Senam Body Language: Tips Dan Manfaat Untuk Tubuh

senam body language
senam body language

Senam Body Language merupakan senam untuk membantu mengencangkan otot panggul. Kegiatan ini sesungguhnya merupakan senam kegel yang memiliki arti otot panggul. Senam kegel biasanya digunakan untuk memperkuat otot panggul Anda.

Akan tetapi perlu Anda tahu, senam kegel tidak hanya bermanfaat untuk wanita, akan tetapi untuk para pria juga. Mengapa? Karena tujuan akhir dari senam kegel ini bukan hanya untuk mengencangkan otot panggul untuk kepuasan seksual, tapi juga untuk kesehatan organ bagian bawah tubuh Anda seperti kandung kemih dan organ lainnya.

Bacaan Lainnya

Senam Body Language atau Senam Kegel, Apa Manfaatnya dan Bagaimana Caranya?

Kelebihan Senam Kegel

Senam kegel merupakan senam yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini disebabkan karena dalam senam ini Anda hanya akan membutuhkan gerakan bagian oto panggul saja. Jadi Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Bahkan saat mengantre giliran di bank!

Selain itu menurut healthline, senam ini juga baik untuk pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena masalah otot panggul bisa terjadi baik pada wanita dan pria. Hanya saja umumnya wanitalah yang sering kali mengalami perlemahan pada otot panggulnya.

Bagi wanita, senam kegel dapat digunakan untuk membantu mempertahankan dan menguatkan posisi rahim, kandung kemih, organ pencernaan dan bahkan oto vagina. Sedangkan bagi pria, senam ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kegel yang mengendur karena masalah usia.

Bahaya Otot Panggul yang Kendur

Otot panggul yang kendur bisa menyebabkan organ-organ yang disebutkan di atas menjadi bermasalah. Selain itu, otot panggul yang lemah juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga kehilangan kontrol pada kemampuan buang air kecil.

Pada pria, otot panggul yang kendur juga bisa menyebabkan kontrol urine menurun. Bahkan bisa juga menyebabkan kontrol buruk terhadap anus. Biasanya hal ini terjadi pada para pria yang pernah mengalami operasi prostat.

Senam Kegel yang Tepat

Untuk  bisa mendapatkan manfaat yang besar dari  kegiatan senam otot panggul ini, Anda baik pria atau wanita harus menemukan otot panggul yang cepat terlebih dahulu. Untuk tahu area otot panggul yang tepat, berikut ini adalah ulasannya.

Lokasi Otot Panggul Pada Wanita

Ketika Anda baru pertama kali melakukan senam kegel, Anda harus lokasi otot panggul yang tepat. Bagi wanita yang sudah menikah, untuk tahu lokasi otot kegel yang tepat adalah dengan meletakkan jari Anda di dalam vagina dan mengencangkan otot vagina di area jari Anda.

Bagi Anda yang belum menikah, Anda juga bisa mengetahui lokasi otot panggul yang tepat dengan menghentikan aliran urine di tengah-tengah aliran. Nah, otot yang Anda gunakan untuk melakukan aksi ini bisa disebut dengan otot kegel.

Lokasi Otot Panggul Pada Pria

Untuk Anda para pria yang ingin mencoba senam body language, Anda mungkin akan kesulitan untuk menentukan lokasi dari otot panggul Anda. Ada beberapa cara juga yang bisa Anda lakukan guna mengetahui lokasi otot kegel bagi pria.

Salah satunya adalah dengan memasukkan jari ke dalam rektum dan mencoba untuk mengencangkan ototnya. Jika area sekitar jari mengencang, maka Anda telah menemukan otot panggul yang tepat.

Selain dengan cara di atas, bagi para pria yang ingin mencari lokasi otot panggul yang tepat adalah dengan menahan kentut. Ketika Anda merasa ingin buang angin, Anda bisa mencoba menahan kentut Anda terlebih dahulu sebelum melepaskannya. Jika Anda berhasil,  otot yang sedang Anda tekan adalah otot panggul.

Jika Anda  masih merasa kesulitan menemukan otot panggul yang tepat, Anda bisa coba hentikan  aluran urine Anda. Seperti pada wanita, cara ini merupakan salah satu cara terbaik dan paling tepat untuk mengetahui lokasi dari otot panggul. Sayangnya untuk para pria cara ini baiknya tidak digunakan terlalu sering.

Tips Melakukan Senam Body Language

Selain menemukan lokasi otot panggul yang tepat, hal lain yang tidak kalah penting saat melakukan senam kegel atau senam body language adalah mengetahui tips penting berikut ini.

  • Selalu buang air kecil sebelum melakukan senam kegel
  • Bagi pemula, lakukan di tempat yang sepi dan tenang. Tapi jika Anda sudah sering melakukan senam ini, Anda bisa melakukannya diam-diam kapan saja dan dimana saja.
  • Ketika Anda akan melakukan senam kegel ini  mulai dengan mengencangkan otot panggul Anda, lalu hitung hingga 3. Setelah itu Anda bisa melepaskan otot panggul ini selama 3 hitungan.
  • Lakukan sebanyak 10 kali.

Anda bisa melakukannya lagi di hari berikutnya untuk latihan secara teratur. Oh ya, hitungan hingga 3 bisa Anda ganti hingga hitungan 10 jika Anda kuat melakukannya. Yang jelas lakukan repetisi sebanyak 10 kali untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Jika Anda tidak merasakan perbedaan yang signifikan, jangan menyerah, menurut Mayo Klinik, senam body language ini memang membutuhkan waktu selama beberapa bulan untuk membantu melawan masalah kontrol urine yang memburuk.

Sama seperti Lapangan Lompat Jauh, Senam ini juga memiliki aturan main tersendiri. Prinsip tersebut harus anda jaga agar program ataupun tujuan anda melakukan senam ini dapat terwujud. Semoga berhasil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *