Senam Tobelo: Senam Sederhana Dengan 6 Manfaat Luar Biasa

Senam Tobelo Apa SIh Manfaatnya
Senam Tobelo Apa SIh Manfaatnya

Senam tobelo merupakan salah satu senam yang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat. Nah, sebenarnya menurut beberapa sumber, senam tobelo ini merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di kawasan Halmahera Utara, Maluku Utara. Nah, senam ini identic dengan goyangan yang mana music pengiringnya adalah lagu Hioko Tobelo II yang cukup dikenal di masyarakat.

Senam tobelo ini mungkin bisa diidentikkan seperti poco – poco yang mana sebelumnya pernah dikenal luas pula di masyarakat. Namun, sepertinya, dengan bantuan para pemuka daerah, akhirnya membuat tobelo ini cukup dikenal masyarakat luas dan digunakan sebagai kegiatan energik untuk banyak kalangan. Gerakannya pun tidak hanya terpaku pada senam aslinya, Anda bisa melakukan variasi dan berbagai macam gerakan kreatif lainnya.

Bacaan Lainnya

Nah, senam tobelo ini, sebenarnya juga bukan hanya semata – mata sebuah senam saja, namun juga memiliki manfaat untuk Anda sanga pelaku senam ini. Penasaran kira – kira apa saja? Yuk, simak informasinya berikut in ya!

6 Manfaat Senam Tobelo Untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

1. Senam Tobelo dapat Menenangkan Pikiran

Pertama, manfaat dari Anda melakukan tobelo ini adalah dengan dapat menenangkan pikiran Anda. Mengapa demikian? Karena seperti yang Anda tahu, bahwa iringan lagu yang digunakan pada tobelo ini merupakan lagu yang ceria, yang mana mampu memberikan stimulus atau menimbulkan perasaan gembira bagi Anda yang melakukannya. Tak hanya itu saja, ada fakta menarik yang menyatakan bahwa nyatanya gerakan – gerakan yang ada pada tobelo ini bisa membantu untuk mengaktifkan hormone endorphin di dalam tubuh Anda. Yang mana, hormone endorphin ini seperti yang Anda ketahui dapat membantu Anda dalam menaikkan mood menjadi lebih baik dan dapat memberikan suasana hati yang bagus dan membuat diri menjadi lebih ceria. Dengan begitu, pikiran Anda menjadi lebih tenang?

2. Senam Tobelo Mampu Membantu Membakar Lemak

Kedua, manfaat yang bisa Anda rasakan saat Anda melakukan senam tobelo adalah dengan mampu membantu Anda dalam membakar lemak. Ini tentunya menjadi salah satu faktor utama mengapa tobelo ini cukup populer di masyarakat terutama wanita yang memang mengharapkan tubuh yang sehat dan juga langsing. Dalam gerakan tobelo, ada salah satu gerakan yang mengharuskan Anda untuk memutarkan dan meliukkan pinggang kanan dan kiri dengan kondisi kaki yang tetap dan terbuka lebar. Hal inilah yang menjadi salah satu gerakan jitu dalam persoalan pembakaran lemak.

3. Mampu Memberikan Efek Baik Untuk Kesehatan Jantung

Selanjutnya, manfaat yang bisa Anda rasakan adalah dengan mampunya senam ini untuk memberikan efek yang baik untuk jantung Anda. Memang, seperti yang sudah disinggung diatas, senam tobelo dikenal karena kesederhanaan dan gerakan yang ringan, namun, meskipun begitu, tetap saja memberikan dampak yang cukup besar untuk kesehatan jantung Anda. Saat Anda sedang melakukan senam ini, bagian otot jantung Anda saat itu juga sedang bekerja aktif untuk bisa mengalirkan darah dan mensuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal inilah yang membuat jantung Anda seakan terus dilatih untuk bisa melakukan poma darah dan supply oksigen meski di keadaan berat sekalipun.

4. Tobelo Membuat Anda Lebih Siaga

Selanjutnya, dengan melakukan tobelo ini juga bisa memberikan manfaat kepada Anda perasaan yang lebih siaga. Mengapa demikian? Karena dengan olahraga ini juga akan memicu adanya hormone kortisol di dalam tubuh, yang mana hormon ini membuat Anda tetap terjaga dan siaga akan sesuatu. Dengan melakukan tobelo ini, diharapkan akan meningkatkan kembali hormon kortisol ini. Dimana biasanya, puncaknya ada di jam 8 pagi dan akan turun di sore hari.

5. Senam Tobelo Membuat Lebih Fokus

Kemudian, manfaat yang bisa Anda rasakan saat Anda melakukan senam ini adalah dengan dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda. Nah, untuk Anda yang memang memiliki masalah dengan kesulitan konsentrasi, mungkin Anda bisa mencoba jenis senam ini untuk meningkatkan daya konsentrasi Anda.

Tak hanya itu, hal ini nyatanya juga sudah diteliti, dan memang dengan melakukan senam pagi, termasuk senam tobelo ini, bisa membuat Anda lebih fokus dan juga meningkatkan kemampuan kognitif Anda sepanjang hari.

6. Senam Tobelo dapat Mengendalikan Nafsu Makan

Terakhir, dengan melakukan tobelo, Anda juga bisa mengendalikan nafsu makan Anda. Tentu hal ini merupakan manfaat yang paling ditunggu – tunggu bagi setiap wanita yang hendak menurunkan berat badan bukan? Ya, betul sekali.

Tobelo ini bisa memicu adanya penurunan hormon ghrelin yang mana fungsinya adalah untuk memberikan rasa lapar. Tak hanya sebatas menghilangkan lapar, olahraga ini nyatanya juga dapat memberikan hormone perasa kenyang, lho!

Nah, itu dia beberapa manfaat senam tobelo. Semoga Anda menjadi tertarik untuk melakukan senam ini secara rutin ya!. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Kemudian, jangan lupa juga untuk mencoba Senam Yoga yang memiliki manfaat tersembunyi ini. Selamat mencoba ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *