Senam Zumba: 5 Tips Ampuh Agar Hasil Maksimal

Apa Saja Sih Tips Senam Zumba yang Bisa Dilakukan
Apa Saja Sih Tips Senam Zumba yang Bisa Dilakukan

Senam Zumba merupakan salah satu olahraga yang banyak dilakukan, terutama bagi wanita. Zumba sendiri merupakan salah satu jenis olahraga senam yang mana dilakukan dengan sangat energik. Hal ini diharapkan dapat membantu para masyarakat untuk bisa lebih bergerak aktif dan melatih otot serta jantung. Tak hanya itu, untuk Anda yang memang sedang ingin menurunkan berat badan dan butuh sekali suatu olahraga yang dapat membakar lemak, maka Zumba inilah yang menjadi jawabannya.

Ini Bisa Anda Lakukan Agar Senam Zumba Menjadi Lebih Menyenangkan

Kali ini, Saya ingin membagikan sedikit tips serta trik. Agar nantinya Anda bisa melakukan Zumba dengan baik, dan dapat hasil yang maksimal untuk tubuh Anda. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Bacaan Lainnya

1. Mengenakan Pakaian yang Pas Saat Senam Zumba

Pertama, salah satu trik dan tips untuk melakukan Zumba adalah dengan mengenakan pakaian yang pas, yang mana artinya adalah cocok dengan kegiatan senam Zumba yang Anda lakukan. Mengapa demikian? Karena, seperti yang kita ketahui, bahwa Zumba merupakan salah satu senam dengan gerakan yang energik. Yang mana dalam hal ini, akan menghasilkan keringat yang tentunya lebih banyak bukan?.

Maka dari itu, jangan menambah diri Anda menjadi lebih berkeringat dengan menggunakan pakaian – pakaian yang terlalu besar dan akhirnya malah membuat Anda risih dalam bergerak. Ada baiknya untuk mengenakan pakain yang pas dan sesuai dengan Anda tanpa membuat risih Anda, namun juga tidak menyebabkan Anda kesulitan bergerak ya!

Pastikan juga menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Sebab, setelah melakukan Zumba, sudah bisa dipastikan Anda mandi keringat dan apabila Anda menggunakan pakaian yang sulit menyerap keringat, akan membuat Anda menjadi tidak nyaman dan semakin beraroma keringat yang kurang enak.

2. Menggunakan Sepatu Khusus Olahraga Saat Senam Zumba

Selanjutnya, tips yang bisa Anda coba saat Anda sedang melakukan Zumba adalah dengan menggunakan sepatu khusus olahraga. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan sepatu khusus olahraga akan membantu Anda lebih leluasa untuk bergerak.

Sepatu olahraga tentunya dirancang untuk digunakan dalam kegiatan yang energik, yang mana salah satunya adalah senam. Nah, itulah mengapa sangat cocok digunakan saat Anda sedang Zumba. Apalagi, kita tahu, bahwa gerakan Zumba sangatlah energik.

Apabila Anda menggunakan sepatu selain sepatu olahraga, dikhawatirkan Anda malah mengalami cedera saat senam. Sebab, tidak semua sepatu memiliki daya lentur yang tinggi dan membuat Anda nyaman dalam melakukan Zumba. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih ya!

3. Membuat Jadwal Mingguan Senam Zumba

Kemudian, Anda juga bisa menjadikan pembuatan jadwal mingguan sebagai salah satu tips dalam senam Zumba. Dalam melakukan senam Zumba, biasanya dilakukan beberapa kali dalam satu minggu. Namun, pengaturan jadwal ini tentunya memiliki perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya.

Apalagi, jika Anda merupakan pemula. Jangan sampai Anda membuat jadwal yang mana isinya adalah seperti para pesenam yang sudah professional, bukannya membuat Anda sehat, yang ada malah membuat badan Anda remuk karena kaget dengan gerakan Zumba yang terlalu energik.

Maka dari itu, jika Anda pemula, ada baiknya Anda mencoba jatah Zumba sedikit demi sedikit dulu. Misalnya dimulai dengan seminggu sekali secara rutin. Pastikan tubuh Anda sudah mulai beradaptasi dan tidak ada masalah, baru kemudian ANda bisa menambah poris senam Anda menjadi 2 kali seminggu, atau bahkan 3 kali seminggu. Lakukan Zumba secara bergantian dengan 1 hari jeda minimal agar tubuh Anda bisa beristirahat terlebih dahulu.

4. Jangan Makan Makanan yang Berat Sebelum Zumba

Kemudian, jangan pula Anda makan makanan berat sebelum Anda melakukan Zumba ya. memang, Zumba membutuhkan banyak energy, dimana bisa Anda dapatkan dengan makan terlebih dahulu sebelum mulai senam. Namun, pastikan makanan yang Anda makan bukanlah makanan yang berat ya!.

Sebab, seperti yang Anda tahu, mengingat bahwa gerakan Zumba sangat energik dan bahkan bisa mengocok – ngocok isi perut ANda, akan sangat mengkhawatirkan apabila sebelumnya Anda makan makanan yang berat. Karena, bisa saja membuat perut Anda sakit atau bahkan muntah.

5. Meminum Air Putih Sebelum Senam Dimulai

Terakhir, yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum air putih sebelum Anda mulai senam Zumba. Mengapa demikian? Karena gerakan yang energik dan tidak bisa berhenti sesuka Anda, kerap kali Zumba membuat seseorang terhidrasi. Nah, maka dari itu, minum air putih sebelum Zumba dapat meminimalisir adanya dehidrasi pada tubuh Anda sampai dengan waktu istirahat dari satu sesi Zumba.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai tips dan trik dalam melakukan Zumba yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mencoba Senam yang unik ini, Senam Tobelo. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda kedepannya ya! semoga berhasil dan selamat mencoba dirumah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *