Jarak Lari Estafet: Peraturan Jarak Dan Teknik Lari

Jarak Lari Estafet
Jarak Lari Estafet

Jarak Lari Estafet terbilang penting untuk diketahui karena pastinya jenis olahraga lari yang satu ini sudah pernah dipraktekkan ketika masih sekolah karena termasuk kedalam bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Hal – Hal Penting Dalam Estafet

Apa Itu Lari Estafet?

Sebelum mengetahui tentang berapakah Jarak Lari Estafet, maka alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dulu mengenai definisi atau pengertian dari lari estafet itu sendiri. Lari estafet adalah cabang olahraga lari dimana dimainkan secara team dan secara estafet.

Bacaan Lainnya

Umumnya lari estafet berisi 4 orang. Setiap pelari akan menempati masing – masing post. Dimulai dari pelari pertama akan berlari menuju pelari kedua kemudian memberikan tongkat estafet ketika sudah mencapai pelari kedua. Begitupun seterusnya sampai dengan pelari keempat.

Sedangkan pelari keempat atau yang terakhir akan menjadi penentu apakah akan menjadi pemenang atau tidak. Sehingga harus berusaha agar bisa menjadi yang pertama mencapai garis finish.

Namun tentunya peluang menang atau tidaknya tidak hanya ditentukan oleh pelari terakhir. Karena ketentuan pemenang juga berkaitan sejak awal mulai dari pelari pertama serta apakah memenuhi semua peraturan yang berlaku atau tidak.

Sehingga dalam lari estafet ini tak hanya dibutuhkan kecepatan saja, namun juga kerja sama team yang baik. Jarak Lari Estafet tak akan menjadi kendala asalkan kerjasama team yang dilakukan berjalan dengan baik.

Peraturan Dan Jarak Dalam Lari Estafet

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa meskipun hanya lomba lari namun untuk lari estafet sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa aturan khusus yang wajib dipatuhi oleh para peserta lari estafet agar point untuk menuju kemenangan lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa aturan yang umumnya digunakan dalam lomba lari estafet.

  • Pelari pertama harus menggunakan start jongkok.
  • Pelari, kedua dan seterusnya menggunakan start berdiri.
  • Jarak yang ditempuh adalah 4 x 100 meter.
  • Pergantian tongkat estafet dilakukan pada jarak 20 meter dengan lebar 1.2 meter.
  • Ukuran tongkat estafet adalah 30cm (panjang) dan 4cm (diameter).
  • Jika pada saat lari tongkat estafet terjatuh, maka pelari diperbolehkan mengambil.
  • Jarak Lari Estafet sepanjang 400 meter terdiri atas 6 hingga 10 jalur lintasan (outdoor).
  • Sedangkan jarak lintasan indoor sepanjang 200meter dengan lintasan sebanyak 4 hingga 8 jalur lintasan.
  • Tidak diperbolehkan menghalangi lawan dengan cara apapun.

Dengan penjelasan diatas maka bisa disimpulkan bahwa lari estafet tidak sesederhana yang dibayangkan. Karena walaupun menjadi team tercepat, namun jika tidak memenuhi persyaratan maka secara otomatis akan didiskualifikasi alias gugur.

Teknik yang Digunakan Dalam Estafet

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa selain tentang Jarak Lari Estafet, hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai tehnik – tehnik yang harus diterapkan pada saat perlombaan lari estafet ini. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Posisi pelari pertama menggunakan start jongkok. Usahakan posisi sudah benar yaitu tangan harus berada dibelakang garis start serta tongkat estafet tidak boleh menyentuh garis start tersebut.
  • Teknik dalam memberikan tongkat estafet adalah menggunakan tangan sebelah kanan, sedangkan ketika berlari posisi tongkat estafet harus diayunkan maju dan kebelakang.
  • Teknik dalam menerima tongkat estafet yaitu pastikan tangan berada pada posisi dibawah. Posisi kepala menoleh ke arah pelari yang membawa estafet (belakang) serta posisi badan adalah siap untuk berlari.

Dengan memperhatikan dan menerapkan beberapa teknik diatas maka akan memperbesar peluang team anda untuk menang serta meminimalisir kemungkinan terkena diskualifikasi.

Manfaat Lari Estafet

Sama seperti olahraga pada umumnya, lari estafet juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  • Dengan berlari maka akan membuat kinerja jantung meningkat sehingga sangat baik untuk melancarkan dan menjaga metabolisme tubuh.
  • Saat berlari secara otomatis tubuh melakukan banyak gerakan dimana hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih baik dan lancar.
  • Bergerak dalam berlari juga bisa membuat tubuh menjadi berkeringat sehingga membuat tubuh lebih fit dan bugar.
  • Dengan tubuh yang sehat maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.
  • Berat badan lebih proporsiona karena saat berlari membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Jika tubuh fit dan sehat maka akan membuat stamina lebih bagus sehingga tubuh lebih gesit tidak mudah loyo atau lesu.

Sebenarnya mungkin masih banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan olahraga lari estafet ini. Dengan menempuh Jarak Lari Estafet maka tubuh bisa mendapatkan banyak sekali manfaat positif yang sangat berdampak baik bagi kesehatan. Hanya saja, pastikan bahwa sebelum anda menempuh Jarak Lari Estafet ini kondisi tubuh anda dalam keadaan yang  fit dan sehat agar menghindari beragam resiko yang tidak diinginkan nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *