9 Teknik Dasar Sepak Takraw Yang Cocok Untuk Pemula

teknik dasar sepak takraw
teknik dasar sepak takraw

Apa saja Teknik Dasar Sepak Takraw yang mudah dipelajari oleh pemula ?. Sepak takraw adalah jenis olahraga yang mengombinasikan bola voli serta sepak bola yang permainannya di lapangan ganda badminton. Asal dari permainan ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Melayu. Dalam Bahasa Melayu, olahraga yang satu ini dikenal dengan nama sepak raga. Di beberapa negara, sepak takraw juga dimainkan dengan istilah berbeda.

Di negara Laos misalnya, olahraga ini disebut Maradong. Lalu di Thailand, sebutannya adalah takraw. Sedangkan di Filipina namanya adalah Sipa. Bola yang digunakan untuk olahraga ini adalah bola yang terbuat dari anyaman rotan, lalu para pemainnya harus berdiri dan membentuk lingkaran.

Bacaan Lainnya

Nah, lalu bagaimana dengan teknik dasar sepak takraw? Di artikel ini akan membahas sedikit mengenai itu. Namun sebelumnya, mari ketahui dahulu tentang apa itu olahraga sepak takraw. Penasaran? Simak pembahasan di bawah sampai selesai!

Pengertian Olahraga Sepak Takraw

Sepak takraw adalah olahraga yang memakai bola dari rotan yang dimainkan dengan kaki serta semua anggota tubuh kecuali tangan. Permainan dilakukan oleh dua tim atau regu yang masing-masing terdiri dari tiga orang pemain di lapangan yang bentuknya persegi panjang dan bagian tengahnya dibatasi net atau jaring. Salah satu regu akan dinyatakan menang jika berhasil untuk memasukkan serta mengembalikan bola dengan sedemikian rupa agar bola bisa untuk jatuh di bagian lapangan lawan tanpa bisa untuk dikembalikan lagi.

Sepak Takraw merupakan olahraga yang berasal dari Melayu, Indonesia dan Malaysia yang lalu meluas hingga ke Semenanjung Indo-Cina yaitu Thailand, Myanmar, Cina dan Filipina. Sepak takraw di Indonesia serta Malaysia mulai untuk dimainkan pada abad VX dengan sebutan Sepak Raga. Istilah sepak sendiri dari Bahasa Melayu yang mempunyai arti menendang, sementara takraw berasal dari Bahasa Thailand yang mempunyai arti bola anyaman. Dengan begitu, secara harfiah sepak takraw merupakan olahraga menendang bola anyaman.

Ada cukup banyak pengertian dari sepak takraw menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

  • Menurut Iyakrus (2012:1), olahraga sepak takraw adalah suatu permainan yang memakai bola terbuat dari rotan yang mana dimainkan di lapangan dengan ukuran 13,42 m serta lebar 6,1 m.
  • Menurut Sulaiman (2004:4), olahraga sepak takraw adalah permainan yang memakai bola dari rotan dan dimainkan di lapangan datar dengan ukuran panjang 13,40 m, serta lebar 6,10 m. Lalu pada tengah-tengah lapangan dibatasi dengan net yang tingginya 1,55 m.
  • Menurut PB. PERSETASI (1999:16), olahraga sepak takraw adalah cabang olahraga tim atau beregu yang dimainkan di lapangan datar empat persegi panjang, baik di tempat yang terbuka ataupun tertutup yang bebas rintangan.

9 Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw

Setelah mengetahui pengertian dari sepak takraw dan juga pengertian dari beberapa ahli, selanjutnya yang perlu diketahui adalah teknik dasar sepak takraw. Sama seperti olahraga permainan lainnya, sepak takraw juga memiliki teknik-teknik dasar yang sebaiknya memang diketahui. Teknik-teknik tersebut sebagai berikut:

1. Teknik Dasar Sepak Sila

Sepak sila merupakan teknik menyepak bola dengan memakai kaki bagian dalam yang gunanya menerima serta menimang bola, juga mengumpan, lalu menyelamatkan bola serangan lawan.

2. Teknik Takraw Sepak Kuda (Sepak Kura)

Sepak kuda atau yang disebut juga dengan sepak kura merupakan sepakan yang memakai kura kaki atau punggung kaki. Sepakan ini digunakan untuk mengontrol, menimang atau memainkan bola yang datangnya dengan posisi rendah dan keras atau kencang, dan ketika mengawal ataupun menguasai dalam upaya untuk menyelamatkan bola.

3. Teknik Takraw Sepak Cungkil

Sepak cungkil merupakan teknik menyepak bola dengan memakai kaki atau jari kaki. Teknik ini dipakai mengambil bola jauh, rendah serta bola-bola liar yang merupakan pantulan dari bloking.

4. Teknik Menapak

Menapak adalah teknik menyepak bola dengan memakai telapak kaki. Teknik ini dipakai untuk melakukan smash ke pihak lawan, menahan ataupun membloking smash dari lawan serta menyelamatkan bola yang berada dekat net atau jaring.

5. Teknik Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Sepak badek atau yang dikenal dengan sebutan sepak simpuh adalah teknik menyepak bola dengan memakai kaki bagian luar atau bagian samping luar. Teknik dipakai menyelamatkan bola dari lawan serta melakukan kontrol bola di dalam upaya penyelamatan.

6. Main Kepala (heading)

Main Kepala atau heading adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan kepala. Teknik ini dipakai menerima bola pertama dari lawan dan melakukan penyelamatan bola dari serangan lawan.

7. Teknik Mendada

Mendada adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan dada. Teknik digunakan untuk melakukan kontrol bola untuk bisa dimainkan yang selanjutnya.

8. Teknik Memaha

Memaha adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan paha dalam upaya untuk melakukan kontrol bola. Teknik ini dipakai untuk menahan, menerima serta menyelamatkan bola yang berasal dari serangan lawan.

9. Teknik Membahu

Membahu adalah teknik memainkan bola dengan menggunakan bahu di dalam upaya melakukan pertahanan dari serangan lawan secara mendadak, dimana pihak yang bertahan dalam keadaan yang terdesak dan di dalam posisi kurang baik dan kurang menguntungkan.

Nah, demikian pembahasan tentang sepak takraw dan teknik dasar sepak takraw. Jangan lupa untuk mempelajari juga jenis-jenis Seni Bela Diri Populer dari berbagai belahan Dunia ya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *