Lari Jarak Menengah: Pengertian Dan Teknik Lari Agar Menang

Lari Jarak Menengah
Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah menjadi salah satu olahraga cabang atletik dimana kerap sekali diperlombakan baik itu pada tingkat Nasional maupun Internasional. Seperti yang sudah diketahui, lari memang menjadi salah satu jenis olahraga yang memiliki peminat cukup banyak.

Tetapi tahukah anda apabila terdapat beberapa jenis lari yang ada? Lari jarak menengah sendiri ternyata berbeda dengan jarak jauh maupun jarak dekat. Untuk memahami jenis olahraga atletik satu ini lebih dalam, maka anda wajib untuk menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Mengenal Lari Jarak Menengah Dan Cara Melakukannya

Apa Itu Lari Jarak Menengah?

Seperti penjelasan sebelumnya, lari jarak menengah merupakan salah satu bagian dari olahraga atletik dimana akan menuntut pelakunya buat berlari dengan jarak tempuh 800 meter, 1500 meter atau bahkan mencapai 3000 meter.

Oleh sebab itulah, didalam olahraga ini stamina dan pengaturan pernapasan yang baik memang sangat dibutuhkan  di dalamnya. Jika dilihat sekilas, maka lari dengan jarak menengah tersebut mempunyai kemiripan dengan jarak dekat. Tetapi perbedaannya terletak pada jaraknya serta cara untuk memulai melakukannya.

Dimana pada olahraga ini dapat dilakukan dengan cara kaki menapak pada ujung tumit serta menolak dengan ujung kaki. Berbeda dengan lari jarak pendek, dimana anda bisa melakukannya dengan menapak dengan ujung kaki dan tumit sedikit menyentuh tanah.

Pada awalnya, olahraga lari dengan jarak menengah berkembang sejak abad ke-5 sebelum masehi dan sudah terdapat perlombaannya atau kompetisi di dalamnya. Diperkirakan perlombaan tersebut berawal dari seorang prajurit Yunani dimana berlari sejauh 40 km dari Persia buat mengantarkan pesan. Namun, prajurit tersebut meninggal setelah menyelesaikan tugasnya.

Demi menghormati tanda jasa dari prajurit itulah, kerajaan Yunani akhirnya menggelar kompetisi lari jarak menengah. Seiring dengan perkembangan zaman dan tren olahraga, jenis olahraga atletik satu ini pun semakin popular dan menjadi salah satu kompetisi beken di berbagai Negara.

Bagaimana Teknik Dalam Lari Jarak Menengah

Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan jenis olahraga yang satu ini. untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Teknik start

Teknik pertama dalam lari jarak menengah adalah teknik start atau awalan dimana menggunakan start berdiri. Kemudian pada aba-aba bersedia, posisi tubuh berdiri dengan tegak dengan posisi lutut sedikit direndahkan. Kemudian arah pandangan fokus ke depan.

Selanjutnya, pada aba-aba siap, letakkan salah satu kaki di belakang garis start, sedangkan untuk satu kakinya bisa berada di belakang. Posisi kedua kaki harus sejajar dengan bahu. Disinilah, pemain bisa langsung memindahkan tumpuan berat badan ke kaki bagian depan.

Pada aba-aba ya, pemain bisa langsung berlari sambil terus mengayunkan kedua tangan dan jangan terlalu cepat dalam berlari.

Teknik Lari Saat Berada Di Tikungan

Kemudian terdapat teknik berlari ketika sedang berada di tikungan. Disinilah para atlet harus melakukan beberapa teknik yang berguna untuk menjaga kecepatan berlari dan keseimbangan tubuh mereka. Caranya adalah posisi tubuh dan kaki ketika sedang berlari dekat dengan garis lintasan sebelah kiri untuk menjaga kecepatan berlari.

Kemudian bahu diarahkan ke kiri dan posisi kepala miring ke arah kiri. Usahakan untuk mengayunkan lengan kanan terlebih dahulu untuk menjaga adanya keseimbangan dalam tubuh ketika berada di tikungan.

Teknik Ketika Mendekati Garis finish

Ketika mendekati garis finish, sebaiknya kecepatan berlari ditambah. Hal tersebut agar anda bisa segera sampai ke garis finish dengan cepat. cobalah untuk tetap berlari sambil menambah kecepatannya.

Dada dicondongkan ke depan. Sedangkan untuk kedua tangan, sebaiknya direntangkan ke belakang tubuhmu. Salah satu bahu bisa dimajukan ke depan jika sudah mendekati garis finish.

Aspek Penting Dalam Lari Jarak Menengah

Ketika seseorang sedang melakukan jenis olahraga satu ini, maka terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ternyata banyak pelari yang masih melakukan sejumlah kesalahan ketika berlari. Berikut ini beberapa aspek penting tersebut.

Speed Atau Kecepatan

Perlu diketahui apabila cabang olahraga yang satu ini memang sangat mengutamakan adanya kecepatan. Disinilah pentingnya untuk memiliki kemampuan buat mengatur kecepatan yang baik. Berbeda dengan lari jarak pendek dimana bisa mengerahkan kecepatan di awal, maka untuk lari jenis ini, pemain bisa mengerahkan kecepatan ketika berada di dekat garis finish.

Endurance Atau Ketahanan

Sama seperti dengan jenis olahraga lainnya, ketika anda melakukan jenis olahraga satu ini maka stamina dan kekuatan tubuh memang harus kuat dan terjaga dengan baik.

Style Atau Gaya

Terakhir terdapat gaya dimana juga mempengaruhi keberhasilan pemain dalam melakukan olahraga satu ini. para pelari diharuskan memiliki kemampuan buat mengatur gerak tubuh mereka antara kaki serta tangan agar dapat bergerak secara selaras.

Ada berbagai macam jenis olahraga lari yang bisa anda temukan. salah satunya adalah lari jarak menengah dimana sering diperlombakan dalam kompetisi nasional maupun internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *