Lay Up Basket Tahapan dan Cara Meningkatkan Kemampuan

lay up basket
lay up basket

Salah satu cara atau teknik dalam basket yang perlu untuk dipelajari dan dilatih kemampuannya agar dapat bermain dengan baik yaitu lay up basket. Bagi Anda yang menginginkan untuk belajar cabang olahraga basket dan masih akan memulainya. Anda perlu untuk memperbanyak latihan serta membaca bagaimana melakukan teknik dengan benar. Saat ini, banyak pula tempat untuk semakin memahirkan diri dalam melakukan basket. Misalnya dapat juga dengan Anda memperhatikan video yang ada di internet dan mempraktekkannya secara langsung.

Untuk Anda yang sudah sering menonton pertandingan basket, tentu hal satu ini sudah tidak asing terdengar di telinga Anda.  Hal ini sebenarnya juga merupakan teknik dasar yang perlu untuk dikuasai oleh seorang pemain basket. Agar Anda dapat menjalankan permainan dengan baik dan juga semakin memiliki kemampuan yang cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

Mengenali Teknik Lay Up

Sebelum membahas lebih jauh tentang teknik yang digunakan saat melakukan lay up basket, perlu rasanya untuk Anda memahami dulu sebenarnya apa makna atau pengertian dari salah satu teknik dasar bermain basket ini. Istilah ini juga cukup terkenal dengan nama tembakan melayang di tengah masyarakat. Apalagi bagi para pecinta atau pemerhati olahraga basket. Teknik ini merupakan salah satu proses yang ada dalam sebuah permainan basket, dimana pemain mencoba untuk memasukkan bola basket yang mereka gunakan ke dalam ring dengan menggunakan. Baik tangan kanan maupun tangan kiri. Ada banyak cara dasar yang dapat dimanfaatkan oleh seorang pemain agar mereka dapat mencetak poin, salah satunya dengan menggunakan teknik paling dasar ini.

Dalam permainan basket, pemain akan selalu mencoba untuk menghasilkan poin sebaik mungkin agar dapat pulang membawa kemenangan. Agar Anda, sebagai seorang pemain basket, dapat mencetak poin tersebut maka perlu untuk menguasai berbagai macam kemampuan yang dapat membantu untuk mencetak banyak poin tambahan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan lay up basket ini. Cara yang dilakukan untuk teknik ini yaitu pemain melakukan dribble terhadap bola terlebih dahulu. Kemudian, pemain dapat melompat menggunakan kaki yang bergantian dan ketika melakukan lompatan yang kedua. Maka pemain dapat menembakkan bola ke dalam ring bersamaan dengan lompatan tersebut. Agar dapat lebih memahami teknik ini, maka dapat memperhatikan penjelasan selanjutnya.

Baca Juga: Tujuan Menggiring Bola Tinggi dalam Bermain Basket adalah Menyerang, Ini Penjelasannya!

Langkah Tepat dalam Melakukan Lay Up

Sebelum menguasai cara untuk melakukan lay up basket, akan lebih baik jika Anda menguasai kemampuan untuk menggiring bola dengan baik terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kemampuan dalam menggiring bola merupakan faktor utama yang dapat menunjang kesuksesan untuk melakukan lay up ini. Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika melalui garis tembakan bebas, giring bola dengan berhati-hati hingga Anda dapat mendekati ring.
  2. Setelah Anda semakin dekat dengan letak ring, maka tingkatkan kecepatan untuk berlari mendekati ring tersebut.
  3. Ketika melakukan langkah kedua, tembakan bola bersamaan dengan Anda mengangkat lutut yang kedua ke dalam ring.
  4. Agar bola dapat masuk ke dalam ring dengan sukses, Anda sebaiknya memfokuskan tembakan ke titik strategis yaitu sebelah kanan atau kiri dari persegi yang terdapat pada papan pantul. Area ini nantinya akan membantu untuk meredakan kerasnya pantulan dari bola yang ditembakkan oleh pemain tersebut sehingga bola akan lebih mudah untuk dapat masuk ke dalam ring dan mencetak poin baru.

Dalam melakukan teknik lay up basket, pastikan pula tubuh berada dalam keadaan yang lebih rileks dan tidak kaku. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kualitas dari tembakan yang dilakukan. Oleh karena itu, jika Anda bermain dalam keadaan yang rileks, maka pandangan dan pikiran akan menjadi lebih fokus sehingga mudah untuk menembakkan bola dan masuk ke dalam ring untuk mencetak poin.

Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Lay Up

Bagi Anda yang masih cukup awam dalam permainan bola basket ini. Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan melakukan teknik lay up basket. Beberapa cara tersebut diantaranya:

  1. Lompatan yang dilakukan dapat menjadi lebih tinggi agar badan dapat mencapai titik mendekati ring yang maksimal dan strategis. Anda dapat mencoba untuk melakukan lay up, baik dari sisi tangan kanan maupun sisi tangan kiri untuk mengenali mana yang lebih mudah untuk dilakukan.
  2. Ketika melakukan lay up basket, ada hal yang dapat dilatih yaitu mencoba untuk menyentuh pada papan ring bagian belakang. Hal ini untuk menghitung seberapa tinggi yang mampu untuk diraih oleh tubuh Anda dan membiasakan tubuh untuk melakukan lompatan cukup tinggi.
  3. Latihan dengan berlari, kemudian menyentuh papan bagian belakang. Hal ini sebagai simulasi dan melatih tubuh untuk lebih familiar dengan teknik ini.

Bagi pemula, melakukan lay up basket bukanlah hal yang mudah. Namun, hal ini juga tidak berarti untuk tidak mungkin dapat Anda kuasai. Perbanyak latihan maka akan meningkatkan kemampuan diri dalam bermain basket. Karena Basket sendiri termasuk kedalam salah satu Permainan Bola Besar terbaik di Dunia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *