Senam Jantung Sehat: 8 Gerakan Senam Paling Mudah

Senam Jantung Sehat Bisa Anda Lakukan Di Rumah, Kenali Gerakannya
Senam Jantung Sehat Bisa Anda Lakukan Di Rumah, Kenali Gerakannya

Senam Jantung Sehat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar dapat menjaga kesehatan jantung. Ada berbagai gerakan yang bisa dilakukan pada senam ini. Gerakannya pun cukup mudah kok. Bahkan bisa dilakukan sendiri. Penasaran apa-apa saja gerakannya? Langsung saja ulasannya di bawah ini.

Senam Jantung Sehat Bisa Anda Lakukan Di Rumah, Kenali Gerakannya!

Gerakan Senam Jantung Sehat: Jalan di Tempat

Nah, gerakan yang satu ini disebut pula dengan high knee. Hal ini dikarenakan anda perlu mengangkat kaki hingga setinggi pinggang. Jika ingin melakukan gerakan ini, maka beberapa langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
  1. Berdirilah dengan kaki anda yang rapat, lalu letakkan lengan tangan ke bagian samping tubuh.
  2. Selanjutnya satu lutut di angkat ke arah dada, yang diikuti juga dengan mengangkat tangan anda ke depan dada. Ketika yang diangkat adalah kaki kiri, tangan kanan anda yang harus diangkat, begitu sebaliknya.
  3. Kemudian turunkan kaki anda ke posisi semula, lakukan dengan cara berganti kaki.
  4. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 8 hingga 10 kali sebanyak 1 set serta ulangi gerakannya sebanyak 2 set.

Gerakan Senam Jantung Sehat: Lateral Shuffle

Berikutnya ada gerakan lateral shuffle yang bermanfaat dalam meningkatkan detak jantung serta meningkatkan koordinasi tubuh anda ke sisi kiri dan kanan. Untuk mempraktekan gerakan senam jantung sehat ini, maka beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Berdirilah namun kaki anda harus terbuka selebar pinggul. Lalu sedikit condongkan tubuh ke depan dengan cara mengangkat tangan ke arah depan dada.
  2. Lalu melangkahlah ke bagian samping kanan.
  3. Selanjutnya pindahkan ke bagian sebaliknya dengan menggunakan gerakan yang sama.
  4. Anda bisa melakukannya sebanyak 8 hingga 10 kali sebanyak 1 set serta ulangi lagi sebanyak 2 set.

Gerakan Senam Jantung Sehat: Speed Skaters

Untuk gerakan yang satu ini adalah meniru gerakan tubuh ketika anda berada di skater. Jika ingin menerapkan gerakan speed skaters, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mulailah dengan cara berdiri dan bukalah kaki selebar bahu.
  2. Lalu silangkan salah satu bagian kaki ke belakang sambil mengayunkan satu tangan anda ke depan dada. Ketika anda menyilangkan kaki kiri, maka tangan yang harus diangkat adalah tangan sebelah kanan.
  3. Lakukan gerakan speed skaters dengan berganti kaki 8 hingga 10 kali sebanyak 1 set maupun 2 set sekaligus.

Gerakan Senam Jantung Sehat: Butt Kicks

Selanjutnya adalah gerakan butt kicks yang merupakan gerakan menekuk kaki ke bagian belakang. Cara melakukan senam jantung sehat ini cukup mudah kok. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Berdirilah dengan kaki yang rapat serta letakkan lengan tangan di samping tubuh.
  2. Lalu tekuk satu lutut ke bagian belakang mendekati bokong. Kemudian iringi dengan cara mengangkat kedua tangan anda ke depan dada, dan telapak tangan terbuka maupun saling menempel antara satu sama lainnya.
  3. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan berganti kaki, yang biasanya dilakukan 8 hingga 10 kali sebanyak 1 set serta ulangi lagi sebanyak 2 set.

Gerakan Senam: Standing Oblique Crunch

Tentunya gerakan senam ini sangat cocok untuk pemula. Hal ini dikarenakan gerakannya yang sangat mudah dilakukan. Gerakan ini biasanya dilakukan setelah anda melakukan gerakan lateral shuffle. Tidak hanya meningkatkan denyut jantung saja, gerakan ini juga bermanfaat dalam meningkatkan otot inti di dalam tubuh. Nah, anda dapat menerapkan latihan ini dengan cara:

  1. Berdirilah dengan kaki anda yang terbuka selebar bahu. Kemudian letakkan tangan di belakang kepala dan siku mengarah ke arah luar.
  2. Lalu angkat kaki ke atas dan arah lutut menyamping. Saat anda melakukan gerakan ini, maka anda juga harus mendekatkan ujung dari siku ke lutut.
  3. Kemudian kembali lagi ke posisi awal serta lakukan dengan cara berganti kaki. Gerakan ini biasanya dilakukan 8 hingga 10 kali sebanyak 1 set maupun di ulangi hingga 2 set.

Gerakan Senam: Rotational Jacks

Terakhir ada gerakan rotational jacks yang bisa meningkatkan detak jantung hingga kekuatan jantung. Tentunya gerakan rotational jacks ini adalah senam jantung sehat yang mudah dilakukan untuk siapa saja.

  1. Mulailah dengan cara berdiri meregangkan kaki serta tangan ke samping.
  2. Lalu letakkan satu tangan ke bawah yang hampir menyentuh lantai. Caranya adalah membungkukkan badan ke arah depan.
  3. Selanjutnya kembali ke posisi awal dan melompat.
  4. Anda bisa melakukan gerakan tersebut secara berulang dengan cara berganti tangan.

Selain Senam Mengecilkan Perut, berbagai gerakan senam jantung sehat ini juga bisa dilakukan di rumah. Demikianlah ulasan singkat ini, Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *