7 Gerakan Latihan Kekuatan Otot Paling Kuat, Apa Saja?

7 Gerakan Latihan Kekuatan Otot, Apa Saja?
7 Gerakan Latihan Kekuatan Otot, Apa Saja?

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut artinya jika seseorang selalu menjaga kesehatan jasmaninya, maka jiwanya akan selalu senang dan akan hidup dengan tenteram. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan yaitu dengan rutin melakukan latihan kekuatan otot.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, otot merupakan jaringan kenyal dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi untuk menggerakan organ tubuh. Kekuatan otot (Muscular strength) sangat menentukan kesehatan dan kebugaran jasmani karena dengan adanya kekuatan otot kita akan lebih mudah mengerjakan suatu aktivitas tanpa kelelahan.

Bacaan Lainnya

Melatih kekuatan otot bisa dilakukan dengan cara bulking atau latihan fisik. Bulking adalah strategi mengatur berat badan agar massa dan kekuatan otot bertambah. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini, kita hanya akan mengulas cara melatih kekuatan otot lewat aktivitas fisik. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Macam Gerakan untuk Latihan Kekuatan Otot

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa latihan kekuatan otot bisa dilakukan dengan latihan fisik. Berikut beberapa gerakan yang bisa membantu melatih kekuatan otot.

1. Latihan angkat beban

Dalam Jurnal Keolahragaan (2016), latihan beban (weight training) adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan beban. Latihan ini berguna untuk meningkatkan kekuatan otot guna mencapai kondisi fisik yang baik, mencegah terjadinya cedera atau untuk tujuan kesehatan.

Dalam latihan angkat beban dikenal istilah repetisi yaitu gerakan teknik mengangkat yang dilakukan secara berulang-ulang. Latihan beban terdiri dari beberapa set repetisi. Banyaknya repetisi tiap set yang dianjurkan yakni sejumlah 4-8.

Cara latihan angkat beban yaitu berdiri tegak dengan kedua tangan di samping tubuh, masing-masing tangan memegang dumbel seberat 0.5 pon. Perlahan-lahan tekuk siku dan bawa beban ke arah dada. Turunkan beban kembali ke samping tubuh. Lakukan 2 atau 3 set dengan 4 repetisi. Gerakan ini mendorong otot untuk berkontraksi pada titik usaha maksimum.

2. Push up

Gerakan push up dapat menjadi aktivitas untuk latihan kekuatan otot lengan, bahu dan dada. Caranya yaitu mengangkat badan pada posisi tidur dengan bertumpu pada kedua tangan dan ujung kaki.

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Senjata Tradisional Sumatera Barat

3. Sit Up

Gerakan sit up melatih kekuatan otot perut dan punggung. Langkah sit up yaitu:

  • Posisi badan tidur terlentang menghadap ke atas.
  • Kedua tangan memegang leher bagian belakang (tengkuk), angkat badan sampai posisi badan duduk.
  • Lakukan secara berulang.

4. Back up

Latihan ini akan memperkuat otot-otot bagian punggung. Cara melakukannya yaitu:

  • Posisi badan tidur telungkup, kaki rapat dan kedua tangan memegang kepala bagian belakang.
  • Badan diangkat dengan posisi dada tidak menyentuh lantai namun kaki tetap menyentuh lantai.
  • Ulangi gerakan secara berulang.

5. Jalan Jongkok

Gerakan latihan otot lainnya yaitu jalan jongkok. Cara melakukannya yaitu dengan memposisikan tubuh berjongkok kemudian lari sambil terus menjongkokkan badan.

6. Naik turun tangga atau bangku

Gerakan naik turun tangga atau bangku bisa membantu latihan kekuatan otot kaki. Gerakan ini cukup mudah dilakukan dan perlengkapan yang diperlukan juga sederhana.

Baca Juga: 

7. Squat Jump

Squat jump dilakukan dengan bergerak melompat ke atas sehingga dua kaki lurus dan pada saat turun kedua lutut agak ditekuk dengan posisi pinggul hanya sedikit yang diturunkan. Ulangi sebanyak 5-10 kali sesuai kemampuan.

Baca Juga: 4 Cara Menanam dan Harga Tanaman Rotundum Aceh

Tips Olahraga Latihan Kekuatan Otot

Setelah mengetahui sejumlah gerakan yang bisa membantu latihan kekuatan otot, ada juga beberapa hal yang diperlukan untuk melatih otot. Berikut tips olahraga latihan kekuatan otot, yang perlu diperhatikan:

  1. Lakukan pemanasan sebelum latihan untuk menghindari cedera dengan berjalan cepat 5 hingga 10 menit serta melakukan gerakan peregangan otot setelah latihan.
  2. Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak mengekang. Contoh : celana pendek boxer, kaos, baju hangat, dan legging.
  3. Gunakan mat atau matras jika latihan dilakukan di atas lantai
  4. Boleh tanpa alas kaki atau menggunakan sepatu olahraga yang nyaman
  5. Barengi kegiatan latihan dengan pengaturan pola makan yang baik serta istirahat yang cukup.

Itulah beberapa gerakan olahraga yang bisa digunakan untuk latihan kekuatan otot. Jika ingin mengukur kekuatan otot, Anda dapat menggunakan alat Grip Strength Dynamometer.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *