Sejarah Atletik: Perjalanan Lengkap Atletik Di Indonesia Dan Dunia

Sejarah Atletik
Sejarah Atletik

Apakah Anda memiliki olahraga atletik dikarenakan Anda bisa merasakan seluruh manfaatnya pada tubuh Anda? Olahraga atletik memiliki berbagai macam kategori dan jenis di dalamnya dan juga olahraga atletik memiliki sejarah yang sangat panjang hingga bisa terbentuk sampai saat ini.

Sejarah atletik dimulai dari peradaban Mesir hingga masuk ke Indonesia sehingga mengetahui informasi berkenan sejarah atletik adalah hal yang sangat menarik terutama untuk Anda yang menekuni bidang ini. Pengertian Atletik itu sendiri adalah kumpulan olahraga fisik yang berkaitan dengan lari, jalan, lempat, dan lompat. Olahraga atletik sendiri sudah diperkenalkan sejak kita semua duduk di bangku Sekolah Dasar. Berikut adalah informasi berkenaan dengan sejarah atletik yang sangat menarik untuk Anda.

Bacaan Lainnya

Hobi Olahraga Atletik? Berikut Sejarah Atletik yang Sangat Menarik

Sejarah Atletik Dimulai dari Peradaban Mesir

Sejarah atletik dimulai dari peradaban Mesir merupakan informasi yang dikutip dari Encyclopaedia Britannica. Hal ini diyakini bahwa awalnya Atletik berasal dari peradaban Mesir yaitu 3000 sebelum masehi (SM). Peneliti menemukan Hal ini berdasarkan gambar ataupun tulisan dinding tafsirkan oleh ahli sejarah dan juga arkeolog.

Gambaran tulisan dinding ini berisi bahwa masyarakat Mesir dan juga sumeria melakukan olahraga seperti gulat, tinju, adu tongkat, dan atletik lainnya. Hal ini diyakini ketika zaman kekuasaan Firaun ia meminta kepada Ali lukis Agar sebuah mural tentang kompetisi atletik yang mereka laksanakan digambar di dinding dan Hal inilah yang ditemukan oleh ahli sejarah dan juga arkeolog.

Bangsa Yunani dengan Sejarah Atletik

Tentu saja berbicara dengan olahraga tidak bisa dipungkiri bahwa bangsa Yunani memiliki peran yang sangat besar dikarenakan adanya Olimpiade yang mereka laksanakan. Bangsa Yunani melakukan Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum masehi dan dengan durasi Olimpiade ataupun perlombaan dalam empat tahun sekali. Hal inilah yang dipercaya menjadi cikal bakal Olimpiade pertama di dunia dengan syarat bahwa yang bisa mengikuti Olimpiade hanya yang dapat berbicara bahasa Yunani dan juga harus laki-laki.

Ada Olimpiade pertama dilakukan oleh bangsa Yunani dalam sejarah atletik sudah banyak cabang atletik yang dilakukan seperti olahraga atletik lari ataupun jalan cepat. Tentu saja perjalanan atletik semakin berkembang ketika Olimpiade-olimpiade tersebut semakin besar dan juga pesertanya semakin banyak setiap tahunnya.

Sejarah Atletik di Irlandia

Kompetisi atletik juga berlanjut pada tahun 1829 yang dilaksanakan di Irlandia. Elan Dia memiliki perayaan sendiri yaitu perayaan musim panen yang dilakukan di Irlandia dan Skotlandia dan hal ini memiliki festival nya yaitu Festival Lughnasadh. Pada festival Olahraga cabang atletik diperlombakan ataupun dikompetisikan.

Olahraga atletik Dilan dia merupakan olahraga dengan bentuk aktivitas track dan juga ada lapangan sehingga hal ini semakin membuat olahraga atletik di Irlandia semakin lengkap. Polandia merupakan salah satu negara dalam Britania Raya sehingga perkembangan sejarah atletik di Eropa terutama di Inggris berpengaruh sangat besar dan juga berkembang sangat cepat ke daratan lainnya.

Sejarah Atletik Modern di Inggris 

Setelah Irlandia berhasil melaksanakan olahraga atletik sebagai salah satu bagian dari festival nya atletik juga berkembang di Inggris. Perkembangan atletik di Inggris sudah termasuk dalam kategori atletik yang modern dikarenakan hal ini dimulai pada tahun 1154 masehi.

Olahraga atletik yang dilaksanakan juga sudah bersama dengan olahraga atletik saat ini. Walaupun sempat ada pelarangan oleh raja Edward III berkenaan dengan olahraga atletik, Ini tidak berlanjut pada masa raja lainnya terutama pada masa raja Henry VII. Kegiatan olahraga atletik semakin memiliki sistematika yang baik dan juga terorganisir dan pada tahun 1866 Inggris memiliki klub atletik nya dengan Amateur Athletic Club.

Sejarah Atletik di Indonesia

Sejarah atletik di Indonesia tentu saja harus diketahui dikarenakan Hal inilah yang mempengaruhi atlet di Indonesia. Hindia Belanda merupakan salah satu peran penting Mengapa atletik bisa masuk di Indonesia tentu saja perkembangan olahraga atletik di Eropa terutama di Belanda sudah sangat pesat dan sudah dijadikan Olahraga umum sehingga ketika Hindia Belanda masuk ke Indonesia Hal ini dibawa oleh mereka yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia.

Pulau Jawa sebagai salah satu pusat Hindia Belanda pemerintah telah didirikan organisasi atletik dengan nama perserikatan atletik Hindia Belanda pada tahun 1917. Hal ini tentu saja menarik perhatian masyarakat ataupun warga sekitar sehingga klub atletik ini memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan ataupun pergerakan pertama perjalanan atletik Indonesia sendiri.

Setelah Berakhirnya kekuasaan Hindia Belanda di Indonesia Jepang pun masuk dan olahraga atletik semakin berkembang ketika Jepang memerintah Indonesia. Pemerintah Jepang memberikan perhatian yang lebih pada perkembangan olahraga atletik sehingga perlombaan ataupun kompetisi atletik dengan cabang seperti lari, lompat tinggi, dan yang lainnya semakin banyak dan semakin luas persebarannya. Informasi di atas merupakan informasi berkenaan dengan perjalanan atletik dimulai dari peradaban Mesir hingga berkembangnya atletik di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *