Sejarah Lahirnya Olahraga Berkuda

olahraga berkuda
olahraga berkuda

Olahraga berkuda merupakan jenis olahraga yang menggunakan seekor kuda sebagai media untuk melakukan olahraga tersebut, aktifitas ini sering kita jumpai di era modern saat ini. Mungkin anda pernah setidaknya melihat jenis olahraga ini di televisi maupun surat kabar yang memberitakan, tentang atlet yang bernama Njoto Dewi Kunti Setiowati dan kudanya yang bernama Diamond Boy 8 yang berjuang di Asian Games pada tahun 2018 silam.

Pengertian Olahraga Berkuda

Penjabaran dari olahraga ini sendiri adalah suatu kegiatan atau aktifitas dimana manusia mampu menunggangi serta mengendarai dengan menggunakan seekor kuda. Berkuda sendiri olahraga yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Dalam keadaan ini penunggang harus memiliki keseimbangan yang baik saat menunggangi kuda. Bukan hanya itu saja koordinasi yang baik serta penguasaan teknik dasar berkuda, keserasian ketika menunggang kuda dan kemampuan yang mahir dalam mengendalikan kuda.

Bacaan Lainnya

Menunggang kuda pada awalnya hanya digunakan sebagai alat transportasi untuk membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Namun seiring berkembangnya zaman kuda saat ini lebih sering digunakan untuk ajang olahraga atau rekreasi. Berkuda tidak harus professional, anda juga dapat mencoba menunggangi kuda dan bisa didampingi instruktur saat mengendarai kuda. Olahraga ini juga bisa dijadikan ajang untuk menghilangkan penat karena bekerja, serta membentuk rasa kasih sayang kita terhadap sesama makhluk hidup.

Sejarah Olahraga Berkuda Yang Ada Di Negara-Negara Lain

Berbicara mengenai balap kuda sendiri memiliki sejarah yang panjang dan terhormat di berbagai belahan dunia, berikut sejarah munculnya :

  1. Balap kereta kuda adalah salah satu contoh olahraga kuno yang favorit di masyarakat Yunani dan Romawi. Prinsip-prinsip dasar berkuda sendiri diciptakan oleh bangsa Yunani pada sekitar abad 400 SM dan sampai sekarang masih menjadi dasar dalam berkuda. Hal ini tidak lepas dari fakta kuda yang banyak dimanfaatkan sebagai alat transportasi maupun kendaraan dalam peperangan. Penunggang-penunggang terbaik biasanya banyak yang berasal dari Yunani maupun Romawi.
  2. Memasuki masa Renaissance, ialah masa pada tahun 1300an dimana masa tersebut banyak masyarakat bangsa eropa yang belajar teknik menunggangi kuda.
  3. Pada tahun 1532 di kota Napoli (Naple) di Italia mendirikan sekolah berkuda pertama kali oleh Fredrico Gizone.
  4. Olahraga polo berkuda merupakan olahraga beregu paling tua, polo pertama kali dimainkan pada abad ke 6 SM di daerah Persia (Iran). Masa itu Kerajaan Turkoman berhasil mengalahkan Kerajaan Persia dalam pertandingan yang disaksikan oleh masyarakat umum.
  5. Di Negara Inggris sendiri menjadi olahraga kaum favorit bangsawan inggris dengan julukan Sport of Kings.
  6. Perancis juga menjadi salah sebuah kiblat perkembangan olahraga berkuda dengan sekolah berkuda yang didirikan di Versailles dan Saumur.

Teknik Berkuda

Berikut diantaranya teknik tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Teknik Tunggang Serasi (Dressage)

Teknik yang pertama adalah teknik dasar dalam olahraga kuda untuk menjaga keserasian baik dari penunggang ataupun dari kuda itu sendiri pada saat melakukan suatu gerakan. Teknik ini menuntut kelincahan si penunggang dan ketrampilan serta pengalaman penunggang itu sendiri, sehingga memunculkan gerakan yang seolah-olah kuda bergerak atas dasar keinginan si kuda.

  1. Teknik Lompat Rintang (Showjumping)

Teknik lompat rintang merupakan teknik yang bertujuan untuk melakukan lompat rintang dalam menyelesaikan sebuah medan atau lintasan yang telah ditentukan oleh kompetisi. Lintasannya pun juga berbeda tergantung tingkat kesulitan maupun tipe pertandingan yang diselenggarakan, akan tetapi tetap mengacu pada standar yang telah ditetapkan. Panjang lintasan minimal yang diizinkan adalah 150 m, sedangkan untuk panjang maksimal 1200m. Di sisi lain luas arena standar internasional adalah 90 x 45 meter, dengan alas pasir atau rumput hijau.

  1. Teknik Trilomba ( Eventing)

Eventing merupakan teknik berkuda yang mengkombinasikan beberapa nomor berkuda, yakni tunggang serasi (dressage), lintas alam (cross-country) dan lompat rintang(showjumping). Eventing bisa berlangsung beberapa hari dikarenakan jenis lomba lebih dari satu.

  1. Teknik Endurance

Teknik Endurance ialah teknik dimana kompetisi yang bersifat maraton untuk para penunggang kuda, guna menguji ketahanan fisik kuda serta penunggangnya dalam melintasi berbagai permukaan dengan jarak yang cukup jauh. Maka dari itu kondisi penunggang dan kuda benar-benar harus kuat dan sehat.

Jenis olahraga Yang menggunakan Kuda

Dibawah ini adalah jenis-jenis dalam berkuda :

  1. Jenis Polo Berkuda

Olahraga ini dimainkan dengan cara penunggang mencetak gol ke dalam gawang lawan layaknya sepak bola dengan menggunakan seekor kuda

  1. Gymkhana Berkuda

Gymkhana merupakan permainan berkuda yang dilaksanakan oleh penunggang remaja dalam kecepatan yang tinggi untuk melewati maupun mengitari rintangan dalam menunggang kuda.

  1. Equestrian (Ketangkasan Berkuda)

Ketangkasan disini adalah melibatkan penunggang dan kuda untuk saling berinteraksi supaya terjalin kerjasama yang kuat untuk mencapai garis finish. Tidak jarang juga olahraga berkuda dikombinasikan dengan Teknik Memanah jika anda sudah Pro dalam berkuda.

Diatas merupakan uraian mengenai Olahraga Berkuda dari saya, terima kasih untuk anda karena telah membaca artikel saya. Sampai jumpa kembali di waktu berikutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *