6 Manfaat Senam Lansia Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Senam Lansia Yang Perlu Anda Ketahui
Manfaat Senam Lansia Yang Perlu Anda Ketahui

Senam Lansia Tentu saja menjadi olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, begitu pula ketika melakukan senam lansia. Yang jelas tidak ada kata untuk terlambat memulai olahraga. Karena mereka yang telah berusia sepuh juga tetap dapat melakukannya.

Manfaat Senam Lansia

Pada dasarnya senam adalah jenis olahraga yang sangat membutuhkan keseimbangan, kelincahan, koordinasi tubuh, daya tahan, dan kelenturan. Tentunya olahraga ini memang dianjurkan bagi segala usia, salah satunya untuk mereka yang sudah lanjut usia. Ada banyak pilihan gerakan dari senam bagi orang tua ini yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Salah satunya adalah mengangkat lengan.

Bacaan Lainnya

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah berdiri tegak dan regangkan kaki selebar bahu. Lalu genggam botol yang berisi air atau barbel ringan di kedua tangan. Kemudian ambil secara perlahan dan tekuk kedua siku serta angkat beban ke bagian dada secara perlahan, lalu tahan hingga satu detik. Selanjutnya tarik napas kembali ketika lengan diturunkan secara perlahan.

Jangan lupa ulangi gerakan ini sekitar 10 hingga 15 kali agar dapat melatih otot bisep yang ada di bagian depan pada lengan atas. Bagaimana, sudah tahu kan salah satu gerakan senam ini? Kini saatnya anda mengetahui berbagai manfaat dari senam lansia seperti pada ulasan berikut ini.

Senam Lansia Bisa Mencegah Diabetes Melitus

Tentunya senam mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat mencegah diabetes melitus. Nah usahakan agar selalu melakukan senam secara rutin supaya tubuh tetap semangat dan terasa bugar ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Yang jelas senam lansia mempunyai berbagai jenis, dan salah satu senam tersebut adalah senam diabetes. Walaupun begitu, senam ini tidak hanya diperuntukkan kepada mereka yang menderita diabetes saja, namun juga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan agar bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Nah, tidak seperti senam untuk kebugaran jasmani yang begitu energik dengan musik, senam diabetes mempunyai kadar sedang, yang mana tidak begitu kuat atau low impact. Pastinya senam diabetes bermanfaat dalam membakar kalori dan bisa menurunkan kadar dari gula darah.

Untuk gerakannya sendiri melibatkan setiap bagian tubuh, mulai dari kepala sampai ujung kaki. Selain itu, gerakan yang bervariasi pun dapat melatih otak agar tetap mengingat serta membiasakan otak supaya tetap berpikir untuk mencegah pikun dan meningkatkan daya ingat.

Senam Lansia Dapat Merilekskan Otot

Tahukah anda bahwa berbagai gerakan yang terdapat pada senam lansia bisa merilekskan otot-otot yang kaku. Tidak hanya itu saja, manfaat senam ini pun dapat membuat fungsi kerja jantung semakin baik karena lancarnya peredaran darah.

Jika sudah begini, maka hal ini pun bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Untuk melakukan senam ini, maka jangan lupa agar bisa didampingi oleh tenaga profesional dan latihan pula secara teratur agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Senam Lansia Bisa Memperlancar Proses Degenerasi

Ketika berusia di atas 40 tahun, maka perubahan pada tubuh seseorang pun mulai terjadi. Yang mana hal ini adalah sifat dari degenerasi. Nah, degenerasi sendiri adalah suatu perubahan keadaan yang terjadi secara kimia dan fisika dalam organ, sel, atau jaringan yang bersifat bisa menurunkan efisiensinya. Tentunya degenerasi ini bisa diakibatkan oleh penuaan maupun penyakit.

Untuk proses penuaan sendiri bisa terjadi oleh paparan radikal bebas. Nah, ketika melakukan senam ini, pastinya kesehatan lansia bisa tetap terjaga. Hal ini pun dapat memberikan efek yang baik terhadap perubahan yang telah terjadi di dalam tubuh, tidak hanya dari segi emosi saja, namun juga hormon serta berbagai perubahan lain seiring dengan bertambahnya usia.

Senam Lansia Sebagai Terapi

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh adalah latihan senam juga dapat dijadikan sebagai terapi fisik yang cukup efektif untuk lansia. Menurut Science Daily, terapi ini dapat meningkatkan keseimbangan terhadap lansia, yang bisa mengurangi risiko jatuh. Selain itu, melakukan terapi senam juga dapat menstimulasi orang tua agar bergerak ke bagian yang berbeda-beda. Pastinya hal ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh mereka secara keseluruhan.

Kelas senam lansia untuk kesehatan tubuh memang sudah banyak diselenggarakan di pusat kesehatan maupun di rumah sakit. Yang paling penting untuk diperhatikan ketika berpartisipasi pada latihan senam ini adalah selalu pastikan kenyamanan para lansia. Pastikan bahwa detak jantung tetap dalam kecepatan yang normal.

Selain itu, hindarilah untuk memberikan tekanan pada bagian punggung atau sendi dengan gerakan yang cepat. Ketika lansia mempunyai masalah pada bagian persendian atau punggung, minta dokter agar dapat memberi tahu modifikasi gerakan yang lebih nyaman dan aman untuk dilakukan.

Yuk, selalu rutin untuk melakukan senam lansia mulai dari sekarang. Anda juga bisa mencoba Senam Jantung Sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Tentunya hal ini dilakukan supaya tubuh tetap bugar dan sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *