Cara Memegang Bola Basket dengan Tepat untuk Pemula

cara memegang bola basket
cara memegang bola basket

Tidak banyak yang mengetahui rahasia cara memegang bola basket agar tidak mudah direbut musuh. Dalam menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh, melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu yang wajib untuk dilakukan. Tidak hanya olahraga secara berat dan membuat diri merasa malas, tetapi Anda dapat menggunakan berbagai cabang jenis olahraga sebagai hobi. Salah satunya yaitu bermain basket yang tentu bukan hal asing yang baru Anda dengar.

Dalam memainkan bola basket, terdapat beberapa faktor yang berkontribusi dalam keberhasilan lemparan yang dilakukan oleh seorang pemain. Hal yang utama yaitu berkaitan dengan cara memegang bola basket yang baik dan benar. Bagi Anda yang masih pada tahap pemula dan ingin belajar lebih jauh tentang teknik ini, simak dengan baik penjelasan yang ada di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Teknik Tepat untuk Cara Memegang Bola dengan Benar

Seorang pemain akan memiliki performa permainan bola basket yang baik jika cara memegang bola basket juga baik pula. Sementara itu, bagaimana jalannya sebuah pertandingan sendiri tergantung pada strategi yang dilakukan oleh tim tersebut. Namun, kemampuan yang dimiliki oleh tiap individu pada permainan bola basket secara tim ini juga memegang peranan penting. Sebuah tim basket tidak akan dapat memiliki performa dan permainan yang bagus jika para pemainnya juga kurang bagus. Oleh karenanya, mengetahui teknik dan melakukannya secara benar merupakan fokus utama bagi seorang pemain basket.

Teknik cara memegang bola basket menurut Dedy Sumiyarsono yaitu dilakukan dengan menggunakan dua tangan dengan posisi keduanya membentuk seperti corong. Kemudian, bola diletakkan di antara keduanya dan melekat hanya pada telapak tangan atas. Posisi jari tangan ketika memegang bola ini yaitu terbuka dan melebar serta dalam keadaan yang rileks. Hal ini perlu untuk dilakukan dengan benar karena teknik ini memegang kunci utama pada permainan basket.

Secara umum, cara memegang bola basket yaitu juga dilakukan dengan posisi badan yang sedikit untuk condong ke arah depan. Lulut pada kaki dalam keadaan yang rileks. Kedua kaki membentuk pada posisi kuda-kuda dengan salah satu kaki berada pada bagian depan. Jika dibaca secara teori, memang hal ini terdengar lebih rumit dan juga sulit. Namun, jika Anda sudah mempraktekkan dan sering berlatih, maka hal ini tidak lagi menjadi suatu teknik yang sulit untuk dilakukan.

Tips Memegang Bola Basket Bagi Para Pemula

Bagi seorang pemula, langkah pertama yang perlu untuk dikuasai dengan baik yaitu cara memegang bola basket. Cara ini dapat dengan mudah diterapkan bagi pemula dengan latihan yang sungguh-sungguh dan sering dipraktekkan. Cara tersebut diantaranya:

  1. Tangan membentuk seperti sebuah mangkuk yang besar dan bola ditaruh di antara kedua telapak tangan tersebut.
  2. Telapak tangan dilekatkan pada bagian samping bola dengan arah ke belakang sedikit. Jari tangan yang digunakan untuk memegang bola lebih renggang.
  3. Ibu jari diletakkan pada bagian badan belakang dari bola dan menghadap ke arah tengah bagian depan.
  4. Kedua kaki mengambil sikap seperti kuda-kuda dengan satu kaki diletakkan pada bagian depan.
  5. Tubuh sedikit dicondongkan ke depan dengan bagian lutut dalam keadaan yang rileks.

Baca Juga: Tujuan Menggiring Bola Tinggi dalam Bermain Basket adalah Menyerang, Ini Penjelasannya!

Berbagai Macam Tips Menggenggam Bola di Lapangan

Dalam melakukan cara mengamankan bola basket, terdapat beberapa macam teknik yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Kedua tangan membentuk mangkok besar sebagai sebuah sikap awal yang dilakukan dalam memegang bola basket dalam permainan. Dalam memegang bola ini, telapak tangan harus dipastikan untuk berada pada bagian agak ke belakang dari bola tersebut. Pastikan jari juga terbuka secara lebih renggang dan rileks sehingga lemparan bola dapat lebih baik.
  2. Jari tangan diletakkan tepat pada bagian alur yang ada dan menempel pada bola basket. Ibu jari diletakkan pada bagian yang lurus dan membentang pada bola. Sementara itu, keempat jari yang lain dapat diletakkan pada atas dari alur tengah yang ada pada bola. Adanya alur yang terdapat pada bola basket dapat dimanfaatkan sebagai patokan untuk melihat cara memegang bola yang benar.
  3. Gunakan ibu jari, jari telunjuk, tengah dan manis ketika memegang bola. Ujung jari berfungsi untuk menahan bola sehingga masih berada dalam genggaman tangan. Dalam cara memegang bola basket, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa jari bekerja lebih banyak dibandingkan dengan telapak tangan.
  4. Dalam melatih kekuatan jari tangan, dapat dilakukan dengan cara meremas bola sehingga tahu bagaimana cara untuk menahan bola sehingga tidak lepas dari genggaman tangan saat bermain.
  5. Lakukan latihan dalam mengoper bola untuk meningkatkan kemampuan dalam memegang, melempar, dan juga menerima bola dari pemain lain.

Dalam melakukan cara memegang bola basket, faktor utamanya terdapat pada kekuatan jari. Oleh karena itu, perlu untuk dilakukan latihan untuk membuatnya menjadi lebih kuat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini juga dapat mengasah kemampuan dalam bermain maupun melakukan Lay Up Basket.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *