Cara Bermain Bola Kasti Dan Perlengkapan Permainan

Cara Bermain Bola Kasti
Cara Bermain Bola Kasti

Bagaimana Cara Bermain Bola kasti yang benar ?. Cabang olahraga cukup banyak salah satunya adalah permainan bola kasti. Pada dasarnya baseball dan bola kasti hampir sama tetapi berbeda pada teknik bermainnya. Olahraga ini cukup populer di Indonesia bahkan dimasukkan ke dalam pertandingan kegiatan nasional.

Kasti juga dikenal dengan gebokan, yaitu olahraga yang dilakukan oleh dua regu permainan dan menggunakan bola tenis.  Pada artikel ini akan dijelaskan tentang sejarah, perlengkapan hingga cara bermain bola kasti.

Bacaan Lainnya

Cara Bermain Bola Kasti Lengkap Dengan Aturan Permainnnya 

Sejarah Permainan Bola Kasti

Permainan kasti sudah ada sejak tahun 1744 di Inggris di Pretty Little Pocket book oleh John Newbery. Pretty little pocket book juga dikenal dengan dasar-bola. Pada tahun 1828, William Clarker menulis aturan permainan kasti di buku edisi kedua dari The Boy dan dicetak pertama kali di Inggris. Kemudian, buku mulai diterbitkan di Boston. Massachusetts membuat aturan nasional oleh Altletic Assiociation Gaelic (AAA) yang ada di Irlandia pada tahun 1884 sementara Inggris rounders mengatur permainan di Inggris dan dikembangkan pada tahun 1943.

Di Indonesia sendiri, olahraga ini termasuk olahraga tradisional yang dimainkan oleh sekelompok anak remaja. Permainan ini dilakukan untuk menciptakan hubungan persahabatan yang baik dan meningkatkan kerja sama tim. Dulu, permainan ini dilakukan di sore hari hampir di seluruh wilayah Indonesia. Cara bermain bola kasti adalah menumpuk batu dengan cepat dan tidak boleh terkena lemparan bola tenis. Jika terkena pukulan bola maka kelompok tersebut dinyatakan kalah.

Sejarah permainan bola kasti memang cukup banyak variasi ceritanya sehingga terkadang masih kesulitan untuk menemukan bagaimana sejarah bola kasti sesungguhnya. Namun, permainan ini sudah lama ada dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada tahun 1951 tepatnya pada Pekan Olahraga Nasional II (PON) di Stadion ikada,  kasti menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Perlengkapan Bola Kasti 

Sama seperti permainan lainnya, anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan sebelum bermain antara lain:

  1. Bola tenis. Bola ini memiliki ukuran kecil dengan warna hijau atau kuning. Bola tenis berukuran hingga 30 cm dan permukaan lebih halus.
  2. Tongkat pemukul. Tongkat kayu berukuran sekitar 60 cm dan terbuat dari kayu.
  3. Bendera kecil. Biasanya menggunakan bendera kecil dan diletakkan setiap sudut lapangan.
  4. Fungsinya untuk memasang bendera dan ditancapkan di tanah.

Cara Bermain Bola Kasti 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permainan bola kasti dimainkan oleh dua tim dengan jumlah satu tim adalah 12 orang. Setelah, pembagian dua tim maka masing-masing tim akan mulai menentukan kapten tim dan membagi tugas dari setiap pemain dalam tim tersebut. Ada hal yang harus diperhatikan, seperti Teknik Dasar Bola kasti dan beberapa hal di bawah ini, yakni:

Lapangan Bola Kasti

Secara garis besar, lapangan bola kasti dimainkan pada ukuran arena panjang hingga 70 m dan lebarnya 30 m.

Wasit

Setiap permainan akan memiliki wasit. Tugasnya adalah sebagai pemimpin dari pertandingan tersebut. Dalam permainan bola kasti, wasit akan dibantu oleh 3 orang yang menjaga garis dan mencatat waktu permainan.

Jumlah Pemain

Setiap tim memiliki 12 orang dan salah satunya sudah dipilih sebagai ketua permainan.

Waktu

Dalam permainan kasti terdiri dari dua babak, setiap babak permainan memiliki durasi selama 20 hingga 30 menit. Ditambah dengan waktu istirahat sekitar 15 menit.

Tim Pemukul

Dari kedua tim permainan bola kasti, satu tim akan bertindak sebagai tim pemukul dan juga penjaga. Ketika tim berada di posisi pemukul, setiap pemain memiliki hak untuk memukul bola satu kali namun pemain terakhir melakukan pukulan sebanyak 3 kali pukulan. Kemudian, setelah memukulkan bola, tongkat kayu harus diletakkan ke dalam ruang pemukul.

Jika tongkat pemukul disimpan di luar atau lepas, maka pemain tidak akan mendapatkan nilai kecuali pemain meletakkan kembali lagi ke ruang pemukul.

Tim Penjaga

Tugas dari tim penjaga adalah mencari cara untuk memberhentikan permainan dari tim pemukul dengan cara melempar bola ke arah pemukul. Cara lain adalah menangkap bola kasti yang sudah dipukul oleh tim lawan. Selain itu, tugas dari tim penjaga juga adalah berlari dan menempati ruang bebas yang kosong.

Pelambung

Tugas pemain sebagai pelambung, sesuai namanya yaitu melambungkan bola sesuai dengan keinginan pemukul. Jika bola sudah dilambungkan tidak sesuai, maka pemukul boleh tidak memukul bola tersebut. Namun, apabila ini sudah dilakukan tiga kali berturut-turut, maka pemukul harus segera lari ke tiang bendera pemberhentian pertama.

Pergantian Tempat Antar Pemukul Dan Penjaga

Cara bermain bola kasti cukup mudah, jika memahami peraturan permainan bola kasti. Dalam permainan kasti, terdapat pergantian tempat antara penjaga dan pemukul. Kondisi ini dapat terjadi jika salah seorang pemain pada tim pemukul terkena lemparan dari bola. Kemudian bola dari tim pemukul ditangkap oleh tim lawan tiga kali berturut-turut dan tongkat pemukul lepas ketika melakukan pukulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *