Lapangan Bola Kasti: Ukuran Dan Perlengkapan Lengkap Permainan

Lapangan Bola Kasti
Lapangan Bola Kasti

Lapangan Bola Kasti berbeda dengan olahraga lainnya. Permainan olahraga kasti adalah salah satu permainan bola kecil yang dimainkan di lapangan bola kasti dengan ukuran lapangannya 60 meter x 30 meter dan ini adalah salah satu permainan bola kecil yang menggunakan tim. Dalam permainan bola kasti ini sangat diutamakan kekompakan, ketangkasan dan sportifitas.

Dalam permainan olahraga kasti, kedua tim yang bermain masing – masing menempati separuh lapangan dan berdiri saling berhadap – hadapan. Untuk jumlah pemain dari setiap tim adalah memiliki anggota 12 orang pemain. Permainan ini dipimpin oleh satu orang wasit dan kemudian akan dibantu oleh dua orang penjaga garis base. Untuk lama waktu permainan bola kasti dimainkan dalam dua babak dengan masing – masing babaknya kisaran 20 – 30 menit dengan waktu istirahatnya 15 menit dari setiap babaknya.

Bacaan Lainnya

Ukuran Lapangan Bola Kasti Dan Perlengkapan 

Lapangan bola kasti memang berbeda dengan arena bola kecil lainnya. Walaupun ini merupakan cabang olahraga bola kecil, lapangan bola kasti memiliki ukuran yang cukup luas dibanding permainan olahraga bola lainnya. Ketika akan membuat lapangan bola kasih ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus di pahami. Selain ukuran lapangan, sangat penting juga untuk anda memahami sarana dan prasarana di lapangan bola kasti diantaranya adalah:

Ukuran Lapangan bola kasti 

Berdasarkan Peraturan Permainan Bola Kasti, ada beberapa ketentuan dalam lapangan permainan kasti diantaranya adalah:

  • Lapangan olahraga kasti memiliki ukuran panjang kisaran 60 meter dengan lebar kisaran 30 meter
  • Untuk ukuran ruang penjaga belakang, ruang pemukul, dan ruang pelambung kisaran 5 meter x 5 meter.
  • Untuk ukuran ruang bebas memiliki ukuran kisaran 15 x 5 meter
  • Ukuran untuk tiang pertolongan dan tiang hinggapnya memiliki ukuran tinggi kisaran 1,5 meter dan untuk bagian ini diletakkan pada pusat lingkaran dengan ukuran jari – jarinya kisaran 1 meter.
  • Daerah bebas lapangan olahraga kasti adalah area kosong di luar garis atau batas dengan ukuran lebarnya kisaran 5 meter, sedangkan untuk di luar garis batas yang ada di sebelah kiri memiliki ukuran 10 meter
  • Pada arena bola kasti semua garis batas ditandai dengan kapur atau tali atau bisa juga boleh. Dan juga dapat ditandai dengan cara digali tanahnya dengan kedalaman kurang lebih adalah 3 cm
  • Pada lapangan bola kasti ada juga tiang bendera yang memiliki tinggi bendara dengan ukuran yang sama kisaran 1,5 meter dari tanah.
  • Lapangan olahraga kasti memiliki empat sudut dan pertengahan garis sampingnya masing – masing dipasangkan bendera
  • Meskipun ukuran lapangan kasti secara umum memang membutuhkan lahan yang luas, namun dalam pelaksanaannya hanya untuk latihan maka ukuran dari lapangan permainan kasti bisa diubah sesuai dengan situasi keadaan dan ukuran lahannya. Jadi ukurannya bisa menyesuaikan dengan ukuran lahan yang ada.

Perlengkapan Dalam Permainan Bola Kasti

Selain membutuhkan lapangan olahraga kasti, dalam permainan ini juga membutuhkan Teknik Dasar Bola Kasti dan alat yang digunakan untuk menjalankan permainan. Berikut adalah beberapa perlengkapan di dalam permainan bola kasti diantaranya adalah:

Alat Pemukul Kasti

Peralatan pemukul permainan kasti terbuat dari bahan yang berasal dari kayu. Alat pukul bola kasti ini memiliki ukuran panjang kisaran antara 50cm – 60cm. Bentuk dari alat pemukul ini memiliki penampung yang memiliki bentuk oval atau bulat telur dengan ukuran lebarnya kurang lebih 5cm dan tebalnya kurang lebih 3,5 cm. Untuk pegangan dari alat pemukul bola kasti ini memiliki ukuran panjang kisaran 15 cm – 20 cm. Selain terbuat dari kayu. Alat pemukul kasti juga ada yang terbuat dari bahan papah dengan ukuran diameternya kisaran 5 cm – 10 cm dengan ukuran panjangnya kisaran 50 cm – 60 cm.

Bola Kasti

Bola kasti terbuat dari bahan utamanya karet namun ada juga yang terbuat dari kulit yang lunak. Selain itu, bagian dalamnya diisi dengan ijuk atau ada juga yang menggunakan sabut kelapa. Untuk ukuran diameter bola dari permainan kasti ini adalah kisaran 21cm dengan berat antara 70gram hingga 80gram.

Bendera Kecil Atau Keset

Jika menggunakan bendera, maka harus menyediakan empat bendera yang nantinya akan dipasangkan pada setiap sudut lapangan dengan ditambahkan dengan tanda tengah lapangan.

Tiang Hinggap 

Tiang hinggap juga menjadi salah satu perlengkapan di lapangan bola kasti, dimana ini terdiri dari tiang yang sudah dipasangkan dengan bendara lalu menanamkannya sehingga ketika pertandingan berlangsung tak akan mudah tergeser atau tercabut secara tidak sengaja khususnya adalah ketika pelari saat memegangnya dipastikan tidak tercabut.

Itulah beberapa ulasan mengenai lapangan bola kasti dan beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk permainan bola kasti. Standart lapangan ini memang dibutuhkan dibuat dengan sesuai standartnya agar para pemain kasti juga nyaman dan aman digunakan dan permainan juga berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Anda juga bisa membaca kembali Cara Bermain Bola Kasti beserta Peraturan yang wajib diketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *