Senam Kegel: 8 Manfaat Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

Manfaat Senam Kegel bagi Pria dan Wanita
Manfaat Senam Kegel bagi Pria dan Wanita

Senam Kegel merupakan gerakan yang dilakukan guna melatih otot panggul bawah. Otot panggul bawah  kerap melemah akibat persalinan, kelebihan berat badan, penuaan serta operasi. Olahraga ini dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. Apa manfaat lainnya untuk pria dan wanita?

Inilah 8 Manfaat Senam Kegel Bagi Kebugaran Tubuh Anda

1. Senam Kegel Mengatasi Inkontinensia Urin

Inkontinensia urin merupakan kondisi di mana seseorang tidak mampu menahan urin untuk keluar. Hal ini terjadi pada pria maupun wanita. Namun pada pria biasanya kondisi ini terjadi ketika batuk, bersin atau mengangkat beban berat. Kondisi ini dapat membuat siapa saja merasa malu dan terganggu.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu Anda disarankan untuk melakukan gerakan yang ada dalam senam kegel. Lakukan kegel secara rutin agar inkontinensia urin dapat diatasi dengan baik. Latihan senam kegel dapat meningkatkan tegangan otot serta kekuatan otot panggul di mana kandung kemih mampu mengontrol urin dengan baik.

2. Mengatasi Inkontinensia Alvi

Inkontinensia alvi kondisi di mana seseorang tidak mampu menahan buang air besar. Kondisi ini juga sama halnya dengan inkontinensia urin yang memalukan apabila terjadi di tempat umum. Anda dapat mengatasi kondisi memalukan ini dengan melakukan gerakan kegel.

Latihan otot dasar panggul akan memperkuat tegangan dan kekuatan serabut otot yang bentuknya serupa dengan cincin. Serabut otot tersebut berfungsi membuka dan menutup jalur pada anus sehingga Anda dapat mengendalikan keinginan untuk buang air besar.

Gerakan senam kegel bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda bisa melihat berbagai video tutorialnya di internet. Lakukan senam ini pada pagi hari agar secara rutin. Gerakan yang dilakukan secara rutin akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Pemulihan Pasca Operasi Prostat

Operasi prostat adalah prosedur bedah guna mengangkat sebagian maupun seluruh kelenjar prostat pada pria. Selain itu pula pengangkatan jaringan lain yang ada disekitar kelenjar prostat. Pada pria yang telah menjalani operasi prostat, kegel dapat berfungsi menyembuhkan luka dengan baik. Jadi, kandung kemih bisa pulih dalam waktu singkat setelah operasi.

Lakukan senam kegel secara rutin agar membantu melancarkan peredaran darah pada area panggul. Senam ini juga dapat meningkatkan kesehatan prostat. Senam bisa dilakukan secara perlahan agar tidak terlalu rumit. Sebaiknya senam yang dilakukan oleh pria pasca operasi ini dibimbing oleh ahli di bidangnya.

4. Senam Kegel Untuk Mengatasi Disfungsi Ereksi

Senam kegel juga berfungsi sebagai gerakan yang mampu mengatasi disfungsi ereksi. Permasalah seksual tersebut kerap dialami oleh pria. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melatih sekelompok pria dengan disfungsi ereksi melakukan senam kegel. Latihan tersebut dilakukan secara rutin selama 6 bulan.

Hasil akhirnya diperoleh sebanyak 40% dari mereka memiliki fungsi ereksi yang kembali normal. Kegel membantu melancarkan aliran darah dan oksigenasi yang baik sehingga proses ereksi terjadi secara normal. Tidak hanya itu, gerakan senam ini juga dapat membantu kontraksi otot dasar panggul ketika akan mencapai klimaks sehingga menunda ejakulasi.

5. Meningkatkan Performa Pria

Gerakan senam dapat meningkatkan performa seksual pada pria. Para pria yang melakukan senam ini secara rutin cenderung mengalami multiple orgasm. Meskipun belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah, namun senam kegel terbukti membantu orgasme menjadi lebih kuat dan meningkatkan kekuatan ejakulasi.

6. Melancarkan Proses Persalinan

Manfaat dari senam kegel bagi wanita adalah melancarkan proses persalinan. Seperti yang diketahui bahwa proses persalinan akan terasa lebih sulit apabila tidak melakukan gerakan pada masa kehamilan. Apabila wanita hamil kerap melakukan gerakan seperti senam kegel maka otot panggulnya akan menjadi lebih kuat dan lentur.

Hal itulah yang dapat memperlancar proses persalinan karena jalan lahirnya terbuka dengan baik. Senam ini juga dapat mencegah turunnya rahim. Pasca melahirkan, wanita juga harus melakukan gerakan agar rahim tidak turun. Sebaiknya lakukan kegel dengan ditemani instruktur agar tidak salah melakukan gerakan.

7. Mengatasi Keluhan Pada Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, para ibu hamil kerap mengalami keluhan umum. Keluhan tersebut yakni seperti nyeri punggung bawah, sembelit atau sulit buang air besar, nyeri ketika buang air kecil maupun air besar dan ketika berhubungan seksual. Keluhan lainnya yang dialami oleh ibu hamil adalah inkontinensia alvi atau kesulitan saat buang air besar.

8. Mengencangkan Vagina

Vagina akan menjadi sedikit lebih longgar akibat persalinan maupun pertambahan usia. Kondisi tersebut memang tidak permanen, namun Anda bisa mempercepat perbaikan dengan melakukan gerakan senam kegel. Gerakan ini dapat mengencangkan vagina serta memperkuat otot panggul yang ada di sekeliling vagina.

Sekian penjelasan mengenai manfaat senam kegel untuk pria maupun wanita. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dimana otot panggul menjadi lebih kuat. Ada juga senam yang menjadi primadona kaum wanita muda yang terkenal cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mencoba Senam Zumba dengan sungguh-sungguh. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *