Senam Pagi: 8 Manfaat Kebaikan Di Pagi Hari

senam pagi
senam pagi

Berbeda dengan Senam Pagi, Olahraga atau senam bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi jika Anda melakukan senam pagi hari, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Beberapa keuntungan dan manfaat melaksanakan olahraga pagi ini dijelaskan secara rinci dibawah ini sebagai berikut.

8 Keuntungan Senam Pagi

1. Suasana Lebih Nyaman

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan saat menjalankan kegiatan olahraga pagi adalah suasananya lebih nyaman. Ketika Anda berolahraga di jam 10 pagi hingga jam 3 sore sebaiknya Anda menghindari kegiatan olahraga di luar ruangan. Sayangnya kegiatan olahraga di luar ruangan memang banyak dipilih karena Anda bisa berinteraksi dengan alam dan menghidup udara di luar.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi jika Anda lebih menikmati olahraga di luar ruangan, lebih baik Anda melakukan kegiatan olahraga di pagi hari. Olahraga di siang hari di luar ruangan akan membuat kulit Anda terbakar dan juga menerima paparan sinar UV tinggi. Inilah yang harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah serius pada kulit Anda.

2. Tidak Banyak Gangguan

Ketika Anda berolahraga di siang hari atau di sore hari, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Terutama jika Anda berolahraga di dalam ruangan atau di rumah Anda, Anda pasti akan merasa kurang nyaman karena lalu-lalang orang-orang yang ada di sekitar Anda. Nah ketika Anda olahraga di pagi hari di saat tidak banyak orang yang bangun, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa lebih minim gangguan dan ketidaknyamanan.

3. Menjaga Pilihan Makanan Lebih Baik

Selanjutnya salah satu keuntungan melakukan olahraga di pagi hari adalah membuat Anda bisa menjaga pilihan makanan Anda selam sehari. Ketika Anda melakukan olahraga atau senam pagi hari, Anda akan berpikir Anda telah membakar banyak kalori di tubuh Anda sehingga Anda lebih termotivasi untuk menghindari makanan-makanan yang kurang baik untuk kesehatan dan berat badan Anda.

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam salah satu jurnal internasional yang berhubungan dengan obesitas pada tahun 2018. Pada jurnal internasional tersebut ditemukan bahwa mahasiswa yang menyelesaikan latihan senam atau olahraga mereka di pagi hari akan lebih cenderung memilih jenis makanan sehat selama sehari penuh.

Dalam jurnal ini ditemukan bahwa mahasiswa yang berolahraga di pagi hari cenderung menghindari makanan gorengan dan juga makanan berupa daging merah. Hal ini disebabkan karena stimulasi dan motivasi dari olahraga yang telah mereka lakukan sebelumnya.

4. Senam Pagi Membuat Kita Lebih Fokus

Hal lain yang menjadi keuntungan bagi Anda yang melakukan kegiatan senam dan olahraga di pagi hari adalah mendapatkan fokus yang lebih tinggi dalam menjalankan kehidupan. Manfaat olahraga pagi yang satu ini juga telah dibuktikan dalam jurnal olahraga dari Inggris yang dirilis pada tahun 2019.

Dalam jurnal ini, para peneliti menentukan bahwa kegiatan olahraga dan senam di pagi hari dapat meningkatkan perhatian, kemampuan pembelajaran visual dan juga kemampuan mengambil keputusan. Hal ini disebabkan karena dalam olahraga ada banyak sekali hormon yang terstimulasi dan menyebabkan kemampuan otak juga akan meningkat.

5. Senam Pagi Meningkatkan Energi

Saat melakukan olahraga secara teratur di pagi hari, Anda akan mendapatkan energi yang seimbang setiap harinya. Ketika Anda melakukan olahraga di pagi hari, hormon-hormon yang bekerja akibat kegiatan olahraga yang akan membantu mempertahankan energi Anda supaya bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat.

6. Lebih Waspada

Selain lebih fokus Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa pikiran yang lebih waspada. Kegiatan olahraga ataupun senam memang dilakukan kapan pun. Akan tetapi ketika Anda melakukan kegiatan olahraga di pagi hari, Anda akan mendapatkan manfaat lebih banyak dari segi hormon tubuh Anda.

Olahraga di pagi hari lebih cocok untuk meningkatkan fluktuasi hormon di dalam tubuh Anda termasuk hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang dapat menjaga Anda akan tetap waspada sehingga disebut sebagai hormon stres.

Keberadaannya sangat penting tapi jika terlalu banyak akan menyebabkan masalah. Biasanya hormon kortisol akan meningkat di pagi hari dan akan menurun di siang hari dan akan meningkat dengan pesat di 08.00.

7. Mood yang Lebih Baik

Satu lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan jika melakukan olahraga atau senam di pagi hari adalah mood yang lebih baik. Aktivitas fisik merupakan salah satu pengobatan natural terbaik untuk masalah mental seperti stres.

Pada saat melakukan kegiatan senam atau olahraga, otak akan memproduksi endorfin dan memberikan efek lebih bahagia. Hal ini menjadi salah satu penghalang yang paling baik untuk masalah rasa cemas yang sering terjadi di kehidupan modern seperti sekarang ini.

Senam di pagi hari merupakan salah satu cara terbaik untuk memulai hari karena dapat memberikan positive vibes hingga 1 hari penuh. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan perasaan telah mencapai sesuatu sehingga akan merasa lebih optimis dalam menjalani hari Anda.

8. Menurunkan Berat Badan Lebih Baik

Dalam penelitian kecil yang dilakukan di tahun 2015 yang dimuat dalam eBiomedicineTrusted, di lakukan penelitian terhadap 10 orang pria muda. Penelitian ini meminta 10 pria muda untuk melakukan kegiatan atau aktivitas di pagi hari, siang hari, dan juga di malam hari pada sesi yang berbeda. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa proses pembakaran lemak terjadi lebih lama dan lebih maksimal saat melakukan kegiatan senam pagi sebelum sarapan.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat senam pagi yang layak anda coba. Anda juga bisa mencoba Senam Pilates untuk menambah pengetahuan dan kebugaran tubuh anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *