Senam Kardio: 6 Manfaat Kardio Berdasarkan Penelitian

senam kardio
senam kardio

Olahraga Kardio atau Senam Kardio atau disebut juga Senam Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga paling umum dilakukan oleh masyarakat di dunia. Hal ini disebabkan karena olahraga atau senam ini memang memiliki biaya paling sedikit untuk dilakukan.

Selain lebih murah, ternyata olahraga kardio juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat melakukan kegiatan olahraga kardio ini antara lain adalah :

Bacaan Lainnya

Beribu Manfaat Kardio Bagi Kesehatan Fisik

Meningkatkan Kesehatan Sistem Peredaran Darah

Olahraga kardio merupakan salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan oleh American Heart Association dan sebagian besar dokter yang menangani pasien dengan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena latihan ini dapat meningkatkan kekuatan jantung dan membantu kinerja jantung lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain dapat membantu menyehatkan jantung, melakukan kegiatan olahraga kardio juga dapat membantu masalah tekanan darah rendah. Bagi Anda yang memiliki gaya hidup dan gaya makan yang buruk, melakukan olahraga kardio juga dapat membantu pembuluh darah arteri anda lebih bersih dan lebih sehat.

Jika Anda memang sedang fokus untuk mengatasi masalah darah rendah, Anda bisa melakukan kegiatan kardio dalam waktu 40 menit dengan level menengah ke rumit. Anda bisa melakukannya setiap tiga hingga empat kali selama seminggu.

Kardio Membantu Meregulasi Gula Darah

Aktivitas fisik merupakan salah satu aktivitas yang paling baik untuk membantu meregulasi kadar insulin dan juga menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan untuk membandingkan olahraga beban dengan olahraga kardio untuk penderita diabetes tipe 2 oleh Zuyao Yang, ditemukan bahwa baik olahraga kardio maupun non kardio membantu menurunkan kadar gula darah dengan signifikan.

Kardio Mengurangi Gejala Asma

Satu lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan olahraga kardio sebagai penderita asma yaitu dapat membantu mengurangi gejala penyakit asma Anda. Latihan kardio dapat membantu mengurangi baik frekuensi ataupun tingkat keparahan serangan asma yang terjadi pada para penderitanya.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat ini pastikan Anda bicara dulu pada dokter Anda sebelum memulai latihan kardio sebagai penderita asma. Jika Anda bertemu dengan dokter yang tepat, dokter ini akan memberikan rekomendasi mengenai kegiatan atau aktivitas kardio apa saja yang cocok untuk Anda.

Hal ini akan diputuskan sesuai dengan tingkat keparahan asma Anda. Hal ini sangat penting untuk menjaga Anda agar tetap aman saat melakukan kegiatan olahraga.

Kardio Mengurangi Penyakit Back Pain Kronis

Jika Anda memiliki masalah penyakit back pain kronis, latihan kardio terlebih kardio low impact dapat membantu mengatasi masalah penyakit back pain kronis Anda. Contohnya adalah melakukan kegiatan berenang atau di dalam air bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah back pain yang Anda miliki. Manfaat ini juga disebutkan dalam pubmed Central.

Selain dapat meningkatkan kekuatan tulang dan fungsi, senam kardio juga dapat membantu mengurangi berat badan Anda. Mengurangi berat badan ini juga dapat meringankan gejala rasa sakit kronis pada bagian punggung Anda.

Senam Kardio Memperbaiki Tidur Anda

Jika Anda mengalami masalah sulit tidur di kala malam hari, Salah satu cara yang paling tepat untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan kegiatan kardio pada jam aktivitas Anda. Salah satu jurnal yang berjudul “Aerobic Exercise Improves Self-Reported Sleep And Quality Of Life In Older Adults With Insomnia” menyatakan bahwa seseorang yang memiliki masalah tidur bisa tidur lebih nyenyak setelah melakukan kegiatan olahraga kardio.

Didalam sebuah penelitian yang melibatkan partisipan, para partisipan ini melakukan kegiatan kardio selama 16 hari kemudian mengisi kuesioner mengenai kualitas tidur mereka secara umum. Grup yang melakukan aktivitas ini dinyatakan memiliki kualitas tidur dan durasi tidur yang lebih baik dibandingkan dengan grup yang tidak melakukan kegiatan olahraga ini.

Selain itu sebagai efek sampingnya, di siang hari di jam aktivitas para partisipan yang tergabung dalam grup ini juga merasa lebih bersemangat dan lebih sehat. Akan tetapi jika Anda ingin mencoba cara ini, pastikan Anda melakukan latihan jauh sebelum Anda tidur.

Jangan melakukan latihan kardio sesaat sebelum tidur karena hal ini akan membuat Anda makin sulit untuk tidur. Setidaknya berikan waktu selama 2 jam antara akhir latihan Anda dengan waktu tidur.

Senam Kardio Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selanjutnya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Pennsylvania. Dalam pembelajaran ini dinyatakan bahwa wanita yang melakukan aktivitas fisik secara teratur akan memiliki sistem imun yang lebih kuat dibandingkan dengan para wanita yang lebih banyak diam.

Senam Kardio Meningkatkan Kekuatan Otak

Apakah Anda tahu bahwa Anda mulai kehilangan jaringan otak ketika Anda berusia 30 tahun? Ya! Berdasarkan jurnal “Aerobic Fitness Reduces Brain Tissue Loss in Aging Humans”, otak manusia mulai kehilangan jaringan diusia tersebut. Akan tetapi jangan khawatir, dalam jurnal yang sama disebutkan bahwa senam kardio dapat membantu memperlambat proses kehilangan jaringan ini dan juga meningkatkan performa kognitif.

Itulah penjelasan singkat tentang Senam kardio yang bisa anda lakukan dengan teman anda maupun sendiri. Berikutnya, Senam Body Language juga bisa menjadi alternatif lain untuk mencapai pembentukan tubuh yang ideal. Selamat mencoba!.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *