6 Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh Anda, Yuk Dicoba!

senam pilates
senam pilates

Senam Pilates merupakan salah satu kegiatan olahraga yang sangat digemari belakangan ini. Hal ini disebabkan karena kegiatan olahraga ini memberikan manfaat yang sangat banyak untuk tubuh.

Pilates sendiri merupakan salah satu olahraga low impact yang bertujuan untuk memaksimalkan keseimbangan dalam tubuh saat menjalankan kegiatan olahraga. Hasilnya olahraga ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk membentuk massa otot dan juga menurunkan berat badan.

Bacaan Lainnya

Selain manfaat ini masih ada banyak lagi manfaat yang akan Anda dapatkan saat menjalankan kegiatan olahraga pilates ini. Untuk Anda yang tertarik mengetahui manfaat dari olahraga pilates ini, berikut adalah ulasannya.

Enam Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh Anda, Bisa Tekan Nafsu Makan Loh!

Senam Pilates Meningkatkan Kekuatan Core Tubuh

Pilates sangat populer dengan kemampuannya meningkatkan otot perut dan bagian tengah tubuh yang merupakan pusat dari seluruh gerakan tubuh. Otot pusat merupakan otot yang bertugas untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang dan membuat gerakan lebih stabil.

Pilates dapat meningkatkan kekuatan otot pusat dan fungsinya. Kekuatan otot pusat merupakan salah satu hal penting dalam mengurangi rasa sakit pada bagian punggung dan juga pinggang bawah.

Meningkatkan Postur

Salah satu keuntungan lain yang akan Anda dapatkan saat melakukan kegiatan olahraga pilates ini adalah meningkatkan postur tubuh Anda. Anda yang tidak menuruti perkataan orang tua di masa lalu untuk duduk dengan tegap pasti sekarang sedang menyesal bukan?

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa memperbaiki postur tubuh Anda dengan mencoba latihan pilates. Pilates merupakan olahraga yang fokus pada perbaikan seluruh tubuh. Gerakan dalam pilates akan membantu bahu Anda yang awalnya tidak sejajar menjadi lebih sejajar dan tegak.

Bukan hanya bahu, tapi hampir seluruh tubuh Anda. Selain memperbaiki posisi tulang, pilates juga membantu mengatasi masalah sendi. Jadi bukan hanya menyeimbangkan, tapi juga menguatkan dan juga memperbaiki postur.

Senam Pilates Mengurangi Back Pain

Back pain adalah salah satu rasa sakit yang sangat umum terjadi di era modern. Hal ini disebabkan karena banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan duduk dibandingkan dengan berolahraga.

Hal ini disebabkan karena pilates menargetkan bagian otot perut dalam dan juga otot pelvic floor yang bertugas untuk memberikan kekuatan pada bagian punggung Anda. Kedua tulang ini bekerja untuk mengangkat dan mendukung organ dalam serta melindungi dan stabilitas bagian punggung Anda. Hal ini disebutkan dalam PubMed Central yang merupakan salah satu sumber informasi terpercaya dari Institut Kesehatan Internasional.

Mengurangi Kemungkinan Cedera

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pilates merupakan salah satu olahraga yang menyeimbangkan otot dan tubuh. Oleh karena itu jika Anda rajin melakukan kegiatan pilates, Anda tidak akan mendapati bagian tubuh Anda lemah maupun kaku.

Otot yang terlalu lemah atau terlalu kaku merupakan penyebab utama terjadinya cedera pada bagian tubuh Anda. Pilates sebagai salah satu olahraga yang membangun kekuatan dinamis akan membantu Anda memperkuat bagian-bagian tubuh serta menstabilkan sendi Anda ketika bergerak.

Hal ini membuat pilates membantu tubuh Anda menjadi lebih fleksibel sehingga kemungkinan cedera bisa diminimalisir. Fakta ini dimuat dalam sebuah jurnal mengenai rekomendasi cara menghindari cedera hamstring di permainan sepakbola elite.

Meningkatkan Energi

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika melakukan kegiatan olahraga pilates adalah peningkatan energi yang akan Anda dapatkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Pilates merupakan salah satu olahraga yang fokus pada pernafasan. Hal inilah yang menyebabkan pilates dapat meningkatkan kapasitas cardiorespiratory. Hal ini juga dimuat dalam salah satu jurnal yang berjudul metode pilates untuk meningkatkan kesehatan cardiorespiratory.

Kemampuan senam pilates dalam meningkatkan kapasitas cardiorespiratory ini dapat menstimulasi hormon rasa senang, peredaran oksigen, dan juga peredaran darah. Selain itu pilates juga merupakan salah satu kegiatan olahraga low impact dan sudah pasti tidak akan membuat Anda merasa kelelahan seperti sedang berenang selama 2 jam.

Meningkatkan Kesadaran dan Fokus Pada Tubuh Anda

Selanjutnya, pilates dikenal sebagai salah satu kegiatan olahraga yang berhubungan dengan pikiran dan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda akan lebih fokus pada sensasi yang muncul dalam diri Anda.

Baik itu rasa sakit, rasa nyaman, emosi dan juga hal-hal lain di sekitar Anda. Dengan kemampuan ini, tubuh Anda akan merespon stimulus dengan lebih mudah. Contohnya Anda bisa menghindari terjadinya cedera dan jatuh karena Anda memiliki keseimbangan yang lebih baik.

Selain itu dengan adanya body awareness, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti mencegah terjadinya overeating. Hal ini disebabkan karena dengan mengikut kegiatan pilates ini Anda bisa tahu kapan bahwa tubuh Anda benar-benar lapar atau tidak. Kemampuan senam pilates ini juga merupakan salah satu fakta yang ada dalam PubMed Central yang disebutkan sebelumnya.

Setelah Senam Pilates, anda juga bisa mencoba Senam Kardio yang sudah sangat umum dilakukan oleh komunitas masyarakat di Dunia ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *