Sejarah Olahraga Angkat Besi Dan 3 Manfaatnya Untuk Tubuh

angkat besi
angkat besi

Anda ingin mengetahui lebih jelas tentang olahraga angkat besi? Jika iya, Anda bisa menyimak pembahasan di sini sampai selesai. Pada artikel ini akan dibahas singkat tentang angkat besi, mulai dari pengertian, sejarah, hingga beberapa manfaatnya.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut pembahasannya.

Bacaan Lainnya

Mengenal Olahraga Angkat Besi dan Berbagai Manfaatnya

Pengertian Olahraga Angkat Besi

Angkat besi (weightlifting) merupakan cabang olahraga bersaing untuk angkat beban berat yaitu barbel, yang mana dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, konsentrasi, fleksibilitas, atletisitas, kemampuan, disiplin, mental, teknik serta kekuatan fisik. Angkat besi merupakan olahraga yang mengusung beban. Secara tidak resmi, kata “angkat besi” dipakai sebagai latihan beban.

Olahraga yang satu ini tidak hanya bisa diperlombakan baik atlet laki-laki, tapi juga perempuan. Olahraga ini memiliki spesifikasi serta ketentuan sendiri seperti cabang olah raga yang lain. Ada dua jenis angkatan yang sering untuk diperlombakan dalam olahraga ini yaitu snatch dan clean and jerk. Angkatan terbaik dari dua jenis angkatan akan dijumlah dan total nilai dari kedua jenis angkatan akan menentukan peringkat juara.

Di Indonesia, PABBSI (Persatuan Angkat Berat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia adalah badan yang menaungi olahraga angkat besi. Sementara IWF (International Weightlifting Federation) adalah badan Internasional-nya.

Sejarah Singkat Angkat Beban

Olahraga ini sudah ada sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Hampir semua orang melakukan uji kekuatan dan memperlihatkannya jika dia lebih kuat dibandingkan yang lainnya, itu dapat dilihat dari ukiran temuan kuno. Weightlifting dikenal pada abad ke-19, lalu di tahun 1891 Kejuaraan Angkat Besi Dunia yang Pertama diselenggarakan. Kemudian pada tahun 2000 wanita mulai untuk berpartisipasi di dalam Olimpiade Angkat Besi.

Jenis-Jenis Olahraga Angkat Besi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa ada dua jenis olahraga ini yang sering dilombakan yaitu snatch dan clean and jerk. Nah, berikut akan dijelaskan sedikit mengenai jenis-jenis tersebut.

Snatch

Angkatan snatch yaitu jenis angkatan yang harus untuk dilakukan tanpa jesa. Maka dari itu, atlet harus bisa untuk angkat beban dari lantai tanpa boleh untuk menekuk lutut hingga kedua tangan dapat untuk mengangkat barbel lurus di atas kepala dengan posisi yang berdiri secara sempurna sampai beberapa detik atau hingga wasit membunyikan bel bahwa angkatan sudah sah.

Clean and Jerk

Angkatan Clean and Jerk adalah angkatan dimana atlet harus bisa untuk mengangkat barbel di dalam dua tahapan yang sudah ditentukan. Pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat beban dari lantai hingga batas dada dengan posisi berjongkok. Kemudian jeda sebentar, lalu mengambil ancang-ancang dan atlet mengangkat barbel hingga kedua tangan lurus berada di atas kepala dengan posisi sempurna selama beberapa detik atau sampai wasit membunyikan bel yang menandakan jika angkatan susah sah dilakukan dengan benar dan baik.

Aturan Main Olahraga Angkat Beban

  1. Atlet yang dengan total angkatan terbesar, maka akan ditentukan menjadi pemenang,
  2. Setiap atlet akan mendapatkan tiga kali kesempatan untuk mengangkat beban atau menampilkan setiap teknik dan total dari skor merupakan hasil dari penjumlahan dua percobaan sukses yang nilainya tinggi,
  3. Beban-beban yang ditempatkan pada dua ujung “bar” menentukan nilai dari berat yang atlet angkat. Jika atlet sukses untuk melakukan satu angkatan, maka beban yang untuk angkatan selanjutnya setidaknya ditambah 1 kg.
  4. Di dalam kompetisi atau perlombaan angkat besi pria, panjang dari bar adalah 2,2 m dengan berat 20 kg. Sementara untuk perempuan, panjang dari bar-nya adalah 2,01 m dan beratnya 15 kg.

Olahraga yang satu ini tentunya mempunyai cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sama seperti olahraga yang lainnya. Nah, apa saja manfaat tersebut? Lihat di bawah ini!

Manfaat Olahraga Angkat Beban

1. Meningkatkan Kekuatan

Journal of Musculoskeletal and Neunoral Interaksi menerbitkan sebuah hasil penelitian, jika latihan angkat beban bisa untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas, terutama untuk para perempuan yang baru memulai olahraga ini. Latihan ini akan memungkinkan Anda untuk memakai otot-otot pada bagian depan dan belakang tubuh serta melindungi sendi dari stress dan cedera tidak diperlukan.

2. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Apabila Anda mempunyai postur tubuh tidak ideal, olahraga ini bisa untuk mempertahankan postur tubuh Anda pada posisi normal karena bisa untuk menguatkan punggung, kaki dan otot inti Anda. Dengan begitu, bisa membuat Anda berjalan dengan tegak, dan duduk dengan bahu yang lurus.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Mempraktikkan latihan olahraga ini ternyata mampu untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Angkat besi dengan skala yang lumayan berat akan membantu dalam meningkatkan massa otot yang tanpa lemak, yang mana nantinya akan meningkatkan metabolisme tubuh serta membuat tubuh menjadi lebih efisien di dalam membakar kalori yang lebih banyak.

Nah, demikian pembahasan tentang olahraga angkat besi. Sangat menarik bukan, olahraga yang satu ini? Indonesia sendiri mempunyai banyak atlet angkat besi yang berhasil mengharumkan nama negara dengan membawa kemenangan di berbagai ajang kompetisi internasional, salah satunya Eko Yuli Irawan yang berhasil menyabet Medali Emas Asian Games 2018. Untuk anda yang juga tertarik dengan olahraga takraw, jangan lupa untuk mempelajari 9 Teknik Dasar Sepak Takraw yang cocok untuk pemula sekalipun. Selamat Mencoba!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *