Penjaskes Dan Hal Menarik Untuk Anda Ketahui

Penjaskes
Penjaskes

Penjaskes atau singkatan dari pendidikan jasmani dan kesehatan, istilah ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Ya bidang ini merupakan salah 1 materi yang diajarkan di sekolah, yang lebih dikenal dengan pelajaran olahraga. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya pelajaran ini memiliki makna yang mendalam lebih daripada hanya sekedar olahraga. Kedalaman makna itu bisa anda ketahui dari beberapa penjabaran berikut :

Penjaskes Dan Serba-Serbinya yang Menarik Untuk Anda Ketahui

Pengertian Penjaskes

Menurut beberapa ahli  inilah beberapa definisi dari  Penjaskes  :

Bacaan Lainnya

Menurut Sukintaka, pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan salah 1 bagian dari pendidikan secara umum. Tujuan dari pendidikan dalam ruang lingkup ini adalah memiliki fokus utama untuk mencapai kesehatan jasmani. Namun tidak hanya sampai di situ, pendidikan tersebut juga berguna untuk kesehatan mental, sosial, serta emosional. Fungsi tersebut berlaku secara menyeluruh bagi orang yang terlibat di dalamnya

Menurut Samsudin, pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan suatu proses pembelajaran melalui rangkaian pengondisian aktivitas yang melibatkan kemampuan fisik. Pengondisian ini didesain sedemikian rupa untuk :

  1. mencapai jasmani yang lebih bugar, tidak cepat lelah saat beraktivitas
  2. Melatih dan mengembangkan saraf-saraf motorik dalam tubuh. Misalnya daya refleks
  3. Menanamkan sejak dini tentang pentingnya perilaku hidup sehat dan sikap sportif dalam hidup sehari-hari
  4. Melatih kecerdasan emosi.

Firmansyah mendefinisikan pendidikan jasmani dan kesehatan sebagai proses yang melibatkan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan. Interaksi ini terbentuk melalui pengondisian secara sistematis untuk lebih mengembangkan aktivitas jasmani peserta didik yang terlibat. Diharapkan lewat media tersebut dapat membentuk peserta didik menjadi manusia seutuhnya tidak hanya fisik tapi juga psikologis yang sehat.

Tujuan Penjaskes

Berdasarkan definisi-definisi di atas, tujuan dari pendidikan dan pelatihan jasmani dibagi atas 4 jenis yaitu :

Melatih dan Mengembangkan Berbagai Aspek Dalam Fisik

Saat seseorang melatih fisiknya dapat membuat kinerja  beberapa komponen di dalamnya menjadi lebih efisien. Komponen ini misalnya : otot, tulang, peredaran darah, paru-paru, dan masih banyak lainnya. Saat komponen-komponen tersebut lebih efisien maka aspek-aspek dari fisik anda juga akan meningkat. Misalnya :

Aspek Kekuatan dan Daya Tahan yang Meliputi :
  • Meningkatkan kekuatan otot sehingga anda tidak akan cepat lelah saat menjalani aktivitas yang padat. Selain itu juga latihan fisik dapat menstimulasi otot-otot anda lebih kuat saat anda harus mengangkat benda yang berat
  • Meningkatkan VO2 maks (kapasitas penyerapan oksigen) paru-paru. Pernafasan yang baik juga berpengaruh pada stamina seseorang. Oleh karena itulah dalam setiap latihan fisik juga diajarkan cara mengondisikan ritme pernafasan tetap teratur. Dengan ritme yang teratur maka paru-paru anda dapat menyerap oksigen lebih efektif
Aspek Perkembangan Gerak.

Dalam penjaskes bukan melulu soal melatih fisik sampai berkeringat dan nafas terengah-engah. Namun anda juga akan diajarkan  melakukan olahraga dengan cara yang benar bukan asal berlarian ke sana kemari.  Pengondisian ini memiliki tujuan :

  • Mencegah fisik anda cedera saat berolah raga
  • Mengefisienkan pergerakan yang anda lakukan /lebih skillfull. Dengan gerak tubuh yang lebih efisien, anda dapat lebih menghemat stamina.

Perkembangan Mental dan Emosional

Olahraga dapat melancarkan peredaran darah termasuk ke otak. Anda dapat berpikir lebih jernih dan mengolah stress dengan lebih baik. Selain itu khususnya dalam olahraga yang bersifat kompetitif seperti sepak bola dan basket, juga dapat melatih anda dalam pengambilan  keputusan. Kapan harus mengoper atau menggiring bola sendiri. Selain itu pada olahraga tim seperti ini, anda dididik untuk bekerja sama dalam tim dengan cara :

  1. Berlatih mengendalikan ego demi kemenangan tim
  2. Berlatih mengendalikan emosi, tetap tenang saat terjadi konflik dalam tim

Ruang lingkup penjaskes

Menurut Badan Nasional Satuan Pendidikan, pendidikan jasmani dan kesehatan memiliki ruang lingkup dengan cakupan yang meliputi :

Permainan dan olahraga, yang terdiri atas :

  1. Permainan tradisional yang khususnya mengharuskan semua bagian tubuh untuk bergerak.
  2. Olahraga yang melibatkan keterampilan fisik untuk melakukan pergerakan/lokomotor ataupun tidak melakukan pergerakan /nonlokomotor.  Termasuk di dalamnya adalah ketrampilan manipulatif, yaitu kemampuan untuk menjauhkan suatu objek dari posisi kita. Ketrampilan manipulatif ini bisa anda lihat pada permainan yang melibatkan bola.

Aktivitas Senam

Meliputi pelatihan untuk ketangkasan dengan atau tanpa alat, senam lantai, dll.

Pendidikan Luar Sekolah

Aktivitas luar sekolah yang dikategorikan sebagai penjaskes berfokus pada hal yang melibatkan pengenalan lingkungan alam.  Contohnya piknik/karyawisata, aktivitas perkemahan, pendakian gunung, outbound

Kesehatan

Maksud dari kesehatan di sini adalah menjaga tubuh dengan cara mengondisikan faktor eksternal seperti :

  1. Menjaga kebersihan lingkungan
  2. Memilih makanan dan minuman yang sehat
  3. Mengatur waktu istirahat yang cukup dan berkualitas

Itulah beberapa hal tetang Penjasket dan beragam hal menarik lainnya yang perlu anda ketahui. Selain Pejaskes secara umum, Olahfisik.id juga memberikan Materi Pencak Silat yang bisa anda pelajari secara umum sebagai basis pengetahuan tentang Silat di Indonesia maupun Mancanegara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *