4 Tujuan Utama dalam Permainan Bola Basket dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

tujuan utama dalam permainan bola basket adalah
tujuan utama dalam permainan bola basket adalah

Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah mencetak poin dengan cara memasukan bola ke dalam ring lawan. Selain itu tujuan untuk memperoleh skor atas tim lawan, permainan bola basket juga memiliki tujuan lain, terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

Pada artikel kali ini akan diulas mengenai tujuan utama dalam permainan bola basket dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Mengenal permainan bola basket

Olahraga bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang populer diantara olahraga lainnya. Postur tubuh tinggi biasanya disangkut pautkan dengan salah satu ciri dari  pemain bola basket. Saat ini, permainan bola basket sudah dikenal  oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Permainan bola basket adalah salah satu jenis olahraga permainan yang dimainkan oleh regu yang saling berhadapan. Masing-masing regu terdiri atas lima orang pemain. Permainan dilakukan di sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang.

Baca Juga: Mengetahui Ukuran Panjang Lapangan Bola Basket FIBA, NBA, PERBASI

Bola basket dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti permainan bola yang dilakukan oleh dua regu, masing-masing terdiri atas lima pemain yang berusaha mengumpulkan angka dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Permainan bola basket dapat dilakukan di lapangan terbuka, walaupun pertandingan profesional pada umumnya dilakukan di dalam ruangan tertutup. permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola.

Apa tujuan permainan bola basket?

Bola basket dikenal sebagai olahraga yang membutuhkan kerjasama tim. Dengan cara ini mereka bisa memasukkan bola ke dalam ring dan mencetak banyak poin untuk kemenangan.

Dengan demikian, salah satu tujuan permainan bola basket adalah membangun kekompakan tim untuk mencapai kemenangan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring dan mencetak poin sebanyak-banyaknya. Selain itu, tujuan dari memainkan bola basket adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Tujuan utama dalam permainan bola basket adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri masing-masing pemain. Rasa percaya diri ini bisa diperoleh dari mana saja, bisa dari  setiap poin yang dicetak, dukungan, kemenangan, bahkan kekalahan.

  • Menjaga kestabilan emosi

Sama seperti jenis olahraga lainnya, salah satu tujuan utama dalam permainan bola basket adalah mampu menjaga kestabilan emosi. Hal ini diperlukan supaya permainan berjalan lancar dan tidak berantakan.

  • Melatih kekuatan otot tubuh

Dalam permainan bola basket memerlukan keahlian khusus seperti; dribble, passing dan juga berlari yang gesit. Semua aktivitas tersebut dapat meningkatkan stamina sekaligus melatih kekuatan otot tubuh.

  • Melatih sikap sportif

Berikutnya, tujuan utama dalam permainan bola basket adalah melatih sikap sportif. Dalam permainan bola basket diajarkan untuk bermain secara fair, menerima kekalahan, menghargai kemenangan lawan, dan juga tidak menahan emosi.

Baca Juga: Tujuan Menggiring Bola Tinggi dalam Bermain Basket adalah Menyerang, Ini Penjelasannya!

Manfaat permainan bola basket bagi kesehatan tubuh

Tak hanya memiliki tujuan utama, permainan bola basket juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, gerakan permainan bola basket melibatkan seluruh bagian tubuh. Adapun manfaat dari olahraga ini untuk kesehatan tubuh, seperti berikut:

  • Tinggi badan jadi bertambah

Ring basket yang diletakan tinggi membuat para pemain harus meloncat tinggi. Setiap pemain melakukan lompatan akan membuat tulang belakang, tulang kaki, dan otot kaki meregang sehingga tulang-tulang dalam tubuh akan memanjang dan tinggi badan pun jadi bertambah.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Olahraga ini menuntut pemain untuk berlari cepat, mengoper, menggiring bola, dan memasukkan bola ke dalam ring. Hal ini tentunya membutuhkan stamina dan tenaga yang cukup untuk menggunakan permainan ini sebagai tempat latihan kardio.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *