7 Rekomendasi Olahraga Air Dan Manfaatnya

Olahraga Air
Olahraga Air

Olahraga Air sebenarnya sudah bukan hal baru lagi. Hanya saja mungkin kebanyakan masyarakat masih jarang menekuni atau melalukan jenis olahraga yang satu ini. Agar lebih memahaminya, maka simak penjelasan mengenai manfaat dan jenis Olahraga Air di bawah ini.

Ketahui Manfaat Tersembunyi Dibalik Olahraga Air

Berbicara masalah kesehatan, memang hukumnya wajib untuk selalu dijaga. Apalagi menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti dengan menjaga menu makan, menjaga gaya hidup maintenance stress termasuk juga dengan berolahraga.

Bacaan Lainnya

Olahraga menjadi cara yang paling umum untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga, maka tubuh akan senantiasa fit sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun bagus maka secara otomatis tubuh anda tak akan mudah terserang penyakit.

Meskipun jenis olahraga sangatlah banyak, namun pada dasarnya setiap kegiatan ini memiliki tujuan olahraga yang sama yaitu menyehatkan tubuh. Tanpa terkecuali dengan Olahraga Air yang mana juga selain menyehatkan badan juga sekaligus bisa menyehatkan psikis. Mengapa begitu?

Jika kebanyakan olahraga terfokus pada proses pembakaran lemak, maka lain hal dengan olahraga yang dilakukan di air dimana lebih terasa menyenangkan serta rileks. Akibatnya mood atau emosi menjadi lebih tenang sehingga sangat baik untuk membantu kondisi psikologis. Sehingga olahraga air yang menyenangkan ini tak hanya memberikan efek sehat pada fisik saja namun Olahraga Air ini juga mampu menyehatkan mental atau psikologis anda.

Bosan Dengan Olahraga Biasa? Coba Beberapa  Jenis Olahraga Air Berikut!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat olahraga memang sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja sering kali orang merasa malas berolahraga karena beberapa alasan. Seperti tidak memiliki cukup waktu atau justru karena jenis olah raga terlalu menguras energi.

Untuk itulah anda perlu mencoba Olahraga Air yang mana selain membuat anda sehat juga bisa sekaligus sebagai media relaksasi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis olahraga air yang layak dicoba.

Olahraga Surfing (Selancar)

Siapa yang tak kenal berselancar. Olahraga yang satu ini tergolong jenis olahraga yang memacu nyali dan adrenalin. Hal ini karena anda harus berkutat dengan gulungan ombak besar dan tinggi yang mana bisa saja beresiko akan membuat anda tergulung kemudian tenggelam.

Namun olahraga ini sangat banyak peminatnya bahkan termasuk ke dalam jenis olahraga yang bisa ditandingkan atau turnamen kelas nasional maupun internasional. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali spot pantai yang bisa dijadikan sebagai lokasi surfing terbaik.

Olahraga Diving (Menyelam)

Menyelam sudah menjadi agenda khusus yang harus dilakukan ketika melakukan wisata bahari. Keindahan bawah laut Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Keragaman biota lautnya sangat memesona sehingga dengan melakukan olahraga selam atau diving ini anda bisa sekaligus menikmati ciptaan Tuhan yang luar biasa.

Snorkeling

Untuk anda yang belum cukup berani melakukan diving, maka anda bisa memilih snorkeling. Sebenarnya snorkeling juga kurang lebih sama dengan menyelam. Hanya saja kedalamannya masih tergolong dangkal.

Dengan melakukan olahraga snorkeling anda juga bisa sambil rileks menikmati pemandangan bawah laut yang jernih dan memanjakan mata.

Ski Air

Selain berselancar, olahraga air yang membutuhkan keberanian adalah Ski air. Olahraga ini mengharuskan anda naik di atas papan ski kemudian ditarik menggunakan perahu. Di sini anda akan dilatih bagaimana cara menjaga keseimbangan tubuh agar tak terjatuh.

Polo Air

Polo air tergolong olahraga team yang seru. Di dalam olahraga ini setiap team harus mengalahkan lawan dengan cara memasukkan bola ke gawang.

Permainannya pun terbilang menyenangkan karena mengombinasikan antara renang, voli serta basket. Kegiatan Polo Air ini bahkan sudah termasuk ke dalam kategori olahraga nasional.

Olahraga Arung Jeram

Aktifitas Fisik seru dan menantang selanjutnya adalah Arung Jeram. Olahraga ini menuntut anda agar siap secara fisik dan mental karena anda akan dibawa menyusuri sungai dengan kontur yang tak terduga.

Biasanya olahraga ini akan dilakukan dengan cara menaiki perahu boat. Akan ada beberapa orang yang memegang dayung untuk mengarahkan perahu agar tak tersangkut bebatuan sungai. Bahkan olahraga yang satu ini menjadi aalah satu daya tarik wisata di berbagai tempat di Indonesia.

Akan tetapi sebelum melakukan Arung Jeram ini, anda diwajibkan memastikan sudah mengenakan perlengkapan yang tepat. Terlebih jika anda pemula, maka harus didampingi instruktur yang tak hanya sudah berpengalaman dan profesional saja namun juga paham betul dengan medan yang akan dilewati selama Arung Jeram tersebut.

Renang Indah

Rekomendasi Olahraga Air yang terakhir yaitu Renang Indah. Sebenarnya sama saja dengan renang pada umumnya. Hanya saja pada renang indah ini anda diharuskan untuk melakukan gerakan – gerakan menyerupai senam dan ballet saat berada di dalam air.

Umumnya olahraga ini dilakukan oleh wanita. Sebenarnya bisa saja dilakukan secara perorangan, namun akan lebih indah lagi jika dilakukan secara team karena akan tampak kekompakan dan keindahan gerakannya.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis Olahraga Air yang bisa dicoba. Hanya saja beberapa rekomendasi di atas merupakan yang paling umum dilakukan sehingga layak untuk dicoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *