senjatanya yang lumayan jauh.

Senjata Tradisional Aceh
Senjata Tradisional Aceh (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Berikut adalah beberapa jenis macam peudeung :

  • Peudeung ( Hulu Tapak Guda )

Jenis yang pertama ada Hulu Tapak Guda. Gagang peudeung satu ini terlihat seperti menyerupai telapak kaki kuda. mau tau nggak nih? gagangnya terbuat dari bahan apa? tepatnya adalah tanduk dan besi untuk membuat bilahnya.

  • Peudeung ( Hulu Meu Apet )

Gagang dari senjata tradisional ini terdapat penahan, fungsinya agar tidak mudah epas dan biasanya disebut Apet. Faktanya pedang ini selalu diletakkan di dalam sarung loh. Alasan pedang selalu diletakkan di dalam sarung, karena orang Aceh menganggap bahawa pedang ini memeiliki kekuatan magis. Dan masih banyak lagi macam macam jenis peudeung. lalu kita beralih ke senjata tradisional lainnya ya.

Baca Juga: 4 Cara Menanam dan Harga Tanaman Rotundum Aceh

3. Meucugek

Faktanya bentuk dari senjata tradisional Aceh ini, terlihat mirip dengan Rencong. Arti dari senjata tradisional ini adalah perekat loh, karena gagang / pegangan nya dibuat ada perekatnya dan juga senjata ini lebih mudah untuk melukai musuh karena ada bagian panahannya.

4. Pudoi

Senjata tradisional Pudoi ini hampir sama bentuknya dengan Rencong, karena gagangnya yang pendek dan lurus. Masyarakat Aceh menyebutnya dengan istilah Pudoi karena bentuknya yang belum sempurna.

5. Meupucok

Provinsi Aceh dikenal juga dengan nama Serambi Mekkah, memiliki banyak senjata tradisional yang unik seperti senjata meupucok dimana pada bagian pucuknya terdapat ukiran logam dan di bagian senjata terdapat ukiran emas.Pada umumnya senjata tradisional ini digunakan sebagai hiasan acara acara besar di Aceh, atau juga seperti acara kesenian dan acara acara adat masyarakat setempat.

6. Siwah

Senjata tradisional dari Aceh ini adalah jenis senjata yang bentuknya terlihat seperti corong. Meski bentuknya terlihat seperti corong, senjata ini bisa cukup mematikan. Kabarnya senjata tradisional Ache satu ini termasuk senjata yang sudah langka,karena harganya yang bisa terbilang mahal.

Baca Juga: 7 Keunikan Rumah Adat Aceh yang Wajib Diketahui

7. Reuduh

Bentuk senjata tradisional ini pada umumnya tidak jauh beda seperti golok yang ada pada zaman sekarang. Bentuknya yang tipis dan ramping membuat senjata ini ringan saat digunakan. Ada sesuatu yang menarik loh dari senjata reuduh ini yaitu motif yang diciptakan tidak sembarangan pada gagang Reuduh, agar membuat pemakainya nyaman dan senjata tidak mudah lepas dari tangan.

8. Meriam Sri Rambai Iskandar Muda

Senjata tradisional Aceh ini memiliki sejarah yang sangat penting dan menjadi saksi bisu pada masa kejayaan Iskandar Muda. Hal yang sangat disayangkan, ternyata senjata tradisional Aceh tidak lagi berada di Indonesia. Melainkan berada di Fort Cornwallis, George Twon, Penang, Malaysia. Zaman dahulu senjata ini digunakan untuk menyerang dan menghadang tentara penjajah bumi di tanah Aceh. Sampai dengan saat ini tradisi meledakkan Meriam masih tetap dilakukan. Apalagi saat menjelang bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Senjata Tradisional Sumatera Barat

Kita patutlah merasa bangga sebagai masyarakat/ warga Indonesia karena begitu banyak kekayaan dan peninggalan sejarah yang harus kita jaga dan lestarikan. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan menambah wawasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *