Inilah 6 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

Senam Aerobik merupakan gerakan senam yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senam ini termasuk dalam kategori senam irama yang diambil dari kata aero dengan arti oksigen. Rangkaian gerak senam ini dilakukan mengikuti irama musik agar lebih energik. Yuk, intip manfaat apa saja yang diperoleh dengan melakukan senam aerobik!

6 Manfaat Senam Aerobik Untuk Menjaga Kesehatan Badan

1. Senam Aerobik Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ paling penting yang ada didalam tubuh. Gangguan yang terjadi pada organ tersebut akan membuat siklus pernapasan terganggu di mana artinya kesehatan Anda sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu kesehatan jantung harus dijaga dengan baik agar tidak ada gangguan yang terjadi dan membebani kesehatan tubuh Anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kondisi jantung adalah dengan melakukan senam aerobik.

Bacaan Lainnya

Setiap gerakan yang ada dalam senam aerobik akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Gerakan itu juga dapat meningkatkan kekuatan jantung sehingga hidup menjadi lebih sehat. Latihan senam aerobik ini sebaiknya dilakukan sebanyak lima kali dalam seminggu dalam waktu singkat seperti 30 menit per hari.

2. Senam Menjaga Berat Badan

Siapa yang tidak ingin punya berat ideal? Selain dapat menunjang kecantikan, berat badan ideal juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berat badan yang tidak ideal cenderung mendatangkan penyakit seperti serangan jantung dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin berat badan ideal, sebaiknya rutin melakukan gerakan olahraga seperti senam aerobik.

Aktivitas olahraga yang satu ini berfungsi guna menjaga berat badan secara teratur agar senantiasa normal. Anda bisa melakukan senam ini di rumah seorang diri dengan ditemani dengan musik yang sesuai. Kegiatan ini dapat mengurangi massa tubuh serta lemak dari tubuh Anda sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Jika malas melakukan seorang diri di rumah, maka Anda bisa mengikuti kelas aerobik.

3. Aerobik Meningkatkan Stamina

Anda sering merasa lemas dan tak berdaya? Mungkin saja penyebabnya karena Anda kurang bergerak dan lebih senang rebahan. Jangan lanjutkan kebiasaan tidak sehat tersebut karena tubuh akan merasa berat ketika dibawa bergerak bahkan untuk jalan kaki jarak pendek. Anda harus sering melatih tubuh untuk bergerak agar otot tidak tegang.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan gerakan senam aerobik. Meskipun Anda akan merasa lelah saat pertama kali mengikuti senam tersebut. Namun apabila dilakukan secara rutin dan teratur maka tubuh Anda akan terbiasa serta stamina juga akan meningkat. Hal ini perlahan akan membuat jantung Anda lebih kuat. Ketangguhan paru-paru, tulang serta otot juga akan meningkat perlahan.

4. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Mood memang kerap berubah karena ketidakseimbangan zat kimia dalam mengatur suasana hati. Zat kimia tersebut adalah serotonin dan dopamin. Mood swing sering dialami oleh remaja yang memasuki masa pubertas atau wanita dalam masa pre-menstrual syndrome (PMS), kehamilan dan menopause. Berdasarkan jenis kelamin, wanita dianggap paling sering mengalami perubahan mood yang biasa terjadi saat PMS.

Anda bisa melakukan gerakan senam aerobik untuk membuat mood agar lebih stabil. Gerakan senam tersebut dapat membantu menjaga kesehatan pikiran. Selain meningkatkan mood, senam aerobik juga dapat mengurangi stres. Pikiran Anda pun bisa menjadi lebih rileks setelah melakukan gerakan aerobik.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh adalah proses kimia yang terjadi dalam sel tubuh guna mengubah makanan dan minum yang dikonsumsi menjadi energi. Energi tersebut tentu dibutuhkan oleh tubuh agar jaringan dan sel senantiasa dalam kondisi sehat, tumbuh dan berkembang serta berfungsi dengan baik. Apabila metabolisme tubuh mengalami gangguan maka bisa dipastikan Anda mudah lelah.

Lakukan gerakan yang energik seperti gerakan aerobik agar tubuh Anda menjadi lebih bertenaga. Saat senam aerobik, tubuh Anda akan membakar kalori yang fungsinya meningkatkan metabolisme. Lakukan senam ini secara rutin agar tubuh terbiasa.

6. Senam Aerobik Meningkatkan Daya Ingat

Gerakan aerobik cocok dilakukan oleh Anda yang sering melupakan hal-hal kecil. Kondisi ini kerap terjadi pada Anda yang kurang melakukan gerakan. Apalagi usia Anda masih sangat muda tapi daya ingat sangat rendah. Jadi, jalan keluarnya adalah sering melakukan senam aerobik. Gerakan yang ada dalam senam tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat. Apa yang diingat akan disimpan lebih lama seiring bertambahnya usia.

Tidak perlu khawatir ketika Anda sering lupa, segera lakukan gerakan seperti aerobik. Apabila Anda lebih senang melakukannya seorang diri maka bisa lakukan dengan mengikuti tutorial dari internet. Aerobik berisi gerakan yang mudah diikuti, jadi tidak perlu merasa terbebani. Lakukan dengan rileks agar setiap gerakan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Setelah melihat manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk mengikuti senam aerobik?. Perlu diingat bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Anda juga bisa mencoba jenis senam yang lain seperti Senam Kegel yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *