10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola yang Wajib Diketahui
10 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Sebagian besar masyarakat dunia pernah mendengar atau mengetahui permainan sepak bola dan futsal. Sekilas kedua olahraga ini sama, padahal terdapat beberapa perbedaan futsal dan sepak bola. 

Kedua permainan tersebut termasuk cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Sepak bola biasanya dimainkan di lapangan rumput atau lapangan besar. Selain sepak bola dikenal pula permainan atau olahraga futsal atau sepak bola versi mini. 

Bacaan Lainnya

Bagi mereka yang sulit mendapatkan lapangan cukup luas untuk bermain sepak bola, permainan futsal menjadi alternatif. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan sepak bola dan futsal. Simak penjelasannya supaya kamu paham.

Baca Juga: 100+ Nama Tim Futsal Keren, Dijamin Bikin Semangat

Beragam Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

  • Lapangan

Perbedaan sepak bola dan futsal yang paling mudah diamati yaitu lapangan. Luas lapangan sepak bola lebih luas dibandingkan lapangan futsal. Ukuran lapangan futsal yakni panjang 25-42 m dan lebar 15-25 m serta ukuran menurut standar internasional sekitar panjang 38-42 m dan lebar 18-25 m.

  • Jumlah pemain

Baik sepak bola maupun futsal sama-sama dimainkan oleh 2 regu. Bedanya, pada permainan sepak bola setiap regu berjumlah sebelas orang atau minimal tujuh orang termasuk kiper sedangkan jumlah pemain futsal setiap regu terdiri atas lima orang termasuk kiper.

  • Waktu dan durasi permainan

Salah satu perbedaan dalam aturan permainan futsal dengan sepak bola yaitu pada waktu dan durasi permainan. Meskipun sama-sama dimainkan dalam dua babak, namun permainan sepak bola berdurasi selama 2 x 45 menit dan waktu berjalan (running clock). 

Sementara itu, permainan futsal berdurasi lebih singkat yaitu 2 x 20 menit serta waktu stopped clock dioperasikan oleh time keeper.

Baca Juga: 6 Pemain Futsal Terbaik Dunia, Siapa Saja?

  • Pergantian pemain

Perbedaan futsal dan sepak bola lainnya yaitu terkait pergantian pemainnya. Dalam permainan sepak bola pergantian pemain boleh dilakukan maksimal tiga kali sedangkan pada futsal tidak ada batasan.

  • Bola

Sepak bola menggunakan bola berdiameter 68-70 cm dan berat 410-450 gram. Lain halnya dengan bola pada permainan futsal yang ukuran bolanya lebih kecil yakni berdiameter berkisar 62-64 cm dengan berat 400-440 gram.

  • Pelanggaran

Bila dalam futsal ada batasan lima kali pelanggaran maka dalam permainan sepak bola tidak ada batasan pelanggaran. Pemain sepak bola yang mendapat kartu merah tidak bisa diganti pemain lain sedangkan pada olahraga futsal, pemain yang mendapat kartu merah boleh diganti pemain lain setelah 2 menit atau jika tim lawan mencetak gol.

  • Kontak fisik

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola berikutnya yakni dalam hal kontak fisik. Kontak fisik dalam sepak bola diperbolehkan asalkan masih dalam batas wajar. Berbeda dengan futsal yang melarang adanya kontak fisik antar pemain.

  • Time Out

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola pada Time out adalah jeda waktu. Pada sepak bola tidak ada time out. Pada permainan futsal terdapat time out yaitu sekali time out tiap babak. Setiap tim futsal berhak meminta waktu untuk time out selama satu menit di setiap babak. Tim yang tidak meminta time out pada babak pertama bisa mendapatkannya pada babak kedua.

  • Sepak pojok

Sepak pojok pada permainan sepak bola dilakukan di area korner. Sepak pojok dalam permainan futsal dilakukan di sudut korner.

  • Aturan offside

Perbedaan futsal dan sepak bola lainnya yaitu pada aturan offside. Perlu diketahui bahwa, offside adalah salah satu aturan sepak bola, yang terkodifikasi dalam Hukum ke-11 dari Laws of the Game.

Baca Juga: Ukuran Bola Futsal: Sejarah Dan Ukuran Standar Bola

Offside merupakan kondisi ketika seorang pemain berada di luar area permainan, apabila tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu tim, dengan keadaan pemain tersebut berada mendahului pemain paling belakang dari tim lawan dan apabila pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.  Dalam olahraga sepak bola berlaku aturan offside sedangkan futsal tidak berlaku.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *