5 Cabang Olahraga Atletik Paling Populer

Cabang Olahraga Atletik
Cabang Olahraga Atletik

Cabang olahraga atletik jumlahnya ada  banyak jenisnya. Mulai dari lari, jalan, lompat dan lempar lembing semua masuk dalam cabang olahraga atletik. Cabang-cabang olahraga tersebut juga terbagi menjadi 4 kategori besar yaitu nomor lari, jalan, lompat serta lempar.

Pengertian Olahraga Atletik

Cabang olahraga atletik sangat beragam. Atletik sendiri merupakan salah satu olahraga yang tertua di dunia. Atletik mulanya berasal dari bahasa Yunani yaitu athlon. Athlon artinya berlomba atau biasa juga dikenal dengan berlari. Olahraga atletik juga terbagi menjadi 4 nomor besar seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bacaan Lainnya

Keempat nomor besar olahraga atletik terbagi lagi menjadi beberapa cabang olahraga atletik. Jika kita menghitung secara keseluruhan maka akan ada puluhan cabang atletik. Pada pertandingan SEA games saja puluhan cabang atletik telah dilombakan.

Namun tidak semua cabang olahraga atletik yang diperlombakan pada olimpiade sea games cukup populer. Berikut ini kami rangkumkan beberapa cabang olahraga atletik yang yang cukup populer dan banyak diperlombakan dalam pertanian atau olimpiade.

5 Jenis Cabang Olahraga Atletik

Olahraga Nomor Jalan – Jalan Cepat

Salah satu cabang atletik yang paling populer berasal dari nomor Jalan yaitu jalan cepat. Jalan cepat memiliki aturan tersendiri. Saat melakukan olahraga jalan cepat atlet terlihat seperti sedang berlari kecil.

Ketika melakukan olahraga jalan cepat, kaki harus menyentuh tanah dan siku membentuk sudut 90° layaknya ketika seseorang sedang melakukan olahraga jogging. Dan saat melakukan olahraga jalan cepat pinggul serta bahu dari peserta haruslah fleksibel.

Sprint Atau Lari Jarak Pendek

Cabang olahraga atletik yang cukup difavoritkan juga yaitu pada nomor lari. Olahraga sprint atau lari jarak pendek merupakan salah satu olahraga atletik yang  paling populer untuk dilombakan.

Harmonisasi pada saat melakukan sprint sangatlah penting. Panjang langkah serta kecepatan kaki menjadi kunci utama dari perlombaan ini. Atlet juga harus menyesuaikan kecondongan badan serta gerakan start yang sesuai untuk dapat mencapai finish yang maksimal.

Pemenang kejuaraan lari cepat 100 m bahkan meraih gelar kehormatan setelah memenangkan perlombaan sprint. Atlet harus dapat mengatur keseimbangan antara tungkai serta lengan. Pada cabang olahraga atletik sprint, pelari juga harus dapat mengatur pernafasan yang baik.

Jarak tempuh untuk lari jarak pendek cukup bervariasi tergantung dari olimpiade yang sering dilombakan. Umumnya lari lari jarak pendek dibagi menjadi 100 m, 200 m hingga 400 meter.

Lari Jarak Menengah

Cabang olahraga atletik Lari jarak menengah juga merupakan olahraga yang sering dilombakan dalam perlombaan resmi dunia. Teknik pada lari jarak menengah dan jarak pendek umumnya sama. Hanya saja atlet harus pandai untuk menentukan teknik mana yang akan digunakan karena jarak tempuh lari pendek dan lari jarak menengah cukup berbeda.

Lari jarak menengah biasanya dibagi menjadi 2 jarak tempuh. Umumnya dalam perlombaan lari jarak menengah Jarak yang harus ditempuh atlet adalah 800 m dan 1500 m. Pada lari jarak menengah kunci dari keberhasilan atlet adalah pernafasan yang baik.

Lari Jarak Jauh atau Marathon

Marathon merupakan cabang olahraga atletik yang paling dikenal oleh masyarakat. Pemenang pada pelari maraton ditentukan dari waktu tempuh atlet untuk mencapai garis finish. Namun untuk melakukan lari maraton terdapat teknik khusus yang harus dikuasai oleh atlet.

Meski berlomba dengan waktu, para atlet maraton biasanya tidak berlari dengan cepat. Umumnya pelari maraton akan mengatur pernapasan serta kecepatan lari dengan baik untuk mencapai garis finish. Biasanya pelari maraton akan berlari dengan kecepatan stabil namun tidak terlalu cepat agar menjadi pemenang lomba maraton.

Tujuan dengan berlari dengan stabil dan tidak terlalu cepat adalah agar pelari tidak kehabisan energi serta nafas sebelum mencapai garis finish. Teknik ini merupakan teknik umum yang biasanya diketahui oleh setiap pelari maraton.

Lompat

Lompat jauh adalah cabang olahraga atletik dari nomor lompat. Olahraga ini terbagi menjadi dua yaitu lompat horizontal serta lompat vertikal. Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam lompat horizontal.

Pada lompat jauh atlet harus melempar kan badannya sejauh mungkin ke depan. Kunci dari keberhasilan lompat jauh adalah tumpuan kaki saat melakukan tolakan serta berat badan atlet. Titik berat badan atlet harus menjadi senjata yang dapat membawa atlet kepada kemenangan.

Pada lompat jauh atlet harus memindahkan badannya sejauh mungkin ke depan. Lompat jauh cukup bertolak belakang dengan lompat tinggi yang masuk dalam cabang lompat vertikal. Pada lompat tinggi atlet harus memindahkan badannya setinggi mungkin yang ia bisa untuk mencapai kemenangan.

Itulah tadi beberapa kategori atletik yang paling populer serta banyak dilombakan pada olimpiade terutama sea games. Meski banyak sekali cabang atletik namun sebenarnya semuanya dibagi menjadi 4 nomor yaitu lari, jalan, lompat serta lempar. Masing-masing olahraga tersebut, terkumpul di dalam satu Lapangan Atletik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *