3 Teknik Dasar Bola Kasti Yang Perlu Dikuasai

Teknik Dasar Bola Kasti
Teknik Dasar Bola Kasti

Teknik dasar bola kasti ada baiknya jika Anda kuasai terlebih dahulu sebelum memainkannya. Permainan bola kasti ini sangat populer dan biasanya dimainkan saat menduduki bangku Sekolah Dasar. Permainan bola kasti termasuk olahraga tertua karena menurut sejarah, permainan kasti sudah ada di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda dan Jepang. Teknik dasar bola kasti dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain teknik memukul, melempar, menangkap, hingga berlari.

Teknik Memukul

Teknik hitting atau memukul ini sangat penting untuk dipelajari para pemain. Teknik memukul membutuhkan waktu latihan yang banyak karena butuh konsentrasi juga agar tepat sasaran saat memukul bola. Cara atau teknik memukul bola kasti, antara lain:

Bacaan Lainnya
  1. Pegang tongkat kayu pemukul yang akan Anda gunakan untuk memukul, pegang tongkat pemukul pada bagian bawah dengan dua tangan.
  2. Berdiri dengan posisi badan menyamping agar mudah untuk memukul tepat sasaran. Sehingga pelambung berada di samping kiri Anda.
  3. Buka kedua kaki Anda selebar bahu.
  4. Alat pemukul berada di atas bahu sebelah kanan sebelum memukul.
  5. Fokuskan pandangan Anda ke arah pelambung dan datangnya bola kasti dari pelempar.
  6. Setelah bola dilempar, ayunkan tongkat pemukul kayu dengan siku posisi diluruskan.
  7. Kemudian diikuti gerakan selanjutnya yaitu langkahkan kaki belakang ke depan.

Teknik Melempar

Melempar bola kasti harus dilakukan dengan benar agar permainan terhitung sah. Teknik melempar ini menjadi salah satu Cara Bermain Bola Kasti yang wajib anda kuasai. Pegang bola kasti dengan erat dan jari-jari tangan terbuka menghadap ke atas. Dalam melempar bola, ada 4 teknik yang sebaiknya Anda kuasai, antara lain:

Teknik Melempar Bola Melambung

Lemparan jenis melambung ini dilakukan jika posisi pemukul berada lumayan jauh dari posisi Anda. Cara melakukan teknik melempar bola jenis melambung, antara lain:

  1. Pegang bola kasti pada bagian pangkal ruas jari tangan yaitu pada jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Sedangkan ibu jari dan jari kelingking Anda gunakan untuk menahan bola agar tidak terjatuh.
  2. Condongkan badan Anda ke belakang, kemudian ayunkan lengan Anda dari arah bawah ke atas.
  3. Bersiap untuk melempar bola kasti dengan sekuat tenaga menggunakan tangan, jika Anda melempar bola dengan tangan kanan, maka kaki kiri yang harus berada di depan, dan sebaliknya.
  4. Kemudian lemparkan bola dengan arah melambung dan diikuti dengan gerakan lanjutan dengan cara langkahkan kaki belakang ke arah depan.
  5. Fokuskan arah pandangan mata Anda ke sasaran lemparan yaitu tubuh bagian bawah lawan.

Teknik Melempar Bola Mendatar

Ketika Anda ingin mengenai bola pada lawan, Anda harus mengatur arah dan kecepatan bola sehingga tepat pada sasaran. Jangan arahkan bola ke bagian atas tubuh lawan. Teknik ini digunakan saat Anda ingin melempar bola saat lawan sedang berlari atau berpindah pos. Cara melakukan teknik melempar bola mendatar, antara lain:

  1. Fokuskan pandangan mata ke depan atau ke pemukul yang sedang berlari menuju pos.
  2. Kaki dibuka selebar bahu dan posisi badan tegak namun sedikit menyamping.
  3. Pegang bola dengan satu tangan membentuk sudut 90 derajat.
  4. Bola dilempar mendatar dari samping kepala agar lemparan yang dihasilkan sejajar dengan dada.
  5. Setelah bola dilempar, kaki kanan akan melangkah ke depan.

Teknik Melempar Menyusuri Tanah

Teknik melempar bola ke bawah dengan menggelindingkan bola menyusuri tanah di sekitar Lapangan Bola Kasti dan dilemparkan ke arah teman. Arah untuk lemparan bola disesuaikan agar bola mudah diterima. Cara melakukan teknik lemparan bola menyusuri tanah:

  1. Fokuskan pandangan ke depan.
  2. Posisi badan menyamping tetapi badan tegak.
  3. Kaki dibuka selebar bahu dengan kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  4. Arahkan bola yang Anda pegang ke arah depan dan bawah dan lempar bola.

Teknik Menangkap

Selain teknik memukul dan melempar, masih ada teknik menangkap yang juga perlu Anda kuasai. Teknik dalam menangkap bola juga terbagi dalam beberapa bagian sesuai teknik lemparan yang diberikan, antara lain:

Menangkap Bola Melambung

Anda dapat melakukannya dengan cara fokuskan pandangan mata kea rah bola, tekukkan siku Anda dan siapkan kedua tangan Anda untuk menangkap, renggangkan jari-jari Anda dan tangkap bola hasil lemparan melambung.

Menangkap Bola Mendatar

Cara menangkap bola mendatar yaitu dengan cara tegapkan badan dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri, tekuk siku sedikit dan dua tangan berada di depan dada, tangkaplah bola dengan baik dan benar.

Menangkap Bola Menyusuri Tanah

Cara menangkap bola yang menyusuri tanah yaitu dengan fokuskan pandangan ke arah datangnya bola, lutut kaki kanan menyentuh tanah sedangkan kaki kiri ditekuk, kedua tangan bersiap di depan lutut kaki kanan, tangkaplah bola dengan hati-hati.

Berikut beberapa teknik dasar bola kasti yang perlu Anda kuasai. Anda juga bisa membaca Peraturan Permainan Bola Kasti agar menambah wawasan bermain saat pertandingan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *