Pengertian Atletik Menurut Ahli Dan Cabang Olahraganya

Pengertian Atletik
Pengertian Atletik

Pengertian atletik adalah cabang olahraga fisik seperti olahraga berlari, jalan, lempar, dan lompat. Secara etimologis atau asal kata, kata “atletik” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani “Athlon” yang memiliki arti perlombaan atau kontes. Olahraga atletik sudah ada sejak zaman dahulu sekitar abad 776 sebelum masehi di Yunani.

Yunani menyelenggarakan kegiatan olimpiade dan terdapat perlombaan lari di sana, bahkan masyarakat Yunani kuno ternyata selalu menyelenggarakan olimpiade secara rutin. Berikut beberapa informasi mengenai pengertian atletik menurut para ahli dan cabang-cabang olahraga atletik:

Bacaan Lainnya

Pengertian Atletik Dan Cabang Olahraganya

Pengertian Atletik Menurut para Ahli 

Sukirno

Menurut Beliau, atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga dan atletik merupakan olahraga paling tua.

Muhajir

Menurut Muhajir, atletik adalah suatu jenis olahraga yang tumbuh berkembang bersamaan dengan kegiatan manusia, seperti kegiatan berjalan, aktivitas berlari, melompat, ataupun melempar.

Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, pengertian atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan harmonis dan dinamis.

Mochammad Djumidar A.Widya

Menurut beliau, atletik merupakan satu di antara unsur pendidikan jasmani dan kesehatan. Atletik mengutamakan aktivitas jasmani serta adanya pengembangan jasmani, sosial, mental yang selaras, serasi, dan juga seimbang.

Cabang Olahraga Atletik Jalan

Jalan cepat

Pengertian atletik cabang olahraga berjalan adalah jalan cepat. Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar olahraga atletik yang satu ini dan pasti sudah banyak diketahui juga oleh orang lain. Olahraga ini dilakukan dengan melangkah ke depan dengan cepat tanpa berhenti.

Anda dapat melakukan olahraga cabang atletik ini dengan melangkah cepat dengan salah satu kaki harus selalu menyentuh tanah secara bergantian, tangan harus diayun membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat. Jarak yang biasa ditempuh pada pertandingan jalan cepat antara 3000 meter sampai 100 kilometer.

Cabang Olahraga Atletik Berlari

Lari jarak pendek

Lari jarak pendek adalah olahraga yang mengharuskan Anda untuk berlari secepat mungkin di lintasan yang berjarak pendek. Jarak lintasan yang biasa ditempuh yaitu 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Hal yang diperhatikan pada lari jarak pendek adalah kecepatan dalam berlangkah dan panjang langkah.

Lari jarak menengah

Lari jarak menengah merupakan olahraga lari yang dilakukan pada lintasan yang berjarak 800 meter hingga 3000 meter. Cara berlari dan teknik bernapas sangat penting untuk diperhatikan dalam pertandingan lari jarak menengah ini.

Lari jarak jauh

Lari jarak jauh atau biasa disebut marathon adalah cabang olahraga lari yang mempunyai jarak tempuh panjang. Jarak yang dilalui adalah 3 kilometer, 5 kilometer, 10 kilometer, hingga lebih dari 10 kilometer. Ketika Anda mengikuti pertandingan ini, Anda harus menyiapkan stamina tinggi dan mengatur napas sebelum memulai pertandingan.

Lari estafet

Mungkin Anda juga sudah tidak asing mendengar cabang olahraga lari yang satu ini, karena olahraga Ini seringkali dipertandingkan dalam acara olahraga. Olahraga Atletik Lari ini dilakukan dengan membawa tongkat dan saling mengoper ke pelari selanjutnya di daerah yang sudah ditentukan.

Lari gawang

Lari gawang merupakan lari cepat dengan melewati rintangan berupa gawang dengan ketinggian tertentu.

Cabang Olahraga Atletik Lempar

Lempar cakram

Pengertian atletik cabang lempar cakram satu ini, merupakan cabang olahraga yang dilakukan dengan melempar cakram atau seperti besi pipih dengan berat sekitar 2 kilogram dan dilempar dengan sekuat tenaga dan sejauh-jauhnya. Sebelum melempar, Anda harus memutar tubuh terlebih dahulu.

Lempar Lembing

Olahraga Lempar lembing merupakan cabang olahraga atletik dengan melempar lembing atau seperti tombak sejauh-jauhnya. Pria dan wanita memiliki panjang lembing yang berbeda, untuk pria panjang lembing sekitar 2,6 meter sedangkan untuk wanita panjang lembing sekitar 2,2 meter.

Tolak peluru

Tolak peluru dilakukan dengan menolak peluru berbentuk seperti bola yang terbuat dari besi atau logam dan melempar sejauh mungkin. Sebelum melempar, Anda harus menempatkan peluru di dekat leher dan melempar hanya menggunakan satu tangan.

Lontar martil

Lempar martil merupakan cabang olahraga atletik jenis lempar dengan menggunakan martil atau bola yang berat. Olahraga ini dilakukan dengan mengayunkan, memutar, dan melempar martil sejauh-jauhnya dengan sekuat tenaga.

Cabang Olahraga Atletik Lompat

Lompat jauh

Olahraga Lompat jauh merupakan gerakan lompat dengan arah ke depan untuk mencapai jarak yang jauh dari titik awal. Anda dapat melakukannya dengan mengangkat kaki ke atas di depan badan.

Lompat jangkit

Lompat jangkit atau bisa disebut dengan lompat tiga atau lompat jangkit merupakan gerakan lompatan dengan melakukan gerakan hop, step, and jump. Olahraga lompat jangkit telah menjadi olahraga internasional.

Lompat tinggi

Pengertian atletik cabang olahraga lompat tinggi adalah lompat yang dilakukan dengan melompat setinggi mungkin melewati benda dengan ketinggian tertentu. Anda harus mengangkat kaki ke atas arah depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *