Siapa Penemu Catur, Bagaimana Sejarah, dan Aturan Main ?

Penemu Catur
Penemu Catur

Penemu catur merupakan orang yang sangat berjasa dalam menciptakan dan mengembangkan permainan catur. Catur sudah menjadi permainan yang populer sejak dahulu kala hingga kini. Permainan yang unik dan tidak membosankan membuat banyak orang menyukainya.

Mengenal Apa Itu Permainan Catur

Siapa yang tak tahu apa itu catur? Catur merupakan permainan populer yang sudah banyak dimainkan oleh banyak orang. Catur merupakan permainan papan yang biasanya dimainkan oleh 2 orang. Permainan catur kini kembali populer di Indonesia karena banyak yang memainkannya.

Bacaan Lainnya

Permainan ini menggunakan papan yang disebut sebagai papan catur yang mempunyai ciri khas terdapat kotak-kotak berwarna hitam dan putih. Kemudian, ada juga ornamen yang digunakan untuk memainkannya dengan berbagai nama dan ketentuan. Catur sudah dimainkan oleh jutaan orang dari berbagai negara.

Siapa Penemu Catur?

Catur merupakan permainan yang diciptakan untuk menambah variasi permainan strategi. Catur pertama kali diketahui berasal dari India. Nama permainan ini adalah Chaturanga yang kemudian dibuat menjadi catur. Namun, sayangnya belum jelas siapa penemu catur dari India karena permainan ini sudah ada sejak lama sekali. Menurut Murray yang merupakan penulis buku History of Chess menyatakan bahwa permainan ini berasal dari India.

Catur diketahui sudah ada di India sejak abad ke 6. Arti kata Chaturanga sendiri merupakan 4 unsur. Awalnya, catur memang mempunyai 4 jenis. Catur juga dianggap sebagai hal yang mewakili alam semesta. Catur juga sering dihubungkan dengan 4 unsur kehidupan. Seperti misalnya api, udara, air, dan tanah. Sehingga, dalam permainannya pun seperti menyimbolkan bagaimana cara-cara hidup dari manusia.

Bagaimana Sistem Main Catur?

Dalam memainkan permainan catur, harus mengandalkan beberapa aspek. Seperti misalnya harus bisa melakukan analisa, mengasah ketajaman otak, dan mempunyai strategi yang terampil. Tak hanya itu saja, perlu juga memikirkan bagaimana rencana, langkah, risiko, dan cara memainkan yang tepat.

Berikut ini adalah sistem bermain catur :

  1. Mengatur Papan Catur

Cara Bermain Catur yang paling pertama adalah anda terlebih dahulu harus mengatur papan catur. Cara mengaturnya adalah dengan membentangkannya hingga semua kotak hitam dan putih terlihat. Biasanya, papan catur bisa dilipat sehingga harus dibentangkan terlebih dahulu.

  1. Mengatur Bidak Catur

Jika papan catur sudah dibentangkan dengan baik, maka selanjutnya Anda harus mengatur sekaligus menyusun bidak catur. Baris kedua dari papan catur diisi dengan pion. Kemudian, pada bagian ujung sudut dilengkapi dengan benteng.

Lalu, bidak kuda disimpan pada bagian sampingnya. Kemudian, diikuti dengan gajah, menteri, dan raja. Bidak catur ini harus tersusun dengan baik dan benar untuk bisa memainkan catur dengan benar kedepannya.

  1. Mengetahui Siapa yang Bergerak Terlebih Dahulu

Jika sudah melakukan penyusunan pada bidak catur, maka selanjutnya menentukan siapa yang harus bergerak terlebih dahulu. Catur dimainkan oleh 2 orang sehingga dari kedua orang tersebut harus ditentukan siapa yang akan bergerak dahulu.

Pada permainan catur, yang akan bergerak terlebih dahulu adalah yang bidaknya berwarna putih. Oleh sebab itu, biasanya di awal ditentukan siapa yang akan memegang bidak putih. Penentuan dari siapa yang memegang bidak putih ini bisa dilakukan dengan cara melempar koin.

  1. Melangkahkan Bidak Catur

Jika sudah menentukan siapa yang akan bergerak terlebih dahulu, maka selanjutnya langsung saja melangkahkan bidak catur. Anda bebas melangkahkan bidak catur yang mana saja. Pastikan jangan sampai salah untuk mengambil langkah karena akan berdampak pada permainan Anda kedepannya.

  1. Bermain Sesuai Ketentuan Masing-Masing Bidak Catur

Ada ketentuan bagaimana bidak catur akan bergerak. Ada yang bisa hanya maju 1 langkah, ada yang bergerak miring, ada yang bergerak lurus, ada yang bergerak membentuk huruf L, dan ada yang bebas. Maka, pastikan gerakan yang Anda lakukan sudah sesuai dengan ketentuan bidak catur.

  1. Mengalahkan Raja Untuk Menyelesaikan Permainan

Untuk menyelesaikan permainan, harus ada salah satu raja yang kalah dari pemain. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur strategi bagaimana cara agar bidak-bidak Anda bisa mengalahkan raja milik musuh Anda. Dengan tumbangnya raja, maka permainan bisa dikatakan selesai.

Peraturan Dan Pelanggaran Dalam Permainan Catur

  1. Bidak catur keliru penempatannya sehingga bisa menyebabkan pemain catur salah mengambil langkah
  2. Letak papan catur yang tidak sesuai posisi yang seharusnya
  3. Letak papan catur dan letak bidak catur keliru, sehingga harus diulang permainannya
  4. Jika bidak catur roboh, maka harus segera dikembalikan dan disesuaikan kembali dengan posisi yang sebelumnya
  5. Jika terjadi langkah yang tidak sah maka harus diulangi permainannya
  6. Jika selama bermain diketahui terjadi pergeseran baik itu disengaja atau tidak disengaja harus dikembalikan sesuai awalnya

Tadi sudah dipelajari mulai dari penemu catur, sistem permainan catur, dan apa saja peraturan sekaligus pelanggaran yang ada pada permainan catur. Dengan mengetahuinya, maka Anda bisa menambah wawasan dan meningkatkan permainan catur menjadi lebih baik lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *