Permainan Bola Kasti: Cara Bermain, Tugas Dan Peraturan

Permainan Bola Kasti
Permainan Bola Kasti

Permainan bola kasti adalah salah satu jenis permainan yang menggunakan bola kecil dan dimainkan dengan cara beregu. Dalam memainkannya, ada beberapa unsur yang harus diutamakan misalnya adalah unsur kekompakan, unsur ketangkasan dan unsur kegembiraan. Biasanya olahraga bola kasti sendiri dilakukan di lapangan terbuka dan dimainkan pada anak – anak sekolah dasar dengan tujuan untuk melatih kedisiplinan diri serta untuk memupuk rasa kebersamaan dan juga menjaga solidaritas antar teman.

Agar bisa bermain kasti dengan baik, maka pemain biasanya akan dituntut memiliki beberapa keterampilan, diantaranya adalah memukul, melempar dan menangkap bola serta memiliki kemampuan berlari. Di dalam permainan bola kasti harus ada 2 tim yang bermain yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Untuk bisa menang dalam permainan bola kasti ini dibutuhkan kerjasama pemain di dalam satu regu.

Bacaan Lainnya

Cara Bermain Kasti

Di dalam permainan bola kasti, maka akan dibutuhkan kemampuan menguasai teknik dasar bola kasti dan kerjasama dalam setiap tim. Serta masing – masing memiliki tanggung jawabnya masing – masing. Dan yang tak kalah penting adalah selama pertandingan harus tetap sportif dalam bermain. Dan sebelum melakukan permainan biasanya akan di tentukan dua tim yang akan bermain. Dengan jumlah tiap tim adalah 12 orang.

Tugas Dari Tim Pemukul

Ada beberapa tugas dari tim pemukul dari permainan bola kasti diantaranya adalah:

  • Setiap pemain akan diberikan hak untuk melakukan memukul satu kali, kecuali untuk pemain yang terakhir maka memiliki hak untuk melakukan pukulan hingga 3 kali.
  • Setelah memukul, alat yang digunakan harus diletakkan dalam ruang pemukul
  • Jika alat pemukul ini diletakkan di luar atau di lepas, maka pemain tersebut tidak akan mendapatkan nilai kecuali jika pemain segera meletakkan kembali dalam ruang pemukul.
  • Untuk pukulan yang dinyatakan sah jika bola yang dipukul bisa melampaui garis pukul dan tidak jatuh dalam ruang bebas dan juga tidak mengenai tangan si pemukul.

Tugas Dari Tim Penjaga

Ada beberapa tugas dari tim penjaga yang harus diketahui, diantaranya:

  • Mematikan permainan dari tim lawan dengan cara melemparkan bola ke arah pemukul atau dengan menangkap langsung bola kasti yang sudah dipukul oleh tim pemukul
  • Membakar ruang bebas, caranya adalah dengan menempati ruang bebas jika ruang tersebut sedang dalam keadaan kosong.

Tugas Pelambung

Di dalam olahraga bola kasti ada yang memiliki tugas sebagai pelambung, beberapa tugasnya adalah:

  • Tugas dari pelambung adalah melambungkan bola sesuai dengan permintaan dari si pemukul
  • Jika bola yang sudah dilambungkan oleh pelambung namun tidak sesuai dengan permintaan pemukul maka pemukul berhak untuk tidak memukulnya
  • Jika kondisi ini terjadi setidaknya 3 kali secara berturut-turut maka pemukul harus berlari bebas ke arah tiang pemberhentian yang pertama.

Pergantian Tempat

Cara Bermain Bola Kasti untuk pergantian tempat antara tim pemukul dan tim penjahat, hal ini bisa terjadi jika:

  • Salah seorang pemain dalam tim pemukul terkena lemparan bola
  • Bola yang dipukul dari tim pemukul ditangkap langsung oleh tim lawan setidaknya hal ini terjadi 3 kali berturut – turut.
  • Alat Pemukul lepas pada saat melakukan pukulan

Cara Mendapatkan Nilai Atau Poin Dalam Permainan Bola Kasti

Untuk bisa mendapatkan nilai atau point di dalam olahraga bola kasti maka akan ditentukan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

  • Pemain sukses melakukan pemukulan bola, selanjutnya berlari ke pemberhentian I,II dan III. Selain itu, ruang bebas bertahap maka akan mendapatkan nilai 1
  • Pemain berhasil berlari melewati tiang pemberhentian dan bisa kembali lagi ke ruang bebas karena pukulan yang dilakukannya sendiri, jika demikian maka tim pemukul akan mendapatkan nilai 2.
  • Tim Penjaga berhasil menangkap langsung bola yang melambung setelah dipukul oleh tim pemukul maka akan mendapatkan nilai 1.

Aturan Umum Dalam Permainan Bola Kasti

Sebenarnya sama dengan olahraga lain, bola kasti juga memiliki beberapa peraturan permainan bola kasti yang harus ditaati diantaranya adalah:

  • Lapangan bola kasti memiliki ukuran lebar 60 meter, panjang 30cm dan ruang tunggu memiliki ukuran kurang lebih 10 meter
  • Sama seperti peraturan dalam permainan sepak bola, bola basket dan lainnya wasit adalah orang yang memimpim dalam permainan kasti
  • Wasit memiliki tiga orang penjaga garis yang membantunya dan seorang pencatat waktu
  • Jumlah pemain dalam tiap tim di olahraga bola kasti adalah 12 orang dengan salah satu pemainnya memiliki tugas sebagai kapten tim. Seluruh pemain kasti wajib untuk menggunakan nomor dada yang dimulai dari satu hingga dua belas. Ada juga pemain pengganti atau cadangan dalam permainan bola kasti sebanyak 6 orang

Dalam olahraga bola kasti dilakukan dalam 2 babak dimana dalam tiap babaknya memiliki durasi 20 hingga 30 menit. Dan untuk waktu istirahatnya dilakukan selama 15 menit dalam tiap babaknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *