Senam Pramuka: Sejarah, Tujuan, dan Kompetisi Pramuka

Senam Pramuka, Perpaduan Olahraga dengan Pramuka yang Membuat Tubuh Bugar
Senam Pramuka, Perpaduan Olahraga dengan Pramuka yang Membuat Tubuh Bugar

Apa itu Senam Pramuka?. Praja Muda Karana merupakan salah satu wadah yang memuat dan meningkatkan cara berpikir dan kreativitas siswa. Sejak berubah nya kurikulum menjadi kurikulum 2013. Praja Muda Karana menjadi salah satu ekstrakurikuler wajib yang harus diambil siswa pada jenjang sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Praja Muda Karana pada umumnya diadakan satu kali dalam seminggu sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan menghasilkan nilai pada pembagian rapor setiap semesternya.

Bacaan Lainnya

Senam Pramuka, Perpaduan Olahraga dan Praja Muda Karana yang Membuat Tubuh Bugar

Membicarakan Praja Muda Karana Tentu saja Anda tidak bisa melupakan senam pramuka yang selalu ada ketika kegiatan ini berlangsung. Tetapi tentu saja di antara Anda masih banyak yang melakukan senam ini tanpa mengetahui sejarah, tujuan dan juga senam Praja Muda Karana yang selalu dijadikan kompetisi. Berikut adalah informasi selengkapnya untuk Anda.

Sejarah Senam Pramuka

Sejarah senam Praja Muda Karana sendiri lahir ketika pada tahun 2002. Pramuka dunia memuat tujuan dari Praja Muda Karana yang terbaru yakni membentuk dan menciptakan generasi Pramuka yang sehat dengan mengadakan gerakan kebugaran khusus. Kegiatan ini dirasa adalah media yang paling tepat agar siswa mau melakukan senam tanpa harus merasa beban.

Setelah diresmikan, Senam pramuka menjadi hal wajib yang selalu ada ketika kegiatan Praja Muda Karana tengah berlangsung. Pramuka sendiri memiliki banyak sekali kegiatan yang sudah Anda ketahui seperti Perkemahan Sabtu Minggu dan perkemahan lain yang setiap paginya selalu Memiliki Rangkaian acara nya Salah satunya adalah olahraga badan pramuka. Perbedaannya senam pramuka dengan gerakan kebugaran lainnya adalah aktifitas ini tidak hanya fokus pada kebugaran ataupun kesehatan jasmani pesertanya.

Apabila Anda memperhatikan dengan seksama musik ataupun Irama yang ada pada senam Pramuka Sangat berbeda dengan gerakan olahraga yang biasanya diadakan oleh sekolah Hal ini dikarenakan pada musik senam praja muda karana diharapkan siswa akan lebih bersemangat.

Gerakan kebugaran praja muda karana memuat yel-yel yang biasanya selalu dimiliki oleh regu di dalam Praja Muda Karana sendiri Oleh karena itu hal ini membuat senam pramuka semakin istimewa dibandingkan senam lainnya. Untuk masalah hitungan senam pramuka sendiri memilih hitungan 1 hingga 8 dalam setiap gerakannya yang hal ini sama dengan senam lainnya.

Tujuan dari Senam Pramuka

Membicarakan tujuan dari senam pramuka tentu saja banyak sekali tujuan yang diharapkan ketika senam pramuka menjadi kegiatan resmi. Tujuan pertama adalah setiap peserta diharapkan bisa selalu menjaga kebugaran tubuhnya dengan olahraga kurang lebih 18 menit dengan gerakan kebugaran pramuka sekali dalam seminggu.

Seperti yang diketahui terkadang siswa terlalu merasa lelah ketika selesai belajar sehingga tidak pernah menyempatkan waktunya untuk berolahraga. Salah satu cara agar Anda sebagai siswa ingin bergerak secara Intens tetapi tetap asyik adalah dengan senam pramuka.

Seperti gerakan kebugaran lainnya, senam Praja Muda Karana memiliki kombinasi antara cara pemanasan, gerakan inti, dan juga pendinginan. Beberapa jenis dari gerakan kebugaran Praja Muda Karana juga memasukkan musik-musik tradisional Indonesia serta gerakan-gerakan tarian tradisional sehingga menambah Hal-hal yang sangat menarik pada gerakan kebugaran pramuka sendiri.

Selain menjaga kebugaran tubuh para anggota ataupun pesertanya melatih kekompakan dalam sebuah regu Praja Muda Karana adalah hal yang harus dilakukan. Tentu saja melatih kekompakan ini bisa dilakukan dengan diskusi antar regu dan yang lainnya tetapi salah satu cara yang sangat asik dan bisa dilakukan sambil berolahraga adalah dengan gerakan kebugaran Praja Muda Karana.

Senam yang harus dilihat Selaras dan sesuai gerakannya akan membuat anggota tim berusaha untuk bisa mewujudkan hal ini sehingga mereka lebih kompak dan lebih akrab. Kemampuan motorik yang juga dilatih dalam senam Praja Muda Karana merupakan salah satu tujuan yang manfaatnya akan Anda rasakan.

Kompetisi Senam Pramuka

Ketika ada kegiatan Praja Muda Karana tentu saja kompetisi atau lomba  harus selalu ada. Mulai dari kategori lomba yang tidak mengeluarkan tenaga hingga lomba yang sangat berat dilakukan untuk menunjang kegiatan serta persatuan antara guru dan peserta Praja Muda Karana itu sendiri.

Oleh karena itu aktivitas Praja Muda Karana yang satu ini dijadikan salah satu cara agar peserta bisa semangat mengikuti serangkaian acara dengan mencari kelompok ataupun tim yang gerakan senam-nya paling rapi dan selaras.

Sekolah yang diadakan Daring juga tidak menyurutkan semangat untuk melakukan kompetisi senam Praja Muda Karana. Saat ini sudah sangat banyak cara dilakukan oleh sekolah agar senam Praja Muda Karana bisa terus dilakukan oleh siswanya walaupun belajar di rumah.

Gerakan senam ini sendiri dilakukan pada ruang terbuka sehingga seluruh peserta bisa merasakan alam sambil menikmati gerakan dari senam ini sendiri. Apabila Anda sedang mencari cara agar bisa terus melakukan olahraga tetapi tidak merasa berat dan merasakan hal itu sebagai beban senam Praja Muda Karana merupakan salah satu aktifitas yang bisa dilakukan.

Saat ini juga sudah banyak senam pramuka yang rekaman yang bisa dilihat secara langsung di internet sehingga Anda bisa menirukan gerakan tersebut secara mudah seperti melakukan Senam Pagi baik di rumah ataupun di alam bebas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *