Senam Yoga: Tips Dan Manfaat Tersembunyi Yoga

Senam Yoga, Gerakan Senam yang Efektif untuk Pemula dan Memiliki Banyak Manfaat
Senam Yoga, Gerakan Senam yang Efektif untuk Pemula dan Memiliki Banyak Manfaat

Senam yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang difokuskan pada kelenturan, kekuatan, dan pernafasan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Senam yoga ini adalah olahraga asal India dan sudah dipraktekkan sejak lama.

Tidak hanya itu, olahraga ini juga sudah diadaptasi ke beragam variasi. Karena manfaatnya yang luar biasa, maka banyak orang senang melakukan senam ini, bahkan sudah dijadikan olahraga rutin. Namun, bagaimana bagi pemula? berikut ulasannya;

Bacaan Lainnya

Tips Memilih Kelas Yoga Bagi Pemula

Bagi pemula sebaiknya melakukan senam yoga dari gerakan yang mudah terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, sangat dianjurkan pula untuk melakukan senam yoga dengan bantuan instruktur. Jika memungkinkan, anda bisa mengikuti kelas yoga. Sebagai pertimbangannya, anda bisa memperhatikan beberapa pertanyaan berikut;

  • Apakah instruktur berpengalaman? sudah sertifikasi? atau sudah berapa lama melatih senam yoga?
  • Apakah kelas yang anda ikuti mengakomodasi pemula?
  • Apakah instruktur senam memiliki pengalaman dalam menangani orang yang berada dalam kondisi tertentu, misal nyeri punggung, asma, atau yang lainnya?
  • Apakah instruktur atau kelas yang akan anda pilih nantinya sesuai dengan kebutuhan?

Jika memang kelas yoga yang akan anda pilih cocok dan bagus, maka anda bisa melanjutkan untuk mendaftar. Untuk lebih jelasnya, berikut tips untuk mengikuti kelas yoga bagi pemula.

1. Memilih Instruktur Yang Disukai 

Kenapa harus memilih instruktur yang disukai? karena jika anda berlatih dengan instruktur yang disukai, secara otomatis akan merasa nyaman dan latihan pun akan semakin menyenangkan. Jangan lupa pastikan bahwa pelatih tersebut memang memberikan latihan bagi pemula.

2. Memilih Jenis Yoga Yang Sesuai 

Sebagai pemula, anda juga wajib memilih jenis yoga yang mudah, misalnya hatha yoga. Jika anda sudah terbiasa melakukan gerakan yang mudah, maka anda bisa mengikuti kelas yoga lainnya. Lakukan secara bertahap.

3. Menyesuaikan Dengan Kemampuan 

Sebagai pemula, anda sebaiknya melakukan gerakan sesuai kemampuan. Anda juga bisa menggunakan alat bantu saat latihan, misalnya tali, balok, atau handuk kecil. Tujuannya agar anda tidak terlalu melakukan peregangan tubuh. Jangan sungkan untuk meminta bantuan pelatih. Setiap orang pasti ingin segera menguasai gerakan-gerakan yoga yang penuh manfaat. Namun, jika anda merasa sakit itu tandanya harus berhenti. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri.

4. Tidak Membandingkan Diri Sendiri Dan Orang Lain 

Selain beberapa tips di atas, anda juga harus paham bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, termasuk dalam berlatih yoga ini. Jika anda masih pemula, jangan bandingkan diri anda dengan yang lain atau yang lebih mahir karena hal ini akan membuat anda tertekan/ stres.

Manfaat Senam Yoga Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Setelah mengetahui beberapa tips untuk pemula, selanjutnya anda juga perlu mengetahui manfaat senam yoga ini lebih dalam. Apa saja?

1. Yoga Meredakan Dan Mengurangi Stres

Yoga sangat bagus untuk meningkatkan relaksasi dan ampuh meredakan stres. Sebuah studi menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Biasanya, saat melakukan senam yoga juga digabungkan dengan praktik meditasi sehingga manfaatnya lebih terasa.

2. Yoga Mengurangi Peradangan 

Tidak hanya bagus untuk mental saja, senam yoga juga dapat membantu mengurangi peradangan. Sebenarnya, peradangan adalah hal yang normal karena merupakan respon imun tubuh. Namun, jika peradangan ini sudah kronis maka bisa memicu penyakit berbahaya, seperti; diabetes, jantung, bahkan kanker.

3. Yoga Dapat Menyehatkan Jantung 

Latihan yoga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, bahkan dapat mengurangi faktor resiko penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa yoga yang dilakukan secara terus menerus kurang lebih selama 5 tahun, maka tekanan darah juga denyut nadi lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan senam yoga ini. Jika tensi darah normal, maka penyakit pembuluh darah tidak akan terjadi.

4. Yoga Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur 

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, dengan yoga anda juga akan merasakan tidur yang lebih berkualitas. Kualitas tidur yang buruk terkait dengan tekanan darah tinggi dan obesitas. Dengan anda beryoga, maka pelepasan hormon melatonin bisa meningkat sehingga siklus tidur lebih terkontrol.

5. Yoga Menjadikan Tubuh Lebih Kuat, Seimbang, Dan Fleksibel

Dengan yoga, tubuh bisa lebih kuat, seimbang dan fleksibel. Anda cukup melakukan latihan selama 15-30 menit setiap harinya, maka keseimbangan dan fleksibilitas tubuh anda akan lebih baik dari sebelumnya. Beberapa pose dalam yoga memang sudah dirancang untuk bisa meningkatkan kekuatan otot tertentu. Biasanya, anda yang sering latihan yoga akan memiliki otot tubuh pada bagian atas lebih kuat.

6. Yoga Memperbaiki Pernapasan 

Pernapasan atau pranayama dalam yoga bisa melatih fokus anda dalam mengendalikan napas. Sebagian besar latihan yoga memang menggabungkan latihan pernapasan sehingga anda akan merasakan kualitas pernapasan yang nyaman dan lebih baik. Kapasitas paru-paru menjadi meningkat sehingga kinerja anda pun menjadi optimal.

Itulah beberapa hal terkait senam yoga untuk pemula juga manfaatnya. Semoga bisa menambah ketertarikan anda untuk melakukan senam ini, seperti kepopuleran Senam SKJ yang sudah mendarah daging bagi masyarakat di Indonesia.

Senam Yoga, Gerakan Senam yang Efektif untuk Pemula dan Memiliki Banyak Manfaat

Senam yoga merupakan salah satu olahraga yang menjadi pilihan banyak sekali masyarakat dikarenakan tingkat untuk meminimalkan rasa stres yang sangat besar. Stres merupakan salah satu sumber banyaknya penyakit dan juga kesehatan mental. Perasaan gelisah dan selalu ada yang salah tentu saja harus dihilangkan karena kecemasan berlebihan berakibat buruk untuk diri sendiri.

Apabila Anda sedang mencari Salah satu cara untuk menghilangkan kecemasan senam yoga adalah jawaban yang tepat. Anda tidak perlu khawatir apabila Anda merupakan pemula karier dalam Yoga pemula sekalipun bisa melakukan pose-pose senam yoga. Berikut adalah gerakan senam yoga yang sangat efektif untuk pemula dan juga mudah dilakukan serta manfaat yang dirasakan setelah melakukan senam yoga secara rutin.

Pose Senam Yoga ‘Pohon’

Senam yoga pertama yang sangat relevan untuk pemula adalah pohon yang tujuannya agar Anda bisa melatih keseimbangan dan meningkatkan kelenturan tubuh. Anda juga tidak perlu kebingungan untuk melakukan hal ini dikarenakan Anda hanya cukup berdiri tegak lalu meletakkan telapak tangan Anda di bagian depan dada.

Setelah yakin dengan posisi tersebut Anda bisa menekan lutut Anda ke arah luar dan menempelkan telapak kaki tersebut pada bagian paha atas. Pose inilah yang dinamakan dengan senam yoga pose pohon. Agar bisa merasakan manfaat Yoga Anda bisa melakukan gerakan ini selama 30 detik dengan menahannya Setelah 30 detik berakhir Anda cukup mengganti kaki yang lainnya.

Pose Senam Yoga ‘Cat-Cow’

Senam yoga selanjutnya adalah pose yoga yang akan membuat Anda Merasa rileks dan beban pada pundak ada hilang yaitu proses senam yoga Cat Cow. Gerakan ini merupakan gerakan permulaan yang harus dikuasai oleh pemula tetapi tidak perlu khawatir karena gerakan ini juga sangat mudah.

Fokus pada gerakan ini atau pose ini adalah tulang belakang Anda yang satu saja harus dijaga kesehatannya. Cara melakukan gerakan yoga ini adalah meletakkan telapak tangan Anda pada ada matras dan juga melakukan hal yang sama terhadap mutu tanda. Tekuk tulang punggung dan juga regang kan tulang punggung Anda agar tulang punggung bisa merasa rileks.

Pose Senam Yoga ‘Gunung’

Posisi senam yoga dengan nama pose gunung adalah proses senam yang sangat sederhana. Apakah Anda pernah terpikir bahwa berdiri secara diam akan menyehatkan tubuh Anda? Tentu saja hal ini dilakukan dengan pikiran yang tenang dan dijauhi dari rasa cemas.

Anda cukup berdiam dengan dada yang terbuka dan tangan Anda berada di sisi tubuh lalu atur Apakah posisi ataupun postur tubuh Anda sudah merasa nyaman atau masa tepat. Anda bisa merasakan Apabila ada memosisikan bagi tubuh Anda dalam keadaan miring ataupun terlalu bungkuk.

Senam Yoga Mengurangi Stress dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat apabila Anda rutin melakukan senam yoga adalah yoga mampu mengurangi stres Anda secara perlahan. Presiden bisa datang dari mana saja membutuhkan salah satu upaya untuk bisa dihilangkan dan hal ini dapat secara perlahan Anda hilangkan dengan rutin dalam melakukan senam yoga.

Yoga memuat apresiasi-apresiasi terhadap diri sendiri seperti Anda harus mengucapkan terima kasih kepada diri Anda karena sudah melakukan hal terbaik hari ini. Motivasi dan dukungan ini Tentu saja tidak akan dirasakan dan tidak akan Anda lakukan apabila tidak melakukan yoga. Salah satu sumber stres adalah menekan diri sendiri untuk selalu memiliki performa baik tanpa Anda sadari hal ini berakibat buruk terhadap diri sendiri.

Stres yang berlebihan tentu saja akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Tidur yang kurang dan tidak nyenyak akan membuat Anda merasa lelah pada esok harinya dan tidak semangat dalam menjalani hari sehingga hal ini terus berlanjut siklus nya dan tidak akan berubah.

Untuk bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya Anda bisa melakukan yoga setelah pulang kerja atau sekolah pulang beraktivitas pada malam hari sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih terhadap diri sendiri. Karena kata-kata yang telah Anda katakan pada diri sendiri tentu saja hal ini akan masuk Isti diri untuk merasa rileks dan membuat kualitas tidur menjadi meningkat.

Risiko Senam Yoga yang Rendah

Senam Yoga memiliki risiko yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya oleh karena itu apabila Anda menghindari risiko olahraga yang besar dan membuat Anda bisa celaka, maka yoga adalah alternatif yang paling tepat. Yoga yang bisa dilakukan di dalam rumah secara mandiri membuat hal ini menjadi jauh lebih mudah.Risiko senam yang rendah dan juga manfaat yang sangat besar tentu saja perpaduan yang sangat tepat apabila Anda menginginkan kesehatan mental dan kesehatan badan dalam kegiatan yang sama sekaligus yaitu senam yoga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *