Senam Mengecilkan Perut: 6 Gerakan Mudah Untuk Pemula

Pilihan Gerakan Senam Mengecilkan Perut
Pilihan Gerakan Senam Mengecilkan Perut

Tahukah anda bahwa Ada Senam Mengecilkan Perut dan banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut yang bebas buncit, salah satunya dengan melakukan gerakan senam yang memfokuskan untuk mengecilkan perut. Beberapa pilihan gerakan senam tersebut adalah sebagai berikut.

6 Pilihan Gerakan Senam Mengecilkan Perut

Senam Mengecilkan Perut Reverse Crunch

Senam yang satu ini cukup berpengaruh terhadap perut transversal, sebagai otot terdalam di area perut. Sehingga hal ini merupakan cara paling efektif agar dapat membakar lemak perut di bagian bawah, terlebih lagi untuk wanita. Agar dapat melakukan reverse crunch, maka anda perlu berbaring untuk crunch.

Bacaan Lainnya

Kemudian angkat kaki anda ke udara. Jangan lupa untuk membuang napas ketika mengangkat tubuh, lalu tarik paha ke arah dada. Pastikan agar dagu anda tidak mendekat ke bagian dada.

Senam Mengecilkan Perut Crunches

Tahukah anda bahwa cara terbaik agar dapat membakar sedikit lemak di sekitar perut yaitu dengan melakukan crunches. Agar dapat melakukan crunch, maka berbaring di matras, kemudian tekuk lutut dan posisi kaki anda menapak matras. Yang jelas kaki perlu terpisah selebar pinggul.

Jika sudah, maka gerakan senam mengecilkan perut berikutnya adalah dengan mengangkat tangan kemudian letakkan di bagian belakang kepala, namun jangan mengaitkan jari-jari.

Di posisi ini, tarik napas anda dalam-dalam. Perlahan angkat tubuh dari lantai, dan buang napas sesudahnya. Anda bisa mengangkatnya sebanyak yang bisa anda lakukan tanpa mengubah bagian posisi tubuh lainnya.

Ketika kembali lagi ke posisi berbaring, maka tarik napas ketika menurunkan badan ke matras. Anda sebagai pemula bisa mencoba melakukan gerakan ini 10 kali sebanyak 1 set, dan setidaknya dalam sehari 2 hingga 3 set.

Senam Mengecilkan Perut Vertical Leg Crunch

Gerakan vertical leg crunch ini mirip seperti crunch biasa. Namun gerakannya mengharuskan anda untuk menjaga kaki agar tetap lurus, yang akan membuat otot perut bekerja lebih keras serta meningkatkan intensitas latihan. Untuk melakukan gerakan ini, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Berbaringlah dengan tangan anda di belakang kepala.
  2. Letakkan kaki lurus ke bagian atas dan lutut disilangkan.
  3. Lalu flex abs agar dapat mengangkat kepala serta bahu dari lantai.
  4. Kemudian berbaringlah kembali.
  5. Jaga supaya kaki anda terentang di udara.
  6. Hembuskan napas ketika anda melenturkan; tarik napas ketika berbaring kembali.
  7. Untuk melakukannya bisa 1 hingga 3 set dengan pengulangan sebanyak 12 hingga 16 kali.

Senam Mengecilkan Perut Twist Crunch

Rekomendasi senam mengecilkan perut berikutnya adalah gerakan twist crunch. Untuk melakukan gerakan twist crunch, anda perlu berbaring telentang ke permukaan matras, lalu tekuk kaki dengan cara kaki menapak ke tanah. Nah, posisi tangan mirip seperti gerakan sit-up, yang berada di bawah kepala.

Lalu saatnya anda mengangkat bahu kanan yang kemudian mengarahkannya ke arah bahu kiri. Anda bisa mengulangi tindakan tersebut di bagian yang berlawanan, agar dapat menjadikannya satu putaran yang lengkap.

Senam Mengecilkan Perut Side Plank

Tidak sama seperti plank biasa, gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini, anda akan ditantang agar bisa menopang bobot tubuh dengan dua titik saja, yaitu siku dan kaki. Gerakan ini dapat membuat otot inti tubuh bekerja lebih keras serta anda akan menjadi lebih stabil.

Gerakan ini pun dapat memperkuat otot punggung dan otot perut agar dapat menjaga kekuatan dari tulang belakang ketika anda mulai mengangkat pinggul. Untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan side plank.

  1. Pertama mulailah pada salah satu bagian tubuh anda.
  2. Posisikan siku berada di bawah bahu dengan lengan yang tegak lurus dari tubuh.
  3. Luruskan kaki serta susun menjadi satu.
  4. Kontraksikan otot perut anda dengan cara mengangkat pinggul yang memang masih menempel di lantai sampai badan benar-benar bisa terangkat.
  5. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 45 detik. Lalu turunkan lagi, dan anda bisa mengulanginya selama beberapa kali.
  6. Jangan lupa untuk mengulanginya dari sisi yang berlawanan.

Senam Mengecilkan Perut The Stomach Vacuum

Terakhir ada latihan stomach vakum yang lebih menekankan terhadap teknik pernapasan dibandingkan meningkatkan detak jantung. Gerakan mengecilkan perut buncit ini merupakan teknik yang bagus agar dapat menghilangkan lemak perut yang dilakukan dengan cara melatih otot perut serta memperbaiki postur tubuh.

Agar dapat melakukan vakum perut, maka anda perlu berdiri tegak, dan letakkan tangan ke bagian pinggul. Kemudian buang semua udara sebanyak yang bisa anda lakukan. Lalu kembangkan dada, ambil sebanyak mungkin udara dengan cara mengecilkan perut anda sekecil mungkin, kemudian tahan.

Senam mengecilkan perut ini bisa anda tahan hingga 20 detik maupun lebih untuk anda yang merupakan seorang pemula dan selanjutnya dilepaskan. Anda bisa mengulanginya 10 kali sebanyak satu set.

Senam ini bisa bisa anda lakukan sendiri, terkecuali Senam Pramuka yang memang khusus dilakukan secara berkelompok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *