Kumpulan 5 Materi Atletik Terlengkap Untuk Tugas

Materi Atletik
Materi Atletik

Ketika mendengar kata olahraga tentu saja kata atletik sudah langsung Tertanam pada pikiran hampir semua orang. Lalu Apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan atletik itu sendiri? Informasi kali ini berkenaan dengan materi atletik akan memuat seluruh informasi dan juga pengetahuan berkenan atletik sehingga Anda bisa memahami atletik di dalam.

Atletik merupakan cabang olahraga yang hampir diperlombakan pada setiap kompetisi hal ini mengakibatkan banyaknya atlet atletik yang tercipta dan memiliki bakat yang sangat istimewa. Apabila Anda salah satu orang yang ingin menjadi atlet atletik Tentu saja Anda harus memahami materi atletik itu sendiri sebelum praktik langsung di lapangan.

Bacaan Lainnya

Pengertian Materi Atletik 

Berdasarkan Sejarah Atletik, olahraga ini sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Athlon yang memiliki arti berlomba atau bertanding. Hampir dari setiap negara memiliki istilah masing-masing dengan arti atletik sehingga secara umum atletik merupakan jenis olahraga yang tergolong sederhana karena perlengkapan dan peralatan nya sangat sedikit dan tidak rumit sama sekali untuk Anda yang ingin menekuni bidang atletik biaya yang dibutuhkan juga cenderung lebih kecil dibandingkan olahraga lainnya.

Manfaat atletik sendiri adalah meningkatkan daya tahan, kecepatan, kelenturan, dan koordinasi tubuh. Terdapat 5 cabang atletik Sehingga Anda yang akan menangani bidang atletik bisa memilih terlebih dahulu bidang mana yang dirasa sesuai dan juga Anda inginkan.\

5 Materi Atletik Yang Harus Anda Ketahui

Materi Atletik Cabang Lari

Materi atletik pertama adalah materi Dengan cabang olahraga lari. Sebelum memahami cabang hari ini ada harus mengetahui bahwa terdapat pembagian nomor dalam atletik cabang lari yaitu lari jarak pendek, lari  jarak menengah, lari jarak jauh, lari estafet, dan lari gawang. Lari jarak jauh merupakan cabang dari materi atletik lari yang memiliki tujuan peserta harus berlari secepat mungkin dan sekuat mungkin dan jarak tempuh lari pendek yaitu 100m, 200m, dan 400m.

Perbedaan jarak terdapat pada lari jarak menengah yaitu jarak tempuh sepanjang 800m, 1500m. Dan 3000m. Lari jarak jauh menuntut peserta untuk dapat lari sejauh 5000m, 10.000m, dam 42.195km.  Lari estafet adalah cabang atletik lari yang di dalam satu tim peserta akan berlari secara bergantian atau membentuk ranting. Nomor lari terakhir adalah gawang yaitu lari yang dilakukan secara cepat sambil melewati gawang ataupun rintangan dengan ketinggian yang ditentukan.

Materi Atletik Cabang Jalan cepat

Cabang atletik selanjutnya adalah cabang jalan cepat Yang sudah sangat umum ditemukan dan sering diadakan kan di jalan-jalan besar suatu kota. Jalan cepat ini memiliki jarak kira-kira 3000m hingga 100km Dan diadakan pada jalan raya yang memiliki panjang jalan yang sangat luas atau pun sangat panjang.

Berbeda dengan berlari tentu saja jalan cepat memiliki Salah satu syarat yaitu kaki yang digerakkan harus bersentuhan dengan tanah dan badan harus mencapai posisi yang vertikal.

Materi Atletik Cabang Lempar

Materi atletik cabang lempar juga memiliki jenis olahraga di dalamnya sehingga tidak terdapat satu jenis saja yaitu jenis lempar cakram, lempar lembing, lontar martil, dan tolak peluru. Tentu saja yang membedakan materi atletik cabang lempar ini adalah objek yang dilempar seperti lempar cakram yang menggunakan benda kayu berbentuk piring ataupun bahan lain yang bundar dan pipih atau dilempar.

Lempar lembing membutuhkan alat yang menyerupai tombak dan juga teknik yang sesuai ketika melempar nya. Berbeda dengan lempar martil dimana peserta harus adu kekuatan dalam melempar atau pun melontarkan martil dengan jarak yang paling jauh. Seperti namanya tolak peluru adalah menolak ataupun melempar bola yang telah terbuat dari besi ataupun semen sehingga beratnya di atas rata-rata dan juga ditolak ataupun dilempar dengan teknik yang benar agar tidak ada cedera.

Materi Cabang Melompat

Materi atletik cabang lompat juga sudah sangat rindu didengar dikarenakan terdapat beberapa jenis di dalamnya yaitu lompat jangkit, lompat jauh, lompat galah, dan lompat tinggi. Lompat jangkit sendiri adalah lompat yang juga disebut dengan triple jump karena terdapat tiga gerakan yaitu hot, step, dan jump bagi peserta ketika melakukan lompat jangkit.

Lompat jauh adalah jenis dari materi atletik cabang melompat yang mengharuskan peserta ataupun atletnya melompat ke arah depan dan membawa titik berat badan dalam jangka waktu yang lama. Lalu ada lompat galah yaitu lompat yang dilakukan dengan sebuah alat berbentuk gala ataupun tongkat. Lompat tinggi adalah olahraga cabang melompat yang mewajibkan atletnya untuk bisa melompat ke arah atas dengan cara mengangkat kaki bagian depan ke arah atas dalam jarak yang tinggi dan waktu yang cepat.

Materi Atletik Cabang Renang 

Renang juga termasuk dalam materi atletik terdapat beberapa macam gaya yang digunakan dalam materi atau Makalah Renang. Renang memiliki tujuan untuk mengapung dan mengangkat bagian tubuh ke atas permukaan air tanpa bantuan sama sekali dan bisa menempuh jarak yang diperlombakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *