8 Senjata Tradisional Jawa Barat Paling Antik Dan Bersejarah

Senjata Tradisional Jawa Barat
Senjata Tradisional Jawa Barat (pixabay)

Apa saja Senjata Tradisional Jawa Barat ?. Di Negara kita yaitu Indonesia memiliki banyak akan peninggalan sejarah yang ditinggalkan oleh Nenek Moyang kita. Peninggalan sejarah merupakan cerminan budaya dan ada istiadat masyarakat setempat.Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya bangga memiliki banyak peninggalan sejarah dan hal itu yang menjadikan ciri khas Indonesia. Tanpa panjang lebar lagi mari kita simak dahulu apa itu Peninggalan Sejarah.

Arti Peninggalan Sejarah

Peninggalan Sejarah adalah sebuah sebuah bukti kehidupan manusia di masa yang lalu yang menghasilkan kreatifitas budaya yang berbentuk benda yang bergerak yang diperkirakan memiliki usia berkisar 50 tahun. Hasil kreatifitas yang diciptakan nenek moyang kita ini memiliki nilai sejarah, pengetahuan, kebudayaan ,pendidikan sejarah.

Bacaan Lainnya

7 Peninggalan Sejarah bangsa Indonesia

Berikut ini Sejumlah Peninggalan Sejarah Yang Banyak Tersebar di Indonesia, sepert:

1. Benteng

adalah salah satu benda peninggalan sejarah yang berbentuk bangunan yang dirancang sebagai pertahanan dan keamanan diwaktu perang.

2. Arca

Arca ini memiliki bentuk seperti patung yang terbuat dari batu dan juga perunggu.

3. Candi

Peninggalan sejarah yang ini berbentuk bangunan kuno yang terbuat dari batu. Candi ini pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan, tempat penyimpanan abu jenazah raja ,pendeta Hindu dan Budha. Beberapa Bangunan candi yang ada diIndonesia yaitu:

  • Candi Prambanan ada di Yogyakarta
  • Candi Borobudur ada di Magelang,Jawa Tengah
  • Candi Mendut ada di Magelang, Jawa Tengah
  • Candi Pawon ada di Magelang, Jawa Tengah
  • Candi Pataran dii Jawa Timur
  • Candi Muara Takur ada di Riau

4. Gedung

Selain candi ada juga bangunan yang pernah digunakan pada zaman dulu sebagai sarana atau tempat berlangsungnya peristiwa sejarah yaitu Gedung, seperti:

  • Istana Presiden yang ada di Tampak Siring, Bali
  • Gedung Lawang Sewu ada di Semarang
  • Keraton Cirebon
  • Istana Bogor

5. Makam

Makam pun merupakan peninggalan sejarah yang dijadikan sumber sejarah. Makam yang dikenal dengan peninggalan sejarah seperti:

  • Makam Raja raja Surakarta
  • Makam Pangeran Diponegoro
  • Makam Ra Kartini
  • Makam Ir.Soekarna
  • Makam Sunan Kalijaga

6. Monumen

Bangunan ini memang khusus dibuat dan dirancang yang untuk mengenang jasa Pahlawan yang sudah berjuang dan memperingati peristiwa sejarah diIndonesia.Monumen yang ada diIndonesia yaitu:

  • Monas (Monumen Nasional)
  • Monumen Tugu Muda Semarang
  • Monumen Proklamasi yang ada diJakarta
  • Monumen Pers Nasional ada di Solo Jawa Tengah

Peninggalan sejarah tidak hanya berbentuk bangunan atau patung saja, masih banyak lainnya seperti seperti peninggalan sejarah yang berbentuk senjata. Kali ini kita akan mempelajari dan membahas mengenai Senjata Tradisional yang merupakan salah peninggalan Sejarah juga loh.

7. Senjata Tradisional

Senjata tradisional sendiri digunakan untuk berbagai keperluan. Disetiap provinsi memiliki senjata tradisional tersendiri dengan ciri khasnya masing masing, seperti kali ini yang akan kita bahas yaitu Senjata Tradiional Jawa barat. Daerah Jawa Barat kaya akan peninggalan sejarah salah satunya yaitu Senjata tradisional.

Inilah 8 Senjata Tradisional Jawa Barat Yang Paling Unik Dan Bersejarah

Beragam jenis dan bentuk Senjata tradisional Jawa Barat yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing masing. Konon jaman dahulu senjata yang mencerminkan budaya dan adat istiadat ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan dan akitifitas sehari hari seperti, berkebun berburu, memotong, dan sebagai alat perlindungan diri.

1. Kujang Sejarah Dan Senjata Tradisional Jawa Barat

Seiring dengan perkembangan masa senjata digantikan dengan alat yang mutakhir, tapi masih ada beberapa masyarakat masih menggunakannya dan masih populer. Senjata tradisional yang tetap ada atau eksis sampai sekarang yaitu KUJANG. Peninggalan sejarah yang satu ini adalah Senjata tradisional Kujang yang berasal dari wilayah Pasundan memiliki bentuk yang unik.

Senjata Tradisional Jawa Barat Kujang
Senjata Tradisional Jawa Barat (bukalapak)

Sekitar abad ke-8 atau ke.9 kujang ini mulai dibuat yang terbuat dari besi baja dan bahan pamor, senjata tradisional memiliki panjang kurang lebih 20 ampai 25 cm dan berat yang dimiliki sekitar 300 gram. Pada awalnya Senjata ini dinamai dari Kata “Kudihyang” berasal dari bahasa kuno.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Aceh Paling Terkenal dan Unik

Kata “Kudi” yaitu Senjata yang memiliki kesaktian dan kekuatan gaib. Sementara arti Hyang” merujuk pada makna pada Dewa atau Dewi. Ada juga yang berpendapat bahwa senjata ini berasal dari kata “Ujang” yang berarti manusia. Bahkan senjata tradisional ini bentuknya sering dijadikan motif batik hingga menjadi lambang Suku Sunda. Ada beberapa variasi yang dimiliki oleh Senjata tradisional Kujang yaitu kujang ciung,kujang jago, kujang badak,kujang kuntul,kujang bakong dan masih banyak yang lainnya.

2. Senjata Tradisional Jawa Barat Bedog

Senjata Tradisional Jawa Barat Bedog
Senjata Tradisional Jawa Barat Bedog (asyraafahmad)

Bedog atau disebut juga Golok bentuknya seperti pisau dengan ukurannya lebih besar. Senjata tradisional ini memiliki ukuran sekitar 30-40 centimeter (cm), biasanya digunakan untuk menebang pohon, memotong , menyembelih hewan ternak.

3. Senjata Tradisional Jawa Barat Balincong

Balincong memiliki bentuk seperti kapak atau patik, yang membedakan adalah dua sisi mata yang runcing dan pipih dengan arah yang berlawanan.

4. Senjata Tradisional Jawa Barat Gacok

Gacok dalam Bahasa Sunda yang berarti Cangkul atau garpu, senjatanya keberadaannya sudah mulai langka karena jarang digunakan oleh masyarakat. Tapi ada beberapa tetap melestarikan senjata tradisional ini. Senjata tradisional ini biasa digunakan memanngkas rumput yang liar, mengumpulkan jerami.

5. Senjata Tradisional Jawa Barat Sulimat

Sulimat ini adalah Senjata tradisional asli Sunda yang biasa digunakan untuk mengupas kulit kelapa. Senjata tradisional ini memiliki mata pisau yang tajam dan runcing.

6. Senjata Tradisional Jawa Barat Ketam

Senjata tradisional ini memiliki bentuk berupa kayu gengam ciri khas senjata ini memiliki mata pisau disalah satu sisinya. Keta, dengan nama lain ani ani ini biasa digunakan bertani.

7. Senjata Tradisional Jawa Barat Arit

Senjata tradisional ini tidak asing kita dengar ,bentuk mata pisau yang melengkung seperti bulan sabit dan sangat tajam, sangat ampuh digunakan untuk menebas rumput.

8. Senjata Tradisional Jawa Barat Bajra dan Gada

Senjata tradisional Baja dan Gada keberadaan senjata ini sudah langka, kita bisa melihatnya dengan mengunjungi Museum Bersejarah diJawa Barat. Senjata tradisional ini dibuat khusus untuk perlindungan diri melawan musuh. Bajra memiliki sisi runcing yang berbentuk seperti tombak, dan gada atau sisi tumpul digunkan untuk memukul musuh.

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Senjata Tradisional Sumatera Barat

Sebagai warga negara tentulah kita bangga tidak hanya kekayaan alam yang kita miliki tetapi juga kaya akan beraneka ragam kebudayaan, adat-istiadat, hal inilah yang menjadi ciri khas Negara Indonesia. Dan tugas kita sebagai penerus yaitu dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan ini.Semoga informasi ini bermanfaat agar kita lebih mengenal Indonesia tercinta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *