Cara Bermain Catur: Pengertian, Fungsi, dan Strategi Menang

Cara Bermain Catur
Cara Bermain Catur

Catur merupakan suatu permainan yang populer dimainkan guna mengisi waktu luang. Penemu Catur sendiri berasal dari India pada abad ke-6. Cara bermain catur tidaklah sulit namun perlu dipelajari dulu kiat bermainnya supaya tidak mudah kalah dan bahkan Bisa selalu menang. Permainan ini tak hanya bisa dimainkan secara offline tapi bisa juga dimainkan secara online.

Pengertian Apa itu Catur

Catur adalah permainan papan strategi antara dua orang yang dimainkan dengan menggunakan suatu papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 buah kotak, dan disusun dalam petak 8 × 8, yang terbagi secara sama rata dalam kelompok warna putih serta hitam dan berbagai bidak caturnya yang memiliki aturan cara gerak langkah masing-masing.

Bacaan Lainnya

Tips Cara Bermain Catur

Berikut ini tips cara bermainnya.

Ketahui Cara Jalan Bidak Catur

Tiap bidak catur memiliki cara gerak langkah yang berbeda-beda. Pelajari dulu tiap bidak catur serta cara bergeraknya. Berikut ini nama tiap bidak catur dan juga cara geraknya.

Pion (Pawn)

Terdapat 8 buah bidak catur pion ini.

Gerak pertamanya, ialah dengan bergerak ke depan satu atau dua kotak, lalu setelahnya hanya bisa maju ke depan dengan jarak satu kotak saja. Pion hanya bisa menyerang bidak lain yang satu kotak secara diagonal serta tidak boleh bergerak mundur.

Benteng (Rook)

Bidak catur ini terlihat seperti suatu menara istana. Benteng bisa bergerak dengan secara horizontal serta vertikal sejauh mungkin. Bidak catur ini dapat menyerang bidak catur yang ada di jalurnya gerakannya.

Kuda (Knight)

Bidak catur ini bentuknya mirip kepala kuda dan merupakan bidak catur yang cukup rumit. Bidang catur ini tiap bergerak ialah dengan cara bentuk huruf L, yakni yang terdiri dari dua buah kotak horizontal dan kemudian satu buah kotak vertikal, atau bisa juga bergerak satu kotak horizontal dan lalu dua kotak vertikal, ke arah manapun saja sesudahnya. Kuda ini merupakan “satu-satunya bidak catur yang dapat melompati bidak catur yang lainnya. Cara menyerangnya ialah dengan mengalahkan bidak catur yang tepat berada di kotak yang ditempati dalam geraknya.

Gajah (Bishop)

Bidak catur ini hanya dapat bergerak dengan secara vertikal. Tapi dapat bergerak hingga sejauh mungkin untuk menyerang lawan. Bentuk bidak catur ini mirip seperti topi menteri.

Ratu (Queen)

Bidak ini ialah buah yang paling berkuasa dengan bentuk mirip mahkota ratu. Gerakannya ialah bisa  secara horizontal, atau vertikal, atau diagonal dengan sejauh mungkin serta menyerang dari arah tersebut juga.

Raja (King)

Bidak catur ini penentu kemenangan. Bidak catur ini hanya dapat bergerak melangkah satu kotak ke arah mana saja dan lalu menyerang dengan cara yang sama. Bidak catur ini tidak boleh diserang dan harus selalu dilindungi oleh bidak-bidak catur yang lainnya. Jika sampai diserang lawan maka skak dan kalah.

Hal yang perlu diingat

Ingat-ingat strategi bermain berikut ini, terkait hal terkuat dari masing-masing bidak catur. Raja itu bidak catur yang sangat berharga dan harus dilindungi supaya tidak kalah. Ratu ialah bidak yang paling serba guna serta paling bermanfaat guna melindungi bidak yang lainnya. Bidak ini  sering dipergunakan untuk melakukan serangan secara berganda atau forking. Bidak catur Ratu mengombinasikan kekuatan bidak gajah dag juga bidak benteng. Bidak catur Ratu ini bidak berharga yang kedua setelah bidak catur Raja.

Kuda merupakan bidak catur yang sangat unggul untuk melakukan serangan dengan secara tiba-tiba dan fork. Penggunaan dan geraknya sering diabaikan dan membuat bingung oleh para pemain pemula. Gajah biasanya jarang dimainkan oleh banyak pemain pemula sehingga kurang mempergunakannya dengan secara maksimal. Benteng ialah bidak catur yang kuat serta memiliki jarak gerak yang panjang.

Pion bidak catur yang sering dianggap tidak penting, padahal bisa sangat bagus digunakan untuk memerangkap lawan pada saat dikorbankan guna menangkap bidak catur lawan yang lebih berharga. Apabila dimainkan dengan secara tepat, maka bidak catur ini bahkan bisa men skak mat posisi bidak Raja dari pihak lawan.

Strategi Bermain Catur

Apa itu Skak

Skak ialah posisi kalah  yakni ketika bidak catur Raja nya diserang dengan secara langsung Posisinya bidak lawan. Pads saat posisi skak ini raja Harus bergerak keluar pada giliran berikutnya.

Cara Bidak Catur Raja Keluar dari Posisi Skak

Posisi skak raja bksa keluar gerak dengan cara sebagai berikut.

  1. Dengan memindahkan bidak raja ke kotak aman.
  2. Kotak aman itu ialah kotak yang posisi memungkinkan Raja tidak dalam kondisi skak lagi. Gerakan ini selain untuk mengubah posisi raja supaya aman juga untuk sekaligus untuk menangkap bidak lawan yang melakukan skak.
  3. Bidak catur Pion juga Kuda bisa pula dimanfaatkan gerakannya untuk melindungi raja dari posisi skak.
  4. Jika Raja tidak bisa melakukan gerak lagi dan serba sulit posisinya maka  Raja akan kena skak, dan permainan pun berakhir dan dinyatakan kalah.

Pahami Konsep Catur

Pada permainan catur, maka harus saling berusaha agar bisa menangkap Raja lawan dan membuat posisi skak. Tujuan gerak dari tiap bidak catur ialah untuk menangkap bidak lawan sebanyak mungkin lalu membuat skak posisi bidak catur raja lawan  tapi juga sekaligus untuk  bisa melindungi bidak catir raja agar aman dari posisi skak.

Perlu strategi dan kepandaian agar dalam bergerak juga aman posisinya serta sekaligus menyerang bidak lawan. Sering kali terdapat gerakan bidak catur lawan yang tidak terbaca dan luput dari perhatian yang lalu bisa membuat lengah dan tahu-tahi posisi raja telah terjepit dan terjadilah skak. Perlu banyak latihan dan lebih jeli dalam membaca gerakan lawan agar bisa menang.

Begitulah tips main catur itu, sehingga bisa menang ataiu setidaknya tidak akan mudah kalah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *